Allahumma Firlahu Warhamhu Waafihi Wafuanhu Artinya

Posted on

Allahumma Firlahu Warhamhu Wa’afihi Wa’fuanhu Artinya Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentangdoa untuk orang meninggal disertadi dengan artinya.



Dalam hidup kita ada 3 yang pasti yakni jodoh, rezeki, dan kematian. Semua mahkluk yang hidup pasti akan meninggal dan kembali kepada Allah SWt.

Baca juga: Bacaan Sholawat Allahumma Sholli Sholatan

Baca juga: Contoh Bacaan Mad Silah Tawilah

Sebagaimana firman Allah Swt yang tercantum pada Qur’an Surat Ar Rahman ayat 26 sampai dengan ayat 27. Yang berbunyi :

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍۖ وَّيَبْقٰى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلٰلِ وَالْاِكْرَامِۚ



Yang artinya : “Semua yang ada di bumi itu akan binasa, tetapi wajah Tuhanmu yang memiliki kebesaran dan kemuliaan tetap kekal.”

Dapat kita lihat, ayat tersebut menunjukkan bahwasanya Allah Swt yang memiliki kekuasaan  atas hidup dan matinya setiap mahkluk. Semua mahkluk nantinya akan meninggal, namun 1 yang kekal dan tiada tandingan di alam semesta ini adalah Allah azza wa jalla.

Bagi muslim atau muslimah apabila mendapati saudara sesama muslimnya meninggal ada salah satu doa yang dibacakan untuk saudara muslim yang meninggal tersebut. Doa ini juga menjadi salah satu bagian dalam rangkaian sholat jenazah.

Apakah di antara kalian sudah tau bacaan dari doa yang dibaca ketika mendapati saudara sesama muslim kita meninggal?

Mari simak penjelasan berikut ini.



Baca juga: Contoh Bacaan Mad Silah Qasirah, Ayat Dan Suratnya

Baca juga: Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Bacaan Do’a Untuk Orang Meninggal

Apabila kita mendapati saudara atau saudari sesama muslim kita meninggal dunia, maka kita dianjurkan untuk mendoakan mereka. Salah satu doa yang dapat dibacakan atau diberikan kepada saudara sesama muslim kita yang sudah meninggal adalah allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu.

Doa untuk orang yang sudah meninggal secara lengkap adalah :

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar

Leave a Reply

Your email address will not be published.