Contoh Administrasi Sekolah SD, SMP, SMA

Posted on

Contoh Administrasi Sekolah SD, SMP, SMA – Administrasi sekolah merupakan suatu proses keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pengaturan (pengurus), pelaksanaan, dan pengendalian semua urusan sekolah untuk dapat mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah.

Adminstrasi sekolah umumnya akan memanfaatkan segala sumber (potensi) yang ada di sekolah termasuk personil (kepala sekolah, staff, guru, dan karyawan sekolah lainnya) ataupun material (kurikulum, alat atau media) dan fasilitas (sarana dan prasarana) serta dana yang tersedia secara lebih efektif.



Administrasi bagi sekolah memiliki peran yang sangat penting karena dijadikan sebagai sumber utama manajemen sekolah untuk mengatur kegiatan belajar mengajar secara tertib sehingga bisa mencapai tujuan sekolah.

Baca juga: Program Kerja Kepala Sekolah

8 Standar Nasional Pendidikan

Pemerintah sekarang ini sudah menerapkan standarisasi sistem pendidikan yang harus di terapkan oleh semua instansi pendidikan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Program ini disebut dengan Standar Nasional Pendidikan yang kemudian dijadikan sebagai dasar oleh pemerintah untuk melakukaan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.