Pengertian Ekonomi Mikro Adalah

Posted on

Pengertian Ekonomi Mikro

Adapun beberapa penerapan ekonomi mikro adalah sebagai berikut:

  1. Hukum dan Ekonomi

Pada umumnya prinsip yang dimiliki oleh ekonomi mikro dalam dunia hukum dan ekonomi nantinya akan digunakan untuk  memilih dan menetapkan serta menguatkan dirinya sendiri terhadap berbagai rezim legal dan efisiensi yang dimilikinya.



  1. Ekonomi Perburuhan

Membahas tentang buruh tentunya tidak jauh dari dunia ketenagakerjaan, dimana para buruh yang akan menjadi pekerja dalam setiap bidang produksi. Maka dari itu, ekonomi peruburuhan akan menerapkan konsep yang dimiliki oleh ekonomi mikro sehingga bisa membantunya untuk mengatasi permasalahan yang adal.

Yang menjadi fokus kajian dalam ekonomi perburuhan adalah mempelajari tentang upah, kepegawaian, dan juga dinamika pasar buruh. Dengan adanya bantuan dari ekonomi mikro maka ekonomi perburuhan bisa terbantu  untuk menetapkan kebijakannya terhadap para buruh.

  1. Finansial Publik (Ekonomi Publik)

Fokus kajian ekonomi publik atau finansial publik adalah mempelajari serta melakukan analisis tentang rancangan dari pajak yang ditentukan oleh pemerintah. Selain kebijakan pajak ekonomi publik juga akan membahas mengenai kebijakan pengeluaran dan efek dari penggunaan kebijakan tersebut.

Salah satu contohnya yaitu program asuransi sosial. Dalam proses kerjanya ini ekonomi publik akan menggunakan konsep yang diusung oleh ekonomi mikro, khususnya yang berkaitan dengan tingkat kepuasan dari konsumen atau pengguna.

  1. Ekonomi Kesehatan

Sesuai namanya, ekonomi kesehatan merupakan ekonomi yang berhubungan dengan kesehatan. Dalam ekonomi kesehatan yang menjadi fokus kajian adalah mempelajari tentang sistem kesehatan, dalam hal ini mencakup peran dari pegawai kesehatan dan program yang berhubungan dengan asuransi kesehatan.

Hal ini pastinya akan membutuhkan peran dari ekonomi mikro, dengan menggunakan konsep yang dimilikinya maka ekonomi kesehatan nantinya akan lebih terbantu dalam kelancaran kerjanya.

  1. Politik Ekonomi

Dalam politik ekonomi juga bisa menerapkan teori ekonomi mikro yang memiliki tugas untuk mempelajari tentang peran dari institusi politik untuk menentukan keluarnya dan diterapkannya suatu kebijakan tersebut.

  1. Ekonomi Kependudukan

Ekonomi kependudukan adalah satu cabang dari ilmu ekonomi yang membahas tentang berbagai masalah yang dihadapi atau bisa dikatakan sebagai suatu tantangan yang sedang dihadapi masyarakat di wilayah perkotaan.

Masalah-masalah umum yang paling sering dihadapi  di wilayah perkotaan adalah polusi yang terjadi melalui pencemaran air, udara atau suara, kemiskinan, kepadatan lalu lintas, dan perilaku tidak adil yang sering digambarkan pada geografi dan sosiologi. Untuk dapat menjalankan tugasnya ekonomi kependudukan akan membutuhkan bantuan dari teori ekonomi mikro, yang membahas tentang penduduk.

  1. Finansial Ekonomi

Penting untuk diketahui bahwa finansial ekonomi adalah sebuah subjek yang mempelajari tentang berbagai macam topik seperti struktur dari suatu portofolio yang maksimal, rasio dari pengembalian modal, analisa ekonometri dari sebuah keamanan pengembalian serta kebiasaan dari finansial korporat.

Tugas seperti ini akan membuat finansial ekonomi membutuhkan ekonomi mikro sehingga bisa memberikan referensi harus bagaimana cara dalam mengerjakan tugasnya dengan baik.

  1. Sejarah Ekonomi

Sejarah Ekonomi

Semua hal apapun itu yang ada di dunia ini sudah pasti akan mengalami perubahan, demikian halnya dengan ekonomi. Pada sejarah ekonomi, ada banyak hal yang perlu dikaji dan dipelajari seperti evolusi yang terjadi pada ekonomi dan institusi ekonomi yang ada, dengan menggabungkannya menggunakan metode dan teknik dari bidang sejarah, ekonomi, geografi, psikologi, sosiologi dan politik.

Untuk mempelajari evolusi ini maka dibutuhkan konsep dari ekonomi mikro yang dapat memberikan gambaran mengenai cara yang paling efektif dalam memahami peristiwa yang terjadi saat evolusi.

Baca juga: Contoh Bumdes Sukses Dan Gagal

Itulah informasi secara lengkap dan jelas mengenai ekonomi mikro. Dari penjelasan diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa teori yang satu ini lebih memfokuskan kajiannya terhadap seluk beluk mengenai perekonomian dalam skala kecil. Adapun contoh perekonomian dalam skala kecil dalam ekonomi mikro disini adalah keluarga (rumah tangga), perusahaan, dan lain sebagainya.

Keberadaan ekonomi mikro memiliki peran yang cukup penting dan sangat dibutuhkan walaupun hanya dalam ruang lingkup yang tidak begitu luas. Namun meski demikian hal ini menjadi penentu dalam keberhasilan suatu usaha ekonomi, sebab semuanya dimulai dari hal yang kecil kemudian hal besar.

Apabila hal yang kecil sudah benar dan bisa membentuk pondasi yang cukup kuat maka berbagai masalah yang datang akan sangat mudah untuk diatasi. Bahkan juga bisa menciptakan sebuah terobosan baru yang memiliki tujuan untuk memberikan dampak secara menyeluruh di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *