Bacaan Allahumma Ajirna Minannar Dan Artinya

Posted on

Allahumma Ajirna Minannar – Pada artikel kali ini kami akan memberikan rangkaian informasi tentang bacaan lafadz allahumma ajirna minannar dalam bahasa Arab, latin, dan juga artinya.



Salah satu doa yang diajarkan di agama Islam adalah allahumma ajirna minannar yang sudah sangat sering, sangat akrab, atau sudah menjadi kebiasaan untuk membacanya sejak dahulu kala.

Doa allahumma ajirna minannar ini merupakan doa yang biasa dibaca pada saat pagi hari atau pada saat sore hari mejelang petang. Namun, doa ini juga biasa dipanjatkan ketika umat muslim selesai menunaikan ibadah sholat berjamaah.

Baca Juga : Doa Akhir Pertemuan Sebagai Penutup Acara / Majelis

Baca Juga : Lafadz Laa Ilaaha Illallah Tulisan Arab, Latin Dan Artinya

Bacaan Allahumma Ajirna Minannar

اللَّهُمَّ أَجِرْنَا مِنْ النَّارِ



allahumma ajirna minannar

Yang artinya: “Ya Allah lindungilah kami dari api neraka”

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Abu Daud, dan Ibn Hibban.

Bunyi hadist tersebut adalah sebagai berikut.

إِذَا انْصَرَفْتَ مِنْ صَلَاةِ الْمَغْرِبِ فَقُلْ اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنْ النَّارِ سَبْعَ مَرَّاتٍ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ ثُمَّ مِتَّ فِي لَيْلَتِكَ كُتِبَ لَكَ جِوَارٌ مِنْهَا وَإِذَا صَلَّيْتَ الصُّبْحَ فَقُلْ كَذَلِكَ فَإِنَّكَ إِنْ مِتَّ فِي يَوْمِكَ كُتِبَ لَكَ جِوَارٌ مِنْهَا

Artinya: “Apabila selesai salat subuh, sebelum berbicara dengan orang lain, bacalah doa: Allahumma ajirni minannar (Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka) sebanyak tujuh kali. Sesungguhnya, jika kamu meninggal pada harimu itu niscaya Allah menulis bagimu perlindungan dari api neraka.



Baca Juga : Doa Orang Tua : Robbi Firli Waliwalidayya Warhamhuma

Baca Juga : Doa Zikir Pagi Hari Rodhitu Billahi Robba

Dan apabila kamu selesai salat maghrib, sebelum berbicara dengan orang lain, bacalah doa: Allahumma ajirni minannar (Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka) sebanyak tujuh kali. Sesungguhnya, jika kamu meninggal pada malammu itu, niscaya Allah menulis bagimu perlindungan dari api neraka”. (HR. Abu Dawud, Imam Ahmad, dan Ibnu Hibban).

Makna dari doa allahumma ajirna minannar adalah suatu doa yang dipanjatkan kepada Allah agar kita semua dihindarkan dari panasnya api neraka.

Oleh sebab itu sudah seharusnya sebagai hamba Allah Swt kita harus memperbanyak berdoa kepada Allah Swt. Agar Allah Swt senantiasa melindungi kita semua dari panasnya kobaran api neraka jahanam.

Keutamaan dan Hukum Membaca Allahumma Ajirna Minannar

Syaikh Syuaib al-Arnauth mengatakan,

إسناده ضعيف، مسلم بن الحارث جهله الدارقطني، ولم يؤثر توثيقه عن غير ابن حبان. وقد اختلف في اسمه واسم أبيه

Sanad hadis ini dhaif, Muslim bin Harits dinilai majhul (perawi tak dikenal) oleh ad-Daruquthni, sementara penilaian dia sebagai tsiqah (perawi terpercaya) tidak dianggap dari selain Ibnu hibban. Ulama berbeda pendapat tentang namanya dan nama bapaknya. (Ta’liq Musnad Ahmad, 29/593).

Leave a Reply

Your email address will not be published.