Pengertian Ekonomi Manajerial

Posted on

Ekonomi Manajerial Adalah – Berbicara mengenai masalah perekonomian memang tak akan ada habisnya, karena dalam kehidupan sehari-hari akan selalu berkaitan dengan perekonomian.



Perekonomian sendiri merupakan hal yang cukup mudah dimengerti, saat kita membutuhkan barang, mengkonsumsi atau mendistribusikan sebuah barang maka kita sudah masuk dalam kegiatan ekonomi.

manajerial

Membahas kembali pengertian ekonomi, bahwa ekonomi merupakan suatu aktivitas yang menghasilkan barang (produksi), menggunakan barang (konsumsi) dan menyalurkan barang (distribusi) dimana dari hubungan inilah akhirnya terbentuk suatu aktivitas ekonomi.

Ekonomi sendiri mempunyai banyak bentuk seperti ranah kecil (ekonomi mikro), ruang lingkup menyeluruh (ekonomi makro) dan ekonomi manajerial.

Baca juga: Fungsi Manajemen

Pengertian Ekonomi Manajerial

Bagi anda yang bergulat di bidang ekonomi pasti sudah tak asing lagi dengan istilah ekonomi manajerial. Akan tetapi, bagi orang biasa tentunya sangat asing mendengar ekonomi manajerial ini. Ekonomi manajerial adalah gabungan atau persilangan antara ilmu ekonomi dan ilmu manajerial.

Apabila dilihat dari katanya maka bisa disimpulkan dari ilmu-ilmu tersebut. Pengertian dari ekonomi sendiri adalah aktivitas produksi, distribusi, dan konsumsi yang melibatkan banyak orang untuk saling berhubungan dalam hal memenuhi kebutuhan.

Sementara manajerial lebih kepada tujuan untuk mengambil suatu keputusan. Mengambil keputusan yang dimaksud disini adalah mengambil keputusan dalam masalah bisnis perekonomian.



Ilmu manajerial ini lebih menekankan pada bagaimana seorang manajer melaksanakan analisis dalam mengambil keputusan. Akan tetapi, dalam ilmu manajerial ini dibatasi dengan banyak aturan sehingga hal ini membuat seorang manajer bisa mengetahui batas-batas dalam mengambil keputusan.

Pengambilan keputusan yang telah dibuat oleh manajer adalah untuk tujuan perusahaan itu sendiri Untuk dapat memahami bagaimana mengambil keputusan yang baik, selain harus mengikuti aturan atau batas-batas, seorang manajer juga harus memahami bagaimana lingkungan bisnis yang dijalankan. Pada umumnya dalam lingkup manajerial dalam memutuskan masalah akan melalui banyak tahap.

Tahap pertama yang dilakukan adalah merumuskan masalah terkait dan menghambat jalannya suatu perusahaan. Dalam hal ini harus dikaji lebih mendalam masalah yang ada.

Tahap kedua adalah mengidentifikasi pemecahan masalah yang mungkin bisa memecahkan masalah yang sudah dirumuskan. Dalam hal ini diharapkan bisa menemukan alternatif penyelesaian masalah yang baik untuk masalah yang sudah dirumuskan.

Dan tahap ketiga adalah saat mencari pemecahan masalah maka kita harus benar-bbenar memperhatikan batasan organisasi dan batasan sosial.

Yang terakhir adalah dari mencari alternatif pemecahan dengan memperhatikan batasan sosial dan batasan organisasi maka kita mencari pemecahan atau alternatif yang baik, sehingga akhirnya kita bisa mengambil suatu keputusan.



ekonomi manajerial

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

Secara sederhana, ruang lingkup ekonomi manajerial meliputi tiga aspek penting, diantaranya :

  1. Terkait dengan teori ekonomi

Dalam ekonomi manajerial setiap tindakannya selalu berdasarkan pada teori ekonomi entah itu mikro maupun ekonomi makro. Mengingat segala bentuk kegiatan ekonomi menyentuh semua aspek mulai dari yang kecil sampai yang besar.

Teori ekonomi ini akan bertindak sebagai alternatif untuk dapat mempredikisi kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi sehingga strategi dan persiapan yang telah dipersiapkan oleh setiap pihak akan tepat sasran dan pastinya mampu mengembangkan perekonomian.

  1. Terkait dengan ilmu keputusan

Fokus dari ekonomi manajerial yaitu bagaiman seorang individu atau kelompok dapat memutuskan apa yang terbaik untuk mereka dan juga orang lain.

Dimana dengan keberadaan ekonomi manajerial, maka semua pihak dapat mengambil sebuah keputusan secara cepat dan tepat.

  1. Terkait dengan ilmu administrasi bisnis

Ekonomi erat kaitannya dengan fungsi administrasi bisni, dimana mencakup akutansi, pemasaran, produksi, SDA dan SDM serta lainnya.

Hal-hal ini pastinya akan sangat dibutuhkan dalam ekonomi manajerial saat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Dengan melihat ruang lingkup ini maka dapat disimpulkan bahwa ekonomi manajerial merupakan suatu kegiatan ekonomi yang lebih pada analisis dalam mengambil suatu keputusan dalam bisni untuk dalam mencapai keefektifan dan keefisienan dalam mewujudkan tujuan dari perusahaan itu sendiri.

Tujuan Ekonomi Manajerial

Beberapa tujuan yang diambil dari ekonomi manajerial, diantaranya ;

  1. Sebagai alat evaluasi

Dari sini kita bisa mengevaluasi pekerjaan manajer yang terdahulu. Atau lebih jelasnya adalah kita bisa mengevaluasi kinerja dari manajer yang terdahulu, tidak hanya kinerjanya saja tetapi juga kebijakan yang dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *