Cara Cetak Kartu NISN

Cara Cetak Kartu NISN – Semakin hari semakin banyak sekali aplikasi pendidikan yang dapat kita manfaatkan untuk mempermudah pekerjaan kita. Salah satu aplikasi yang dibutuhkan oleh guru adalah aplikasi cetak kartu NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).

Seperti yang telah kita ketahui bahwa NISN adalah nomor identitas seorang siswa yang berlaku secara nasionasl. Nomor induk ini akan diperoleh oleh siswa saat SD (sekolah dasar) dan akan terus digunakan hingga selesai menempuh jenjang pendidikan.

Maka dari itu,  NISN merupakan hal yang paling penting sebagai identitas siswa dan menjadi kelengkapan yang wajib dilengkapi pada saat mengikuti suatu kegiatan pendidikan.

Yang kami ketahui, NISN pada umumnya akan di gunakan di :

  • Sebagai persyaratan untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  • Sebagai identitas di rapot, kartu pelajar, buku induk, kartu ujian, surat keterangan siswa, piagam, SKHU, dan ijazah.

Baca juga : Cara Tarik Data PD Dapodik

Anda harus cermat dan hati-hati pada saat melakukan pengecekan, rekap data, dan pencetakah identitas siswa ini sehingga nantinya tidak terjadi kesalahan. Masalah kekeliruan biasanya terjadi karena kurangnya digit nomor induk atau kesalahan dalam penulisan nomor.

Sehingga apabila NISN sudah dipastikan benar maka anda harus segera cetak kartu NISN, bisa dalam format excel, lewat dapodik, ataupun aplikasi. Disini kami juga akan memberikan beberapa pilihan sehingga anda dapat memilih cara cetak kartu NISN yang menurut anda mudah. Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Aplikasi Cetak Kartu NISN Berbasis Dapodik

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan untuk anda karena sangat mudah digunakan adalah aplikasi yang telah dibuat oleh Bu Nurhayati Mualif asal Pacitan. Tidak hanya aplikasi kartu NISN saja, tapi ada banyak sekali aplikasi pendidikan yang dibuat oleh beliau.

Cara menggunakan aplikasi cetak kartu NISN terbilang cukup mudah, disamping itu juga memiliki desain yang sangat menarik dan bagus. Gambar di bawah ini akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi cetak kartu NISN, yaitu hanya cukup memasukkan isi data siswa dan foto maka anda sudah bisa cetak kartu NISN secara massal.

Contoh tampilan Sheet data siswa di aplikasi cetak kartu NISN untuk memasukkan identitas siswa, mulai dari nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, dan alamat.

Selanjutnya ada sheet foto untuk memasukkan foto siswa, anda harus usahakan menggunakan foto dengan ukuran yang sama sehingga hasil yang akan dihasilkan nantinya lebih rapi. Foto bisa dimaukkan di dalam kotak yang sudah tersedia.

Terakhir akan muncul sheet NISN yang isinya adalah tampilan keren kartu NISN yang sudah siap untuk kita cetak secara massal.

Silahkan langsung saja download aplikasi cetak kartu ini disini.

Aplikasi Cetak Kartu NISN Format Excel Gratis

Selain melalui aplikasi, ternyata kita juga bisa mencetak kartu NISN menggunakan Microsoft Excel. Kami yakin bahwa anda sudah terbiasa menggunakan microsoft excel, sehingga tidak akan mengalami kesulitan.

Namun sayangnya, tampilan kartu anda akan sangat sederhana dan kurang menarik jika dibandingkan menggunakan aplikasi yang telah kami bagikan di atas. Tetapi hal ini terserah anda mau menggunakan yang mana.

Aplikasi cetak kartu yang kedua bisa di download disini.

Karena hanya ada 2 sheet saja yakni Sheet data siswa dan NISN, anda hanya tinggal mengeditnya saja.

Aplikasi Cetak Kartu NISN SD/SMP/SMA

Aplikasi ini telah dibuat oleh Mohammad Iksan, fitur dalam aplikasi ini lumayan banyak jika dibandingkan dengan aplikasi cetak kartu NISN yang lainnya. Disamping itu jenjang pendidikan yang ada meliputi SD, SMP, dan SMA. Sehingga akan sangat cocok sekali untuk anda yang sekarang menjadi guru di ketiga jenjang ini.

Sheet yang terdapat di dalam aplikasi ini yaitu data sekolah, data PD, halaman depan, dan belakang SMP dan SMA. Aplikasi ini gratis dan pastinya bersahabat ketika digunakan.

Berikut ini adalah contoh tampilan data peserta didik di aplikasi ini. Tampak begitu rapi dan sangat mudah untuk di edit. Anda juga bisa langsung copy paste data dari hasil verval peserta didik (verval pd), pastinya akan jauh lebih mudah melakukan cara ini.

Di bawah ini juga contoh halaman depan (cetak depan kartu nisn), dibawahnya terdapat beberapa sheet yang bisa anda pilih dan anda gunakan sesuai keperluan.

Disamping itu, juga sudah terdapat petunjuk pengunaan di aplikasi ini sehingga anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang telah diberikan.

Baca juga : Penjelasan Evaluasi Diri Sekolah

Sedangkan aplikasi cetak kartu NISN yang terakhir, download disini.

Sebenarnya masih ada banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk mencetak kartu NISN, baik itu yang gratis ataupun berbayar, dengan barcode ataupun tidak. Adapun alasan kami memilih ketiga aplikasi tersebut adalah karena kami rasa penggunaan ketiga aplikasi tersebut terbilang sangat mudah. Selain itu, dilengkapi juga dengan desain yang sangat menarik dan pastinya gratis.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai aplikasi cetak kartu NISN. Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk kita semua terutama bagi anda yang sedang membutuhkan informasi ini untuk rekan anda atau bahkan untuk keluarga anda sendiri. Terima kasih atas perhatiaannya.

Leave a Comment