Download Alpeka Bos 2019 Kemdikbud

Posted on

Download Alpeka Bos 2019 Kemdikbud Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Cara Mendownload Alpeka BOS 2019 Kemdikud.



Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan ulasan tentang langkah – langkah untuk mendowload dan meginstal Alpeka BOS 2019 Kemdikbud yang disertai dengan uraian sedikit penjelasan sebagai pelengkapnya.

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan daya jangkau masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan, terutama dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu adalah dengan memberikan Dana BOS atau yang biasa di sbeut dengan Dana Bantuan Operasional Sekolah.

Baca juga: Format Laporan BOS Terbaru 2021-2022

Baca juga: Contoh SK Bendahara BOS

ALPEKA BOS

Suatu satuan pendidikan yang memperoleh dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah pusat, sudah seharusnya dana pengolahan dana tersebut bisa lebih transparan dan akuntabel.

Laporan pertanggung jawaban harus diberikan bagi penanggung jawab atau pengelola Dana BOS dalam sekolah – sekolah yang mendapatkan bantuan dana BOS.



Tujuan dari adanya Laporan pertanggung jawaban yang nantinya akan diberikan ke pemerintah ini adalah ntuk membantu bapak/ ibu guru yang telah dipilih untuk mempertanggung jawabkan pengelolaan Dana BOS.

Nah untuk membantu bapak ibu dalam membuat laporan pertanggung jawaban Dana BOS ini, pemerintah membuat salah satu Aplikasi yang bernama ALPEKA BOS.

Baca juga: Pelaporan Bos Secara Online

Pengertian ALPEKA BOS

ALPEKA BOS memiliki kepanjangan (Aplikasi Laporan Pertanggung Jawaban Keuangan BOS), merupakan aplikasi gratis berbasis excel yang dikembangkan oleh pemerintah dalam membantu membuat dan menyusun laporan keuangan di sekolah terutama laporan pertanggug jawaban penggunaan dana BOS.

Bagi bapak atau ibu guru bendahara yang merasa kebingungan dalam membuat laporan pertanggung keuangan, kini tidak perlu khawatir lagi. Dengan adanya ALPEKA BOS ini sudah tidak perlu repot – repot dalam membuat dan menyusun laporan – laporan yang harus dilaporkan ke sekolah.

ALPEKA BOS ini sangat memudahkan pembuatan laporan pertanggung jawaban keuangan karena dapat disusun sesuai dengan Juknis BOS.

ALPEKA sangat banyak diminati karena bisa didownload secara gratis dan dapat digunakan untuk pelaporan Dana BOS baik secara online maupun offline.



Download ALPEKA BOS melalui bos.kemdikbud.go.id atau disini: Download.

Baca juga: Cara Cek Virtual Account PIP SD

Petunjuk Penggunaan ALPEKA BOS

Berikut kami sajikan langkah – langkah dalam menggunakan ALPEKA BOS, antara lain sebagai berikut:

(1) Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus teman – teman lakukan sebelum menjalankan ALPEKA BOS antara lain adalah:

  • Buatlah folder khusus yang digunakan untuk menyimpan file aplikasi, file data, dan juga file output.
  • Disarankan untuk satu tahun folder untuk satu tahun anggaran saja.
  • Jangan lupa untuk membuat file backup untuk aplikasi dan data – datanya.
  • Jangan lupa untuk selalu save file selama mengisi data.

(2) Langkah Kedua

Setelah melakukan langkah pertama di atas sekarang saatnya untuk menjalankan aplikasi. Langkah – langkah untuk menjalankan ALPEKA BOS adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan teman – teman buka ALPEKA BOS dengan dobble klik pada bagian aplikasi untuk membuka aplikasi
  2. Lalu aktifkan makro, seperti gambar di bawah ini
  3. Setelah mengaktifkan makro, perhatikan, pastikan akan muncul tampilan seperti di bawah ini.
  4. Apabila tampilan gambar tersebut tidak muncul itu berarti makro belum aktif atau diblokir. Untuk mengaktifkan makro silahkan lihat pada penjelasan saat perama kali membuka aplikasi ini.
  5. Setelah makro diaktifkan maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini

Baca juga: Cara Cek Virtual Account PIP SMP SMA SMK

Menu – menu Definisi

Menu – menu Definisi yang ada di ALPEKA BOS terdiri dari:

  1. Data Umum

Data umum ini digunakan untuk mengisis data sekolah yang menjadi informasi nama sekolah dan nama yang menandatangani laporan dana BOS

  1. Program Sekolah.
    Program sekolah ini berfungsi untuk memilih kegiatan yang akan dilaksanakan sekolah sesuai dengan RKT/ RKAS. Sudah ada daftar kegiatan sekolah yangberkaitan dengan program dan juga sub program.

Cara untuk mencari program: (1) menggunakan Find yang ada di excel yang iconnya berbentuk teropong. (2) melalui Seleksi Program, dilanjut dengan klik Sub Program, lalu cari kegiatannya. Jika sudah cocok klik Ya.

  1. Cara Menambah Kegiatan
    Pada bagian ini teman – teman bisa mengisi daftar kegiatan apabila daftar kegiatan belum diisi. Setiap kegiatan baru yang akan diisikan harus sudah ditetapkan akan masuk sub program apa dan program apa.
    Jika sudah, pilih Ya pada komponen BOS yang bisa membiayai, pilih Tidak untuk yang lainnya. Apabila ingin mengetahui penjelasan komponen, silahkan arahkan kursor pada judul dalam setiap komponen

Menu – menu Generate

Menu – menu Generate dilakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *