Pengertian Ekonomi Makro Adalah

Posted on

Pengertian Ekonomi Makro Adalah – Dalam dunia perekonomian pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah dua teori ekonomi yang sangat berpengaruh dalam jalannya perekonomian yakni teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro. Namun pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas mengenai ekonomi makro.



Pada intinya teori ekonomi makro merupakan sebuah teori yang mempelajari dan membahas tentang semua peristiwa, fenomena atau masalah-masalah yang berhubungan dengan ekonomi secara keseluruhan atau dalam ruang lingkup besar.

ekonomi makro

Ekonomi juga merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang memfokuskan kajian terhadap mekanisme kerja perekonomian suatu negara secara keseluruhan. Karena pada intinya ekonomi makro memiliki tujuan untuk dapat mengerti dan memahami suatu peristiwa atau kejadian seputar perekonomian dan berupaya untu membuat suatu rumusan yang menjadi solusi dalam memperbaiki kebijakan ekonomi yang ada.

Baca juga: Pembahasan Tentang Ekonomi Mikro

Disamping itu, dalam ekonomi makro ini ada beberapa hubungan yang terjadi. Hubungan yang dibahas di dalamnya mencakup hubungan antar variabel yang agregatif. Adapun hubungan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Tingkat pendapatan nasional
  • Konsumsi yang dilakukan dalam rumah tangga
  • Investasi nasional baik pemerintah ataupun swasta
  • Tingkat tabungan baik institusi atau individu
  • Belanja pemerintah (APBN atau APBD)
  • Tingkat harga entah harga umum atau harga pasar
  • Jumlah banyak uang yang beredar dalam masyarakat.
  • Tingkat bunga yang diperoleh
  • Kesempatan kerja dan lapangan pekerjaan
  • Neraca pembayaran
  • Ekspor dan impor

Ituah beberapa hubungan yang biasa dibahas dalam ekonomi makro. Dengan adanya ekonomi makro ini diharapakan anda dapat menemukan segala persoalan atau mencari solusi atau sebuah terobosan baru. Disamping itu, kita harus tahu ruan lingkup yang dimiliki oleh ekonomi makro, meliputi :

  • Bagaimana peran permintaan dan penawaran yang akan menentukan tingkat kegiatan dalam perekonomian.
  • Masalah-masalah besar yang biasa menimpa perekonomia seperti inflasi, pengangguran, korupsi dan lainnya.
  • Peranan dari kebijakan, peraturan yang merupakan usaha pemerintahan dalam menyelesaikan sebuah persoalan perekonomian.

Kajian Ekonomi Makro

Berikutnya kita akan membahas tentang kajian-kajian yang biasa dibahas dalam ekonomi makro, beberapa aspek yang dikaji didalamnya adalah sebagai berikut :



aspek ekonomi makro

  1. Inflasi (kenaikan harga)

Inflasi adalah suatu kejadian yang biasa terjadi dalam dunia perekonomian. Pada intinya, inflasi merupakan sebuah peristiwa dimana semua harga naik dan terjadi secara terus menerus dan bersifat umum. Kenaikan harga ini diakibatkan oleh beberapa faktor seperti sumber daya alam yang sudah semakin menipis, pajak yang diberlakukan pemerintah tinggi, biaya produksi tinggi, dan masih banyak lagi lainnya.

Akan tetapi tidak semua kenaikan harga dapat dikatakan inflasi, kenaikan harga baru dapat dikatakan inflasi jika terjadi secara menyeluruh atau umum dan dalam jangka waktu yang terus menerus. Inflasi merupakan pokok persoalan yang menjadi fokus utama analisis ekonomi karena gejala-gejala inflasi yang menunjukkan efisiensi perekonomian secara menyeluruh.

  1. Pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan  ekonomi yang telah terjadi menunjukkan bahwa keadaan perekonomian tersebut cukup baik. Pertumbuhan ekonomi menunjukkan titik keseimbangan, dimana jumlah permintaan suatu produk entah itu barang atau jasa sama seperti penawaran pada suatu produk tersebut.

Pertumbuhan ekonomi menjadi pembahasan ekonomi makro, ini dikarenakan pertumbuhan ekonomi akan menyebar ke seluruh aspek ekonomi suatu bangsa.

  1. Tingkat pengangguran

Pengangguran merupakan suatu persoalan besar yang dapat mempengaruhi kondisi perekonomian sebuah negara. Pihak-pihak yang bisa disebut sebagai pengangguran adalah mereka yang masih belum mendapatkan pekerjaan ataupun yang sedang mencari pekerjaan.



Pengangguran ini menjadi salah satu fokus kajian ekomi mekro karena jika tidak segera diatasi dapat mempengaruhi kinerja perekonomian secara menyeluruh.

  1. Kerjasama antar negara di dunia

Kerjaasama antar negara terutama dalam perekonomian dunia menjadi salah satu fokus kajian ekonomi makro, ini dikarenakan interaksi yang ada dapat menghasilkan situasi dan keadaan yang baik dalam jalannya perekonomian sebuah negara.

Contoh kerjasama antar negara dunia adalah  kegiatan ekspor dan impor. Interaksi antar negara dalam perekonomian dunia mempunyai dampak baik dan juga dampak buruk, hal ini dapat di analisis melalui neraca pembayaran maupun tingkat nilai tukar uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *