Cara Cetak Kartu NISN

Posted on

Cara Cetak Kartu NISN – Semakin hari semakin banyak sekali aplikasi pendidikan yang dapat kita manfaatkan untuk mempermudah pekerjaan kita. Salah satu aplikasi yang dibutuhkan oleh guru adalah aplikasi cetak kartu NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).



Seperti yang telah kita ketahui bahwa NISN adalah nomor identitas seorang siswa yang berlaku secara nasionasl. Nomor induk ini akan diperoleh oleh siswa saat SD (sekolah dasar) dan akan terus digunakan hingga selesai menempuh jenjang pendidikan.

Maka dari itu,  NISN merupakan hal yang paling penting sebagai identitas siswa dan menjadi kelengkapan yang wajib dilengkapi pada saat mengikuti suatu kegiatan pendidikan.

Yang kami ketahui, NISN pada umumnya akan di gunakan di :

  • Sebagai persyaratan untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  • Sebagai identitas di rapot, kartu pelajar, buku induk, kartu ujian, surat keterangan siswa, piagam, SKHU, dan ijazah.

Baca juga : Cara Tarik Data PD Dapodik

Anda harus cermat dan hati-hati pada saat melakukan pengecekan, rekap data, dan pencetakah identitas siswa ini sehingga nantinya tidak terjadi kesalahan. Masalah kekeliruan biasanya terjadi karena kurangnya digit nomor induk atau kesalahan dalam penulisan nomor.

Sehingga apabila NISN sudah dipastikan benar maka anda harus segera cetak kartu NISN, bisa dalam format excel, lewat dapodik, ataupun aplikasi. Disini kami juga akan memberikan beberapa pilihan sehingga anda dapat memilih cara cetak kartu NISN yang menurut anda mudah. Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak uraian selengkapnya di bawah ini.



Aplikasi Cetak Kartu NISN Berbasis Dapodik

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan untuk anda karena sangat mudah digunakan adalah aplikasi yang telah dibuat oleh Bu Nurhayati Mualif asal Pacitan. Tidak hanya aplikasi kartu NISN saja, tapi ada banyak sekali aplikasi pendidikan yang dibuat oleh beliau.

Cara menggunakan aplikasi cetak kartu NISN terbilang cukup mudah, disamping itu juga memiliki desain yang sangat menarik dan bagus. Gambar di bawah ini akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi cetak kartu NISN, yaitu hanya cukup memasukkan isi data siswa dan foto maka anda sudah bisa cetak kartu NISN secara massal.

Contoh tampilan Sheet data siswa di aplikasi cetak kartu NISN untuk memasukkan identitas siswa, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, dan alamat.

Selanjutnya ada sheet foto untuk memasukkan foto siswa, anda harus usahakan menggunakan foto dengan ukuran yang sama sehingga hasil yang akan dihasilkan nantinya lebih rapi. Foto bisa dimaukkan di dalam kotak yang sudah tersedia.



Terakhir akan muncul sheet NISN yang isinya adalah tampilan keren kartu NISN yang sudah siap untuk kita cetak secara massal.

Silahkan langsung saja download aplikasi cetak kartu ini disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.