Aplikasi Dana Bos Terbaru 2022

Posted on

Aplikasi Dana Bos Terbaru 2022 – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Aplikasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2022.



Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan penjelasan tentang Aplikasi Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2022 untuk laporan pertanggung jawaban Dana BOS yang dapat teman – teman lihat dengan mudah.

Baca juga: Format Laporan BOS Terbaru 2021-2022

Suatu satuan pendidikan yang memperoleh dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah pusat, sudah seharusnya dana pengolahan dana tersebut bisa lebih transparan dan akuntabel.

Dana BOS ini diberikan kepada satuan pendidikan yang mana menjadi salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan daya jangkau masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan, terutama dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu.

Bagi satuan pendidikan yang mendapatkan Bantuan Operasional Sekolah tentu harus memberikan laporan pertanggungjawaban atas penggunaan Dana BOS tersebut. Terutama bagi bapak/ ibu guru yang sudah ditunjuk langsung oleh  kepala sekolah untuk mengelola Dana BOS.

Pertanggung jawaban tersebut nantinya akan diberikan oleh pemerintah. Untuk membantu bapak/ ibu guru yang telah dipilih untuk mempertanggung jawabkan pengelolaan Dana BOS ini, pemerintah membuat Aplikasi Pelaporan atau Pertanggung jawaban Dana BOS.



Baca juga: Contoh SK Bendahara BOS

Baca juga: Pelaporan Bos Secara Online

Aplikasi LPJ BOS Terbaru

­­­­Aplikasi LPJ BOS ini merupakan aplikasi yang dikemas dalam format xls atau format Excel yang mana aplikasi ini bisa dibuka apabila dalam server atau komputer sudah terinstal aplikasi Microsoft Excel atau sejensinya.

Dalam membuat laporan penggunaan Dana Bos ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi – aplikasi seperti ini.

Aplikasi LPJ BOS ini juga memiliki fitur – fitur yang lengkap sehingga akan mempermudah pekerjaan dari Bendahara atau pihak yang telah ditunjuk oleh kepala sekolah dalam membuat Laporan Pertanggung Jawaban.

Baca juga: Cara Download Rapor PMP 2018-2019 Excel

Fitur – fitur Aplikasi LPJ BOS Terbaru

Fitur – fitur yang ada di Aplikasi LPJ Dana BOS ini adalaha sebagai berikut:

  1. Home

Pada fitur inimerupakan laman yang menampilkan bagian – bagian dari aplikasi yang perlu dilengkapi



  1. Sheet Data

Sheet data yang wajib diisi dikarenakan data dari isian di sini akan muncul secara otomatis pada laporan masing – masing

  1. Sheet Cover Laporan

Pada sheet ini jika tidak ada alasan yang sangat terpaksa jangan diubah, namun apabila sangat membutuhkan dilakukannya perubahan maka silahkan diubah sendiri

  1. Sheet Buku Kas Umum (BKU)

Dalam laman BKU ini harus memperhatikan hal – hal berikut:

  • pada fitur ini yang perlu dipahami adalah kode BT (buku tunai), Buku Bank (BB), BP (Buku Pajak), kode – kode tersebut nantinya akan memasukkan pembukuan ke masing – masing kode, oleh karena itu harus diperhatikan betul.
  • Yang perlu diisi lagi adalah misal kode 5.1.7 dst, kode tersebut diambil dari sheet ke 7 (hanya copas kodenya saja), sesuai dengan kode pembelanjaan tersebut nantinya akan secara otomatis masuk pada sheet K7a yang dipergunakan pada pelaporan BOS online
  • Kode misal 5.2.2.01.01 , cara mendapatkan kode tersebut berasal dari sheet 144 belanja, dan perlu diingat bahwa nantinya pada sheet 144 belanja otomatis akan terisi.
  1. Menu Sheet Buku Kas Tunai (BT)

Untuk buku kas tunai atau BT ini hanya perlu dikontrol jika terjadi selisih dengan BKU, dan jika memang ada selisih akan tetap dapat disesuaikan.

Dalam hal pengisian Buku Kas Umum terutama pada saldo itu terdiri dari Kas Tunai, Bank,dan juga Pajak.

  1. Buku Bank (BB)

Buku bank ini ditulis dengan cara manual atau bisa juga dengan mengambil pada sheet Buku Kas UMUM (BKU) dengan menggunakan rumus (= ring (…)

  1. Buku Pajak (BP)

Pada buku pajak ini bisa menggunakan rumus (= ambil dari BKU)

Baca juga: Cara Mengatasi NISN Ganda Peserta Didik

  1. Sheet K7

Yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Dalam menyusun laporan pertanggungjawaban dana BOS juga kita mempunyai tanggungjawab kepada menteri dalam negeri, sehingga pada sheet K7 ini merupakan pelaporan format yang dibutuhkan Mendagri
  • Pada format K7a secara otmatis sudah terisi dari sheet K7, namun perlu juga dikontrol tingkat kebenarannya, karena saya juga manusia masih punya kesalahan.
  1. Sheet K7a

Yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Pada format ini akan terisi secara otomatis dari sheet k7, yang perlu diontrol adalah tingkat kebenaranya.
  • Harap diperhatikan pada format K7a ini yang nantinya akan dilaporkan secara online pada laman https://bos.kemdikbud.go.id/.
  1. Format K7b

Pada fitur ini hanya mengisi …. lembar uang kertas ataupun uang logam sesuai dengan jumlah saldo. Dan jika ada selisih di bawah 100 sudah berbunyi sendiri kalimatnya.

  1. Format K7c

Pada fitur ini, tidak usah diisi, dikarenakan telah terisi secara otomatis. Namun jika mengiginkan perubahan sialhkan melakukan pengubahan sendiri

  1. Format 144 BelanjaBOS

Yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Apabila pada pelaporan tahun 2022 adalah cukup 44 belanja, dan laporan ini merupakan kebijakan dari pemerintah daerah
  • Pada format 144 belanja dana BOS pada aplikasi sudah terisi dari Buku Kas Tunai (BT), oleh karena itu kata kunci merupakan kode k7, dan kode pada sheet 144 belanja
  1. Format 3 Belanja BOS

Yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Belanja Pegawai
  • Belanja Barang dan Jasa
  • Belanja Modal
  1. Berita Acara Pemeriksaan Laporan

Berisi berita acara dari pemeriksaan laporan.

  1. Cetak Kuitansi Honor Wiyata Bakti

Mencetak kuitansi khusus bagi Honor Wiyata Bhakti.

  1. Rekap Data Buku Kas Tunai (BT)

Rekap ini bersumber dari Buku Kas Tunai (BT) dan hanya transaksi yang perlu diisi

  1. Cetak Kuitansi

Dalam mencetak kuitansi ini buku kuitansi yang digunakan adalah buku kuitansi merk gelatik. Jadi setiap kita melakukan belanja, harus meminta kuitansi dari toko dengan nota belajanya. Kuitansi – kuitansi ini akan dipakai untuk menyusun laporan, jadi masukkan kuitansi tersebut dalam print lalu cetak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *