Bacaan Allahumma Ajirna Minannar Dan Artinya

Posted on

Hadis ini juga dinilai lemah dalam kitab as-Silsilah al-Ahadits ad-Dhaifah (kumpulan hadis dhaif), no. 1624.



Setelah membaca penjelasan di atas, kita tidak perlu bingung, karena ada hadis shahih yang semakna dan bisa kita amalkan yaitu keutamaan meminta surga.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ الْجَنَّةُ: اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ النَّارُ: اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنَ النَّارِ

”Siapa yang meminta surga 3 kali, maka surga akan berkata: ’Ya Allah, masukkanlah dia ke dalam surga.’ Dan siapa yang memohon perlindungan dari neraka 3 kali, maka neraka akan berkata: ’Ya Allah, lindungilah dia dari neraka.” (HR. Ahmad 12585, Nasai 5521, Turmudzi 2572 dan yang lainnya. Hadis ini dinilai hasan oleh Syuaib al-Arnauth dan dinilai shahih oleh al-Albani).

Baca Juga : Lailahaillallah Muhammadarrasulullah Artinya Dan Tulisan Arab

Baca Juga : Allahumma Firlahu Warhamhu Waafihi Wafuanhu Artinya



Jika kita perhatikan, hadis di atas bersifat umum, artinya,

  1. Tidak ada teks doa khusus, sehingga anda bisa meminta surga dengan kalimat permohonan surga apapun. Bisa juga dengan bahasa yang kita pahami: Ya Allah, aku memohon surga, atau Ya Allah, lindungilah aku dari neraka.
  2. Tidak ada batasan waktu dan tempat, sehingga kita bisa membacanya kapanpun dan dimanapun.
  3. Disebutkan batasan angka, yaitu 3 kali. Artinya untuk mendapatkan keutamaan itu, kita baca minimal sebanyak 3 kali, dan maksimal tanpa hitungan.
  4. Tidak adanya pengkhususan tempat yang digunakan untuk membaca doa. Seseorang boleh meminta dimasukkan ke dalam syurga dan dijauhkan dari api neraka dengan membaca doa dimanapun.

Atau juga dengan hadits berikut ini:

ما استجار عبد من النار سبع مرات في يوم إلا قالت النار: يا رب إن عبدك فلانا قد استجارك مني فأجره، ولا يسأل الله عبد الجنة في يوم سبع مرات إلا قالت الجنة: يا رب! إن عبدك فلانا سألني فأدخله الجنة

“Tidaklah seorang hamba meminta perlindungan dari api neraka sebanyak 7 kali dalam satu hari, kecuali neraka berkata: Wahai Pemeliharaku, sesungguhnya hambaMu si fulan telah meminta perlindungan kepada Engkau dariku, maka lindungilah ia.

Tidaklah seorang hamba meminta kepada Allah akan syurga dalam satu hari sebanyak 7 kali kecuali syurga berkata: Wahai Pemeliharaku, sesungguhnya hambaMu si fulan memintaku, maka masukkanlah dia ke syurga.” [Hr. Abu Ya’la]

Leave a Reply

Your email address will not be published.