Bacaan Sholawat Allahumma Sholli Sholatan

Posted on

Bacaan Sholawat Allahumma Sholli Sholatan Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang bacaan sholawat nariyah.



Pada artikel kami kali ini akan memberikan arti atau makna dari lafadz sholawat nariyah yang dapat memudahkan anda untuk memahaminya.

Mungkin sudah banyak yang tau dan hafal dengan bacaan sholawat nariyah ini. Namun bagi kalian yang belum tau bacaan sholawat nariah dan keutamaannya dapat kalian baca pada artikel kali ini.

Baca juga: Pengertian Murajaah Secara Bahasa Dan Metodenya

Sebagai umat muslim, kita dianjurkan untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Bersholawat menjadi salah satu tanda kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Bahkan Allah SWt telah menulis hukum bersholawat di dalam Al Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 56, sebagai berikut:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Yang artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56)



Bersholawat tidak akan menyita waktu kita, karena sholawat dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kita boleh bersholawat secara lisan maupun secara batin (tanpa berucap). Sholawat dapat dilantunkan kapan saja, namun akan lebih baik apabila melantunkan sholawat setelah sholat.

Ada banyak sekali bacaan sholawat yang dapat kita lantunkan kepada Nabi Muhammad SAW salah satunya adalah Sholawat Nariyah.

Sholawat Nariyah

Menurut buku yang berjudul “Rahasia Dahsyat Shalawat Lafadz Rasulullah SAW oleh Ustadz M. kamaluddin S.Pd.I., MM. Sholawat nariyah merupakan salah satu jenis sholawat yang disusun oleh seorang syekh yang bernama Syekh Nariyah

Syekh Nariyah hidup pada zaman Nabi Muhammad SAW yang mana termasuk dalam golongan salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW.

Dengan melihat kerja keras yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam menyampaikan wahyu dari Allah yakni Al Qur’an, serta menyebarkan agama Islam, dengan akhlakul karimah dan amal sholeh, Syekh Nariyah pun tergerak untuk selalu memohon kepada Allah SWt untuk keselamatan dan kesejahteraan Nabi Muhammad SAW.



Doa – doa tersebut lah yang kemudian disebut dengan istilah Sholawat nariyah. Nah, sekarang apakah kalian sudah tau bagaimana bacaan sholawat nariyah?

Mungkin banyak yang sudah sering mendengar namun tidak tahu namanya. Banyak orang mengenalnya dengan sholawat allahumma sholli sholatan. Mari kita simak bacaan sholawat nariyah beserta artinya berikut ini.

Bacaan Sholawat Nariyah “Allahumma sholli sholatan” Beserta Artinya

Berikut kami tuliskan bacaan sholawat nariyah lengkap disertai tulisan latin dan juga artinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.