Cara Absen Online Di DHGTK Terbaru

Posted on

Cara Absen Online Di DHGTK Terbaru – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Cara Absen Online Di Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) Terbaru .



Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan langkah – lagkah dan penjelasan cara Absen Online Di Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) Terbaru yang dapat teman – teman lihat dengan mudah.

Baca juga: Cara Mengisi Absen Guru Online Dapodik

Pada era digital seperti sekarang ini hampir semua hal mengikuti dengan menggunakan sistem digital pula. Pekerjaan yang melibatkan pedataan atau administrasi sekarang sudah mulai menggunakan sistem digital atau online.

Dengan mengikuti perkembangan zaman dan digitalisasi, diharapkan akan membuat pekerjaan yang awalnya lama karena dikerjakan secara manual sekarang bisa dilakukan dengan cara yang lebih modern. Pola kerja yang lebih modern ini membuat pekerjaan lebih cepat, mudah, otomatis, dan efisien.

Salah satu penerapan digitalisasi dalam dunia pendidikan adalah dengan dibuatnya sistem absensi yang dapat digunakan untuk mencatat kedatangan guru secara online dan otomatis.

Untuk mengerti lebih dalam tentang sistem tersebut, simak penjelasan di bawah ini.



Baca juga: Contoh Administrasi Sekolah SD, SMP, SMA

Absen Online DHGTK

Aplikasi DHGTK atau kepanjangan dari Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan merupakan sebuah aplikasi pencatatan kehadiran atau absensi yang dilakukan secara online untuk para pendidik dan tenaga kependidikan lainnya di suatu satuan pendidikan, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta di seluruh Indonesia.

Dalam melakukan absensi atau mencatat kehadiran guru secara online ke dalam sistem, ada 2 (dua) pengguna yang bisa mengakses sistem, yang pertama adalah Login dengan menggunakan ID pengguna sebagai Kepala Sekolah dan yang kedua Login dengan menggunakan ID pengguna sebagai Operator Dapodik.

Penggunakan sistem absen online Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan dapat digunakan pada satuan pendidikan yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Satuan pendidikan yang masih belum memiliki alat atau mesin untuk melakukan absensi dengan jari atau mesin scan jari (finger print)
  2. Alat atau mesin scan jari yang dimiliki oleh satuan pendidikan sedang mengalami kerusakan atau perbaikan sehingga perlu menggunakan absensi online DHGTK untuk sementara
  3. Alat atau mesin scan jari atau finger print tidak berfungsi karena berbagai macam alasan

Setelah mengatahui penjelasan tentang Absen Online DHGTK, mari kita simak pembahasan lanjutan tentang hal – hal yang ada di DHGTK.

Baca juga: Cara Download Prefill Dapodik

Cara Absen Online DHGTK

Berikut kami uraikan langkah – langkah atau cara melakukan absen online DHGTK, antara lain sebagai berikut:

(1) Langkah pertama, silahkan teman – teman buka link berikut : http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawha ini.



(2) Setelah itu silahkan masuk atau login dengan cara mengisi form yang telah tertera. Klik Login Sekolah.

Baca juga: DHGTK V2 Cara Login Di Website Resmi

(3) Lalu, silahkan isi 4 kolom yang tertera di tampilan laman ini. Keterangan dari masing – masing kolom adalah sebagai berikut:

  1. Kolom 1 adalah NPSN yaitu diisi dengan nomor NPSN sekolah masing – masing
  2. Kolom 2 adalah User ID yaitu diisi dengan email yang digunakan untuk login pada akun Dapodik
  3. Kolom 3 adalah Password yaitu diisi dengan kode atau kata sandi sama dengan yang digunakan login di akun Dapodik
  4. Kolom 4 adalah Kode Keamanan yaitu diisi dengan mengetik ulang sama persis kode capcha seperti yang telah disediakan.

Jika sudah silahkan klik Login.

Baca juga: Cara Login SIM PKB Guru

(4) Sehingga akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Di dalam gambar terdapat 3 menu yang ada di Aplikasi Absen GTK, antara lain sebagai berikut:

  1. Beranda berfungsi sebagai laman yang menampilkan halaman utama dari aplikasi absen GTK
  2. Kehadiran berfungsi untuk menampilkan data dari sekolah, data pendidik atau guru, pengisian daftar hadir GTK
  3. Keluar Aplikasi berfungsi untuk mengakhiri atau keluar dari aplikasi atau ingin keluar dari aplikasi absen GTK

(5) Untuk melakukan absensi kehadiran di Aplikasi absen GTK, silahkan klik Kehadiran kemudian pilih semester sesuai dengan semester yang sedang berjalan saat ini dan pilih bulan sesuai dengan bulan yang ingin diisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *