Aplikasi Jadwal Pelajaran Otomatis (SD, SMP, SMA)


Aplikasi Jadwal Pelajaran Otomatis – Jadwal pelajaran merupakan hal pertama yang dicari oleh peserta didik pada hari pertama sekolah. Peserta didik atau siswa biasanya akan mendatangi guru atau membaca papan pengumuman yang ada di kantor sekolah untuk mencari jadwal pelajaran.

Aplikasi Jadwal Pelajaran Otomatis (SD, SMP, SMA)

Seluruh siswa pun akan melaksanakan tugasnya kembali sebagai seorang pelajar yang menghabiskan banyak waktu dengan belajar di ruang lingkup sekolah. Hampir setiap hari mereka akan mempelajari beberapa mata pelajaran yang sudah dijadwalkan oleh pihak sekolah.

Lalu siapa yang memiliki tugas untuk membuat jadwal pelajaran di sekolah? Yang memiliki tugas untuk membuat jadwal pelajaran di sekolah yaitu wakil dari kepala sekolah bagian kurikulum. Namun tak jarang guru lain juga bisa membuat jadwal pelajaran ini.

Baca juga: Agenda Harian Guru SD Dan SMP

Tujuan Pembuatan Jadwal Pelajaran

Tujuan Pembuatan Jadwal Pelajaran

Jadwal pelajaran dibuat dengan tujuan supaya nantinya tidak ada bentrok antara mata pelajaran di kelas dan guru tidak memiliki tugas yang double di waktu yang sama. Dalam membuat jadwal pelajaran umumnya akan disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi guru atau pendidik yang wajib disebar untuk 6 hari kerja  dan tidak hanya penuh dalam satu hari saja.

Membuat jadwal pelajaran sendiri bukan merupakan hal yang mudah, hal ini karena diharuskan untuk membagi lebih dari 10 mata pelajaran dengan banyak ruang yang diajar oleh beberapa guru selama 6 hari belajar. Tentunya akan lebih sulit lagi jika membuat jadwal pelajaran untuk SD, SMP, SMA karena jumlah gurunya yang sangat banyak. Semua harus bisa dibagi dengan imbang dan jangan sampai ada yang terlupa ataupun tidak sengajar terisi jam pelajaran lebih karena nantinya harus dilakukan pembagian ulang.

Dalam pembuatan jadwal pelajaran ini memang dibutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Namun kini Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa membuatnya dengan mudah melalui aplikasi jadwal pelajaran. Selain jauh lebih mudah, aplikasi yang kami bagikan ini juga lebih efektif dan efisien untuk digunakan.

Aplikasi Jadwal Pelajaran Otomatis

Meskipun ada banyak aplikasi untuk jadwal pelajaran yang lebih familiar dengan menggunakan Microsoft Excel,  tetapi kini sudah banyak yang dimodifikasi sehingga mempunyai tampilan yang lebih modern. Berikut ini kami akan rekomendasikan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menyusun jadwal pelajaran:

  1. JPKE Free V1.24.04.16

JPKE Free V1.24.04.16

Aplikasi JPKE Free V1.24.04.16 mempunyai banyak keunggulan yang akan memudahkan Anda untuk membuat jadwal pelajaran. Aplikasi ini lebih efektif dan efesien, bahkan Anda juga bisa medownload secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya sama sekali. Untuk kapasitas mata pelajaran kurang lebih mencapai 150, sedangkan untuk kapasitas guru juga mencapai sekitar 150.

Ada 4 macam kode khusus untuk mata pelajaran, sehingga nantinya akan memudahkan dalam pemetaan mata pelajaran bagi setiap kelas. Jenis aplikasi yang satu ini dapat digunakan hingga 60 kelas sekaligus. Disamping itu, juga sudah dilengkapi fitur rekap jumlah jam mengajar guru secara lengkap dengan pembagian kelasnya.

Pada setiap kelas akan ada menu rekap untuk mata pelajaran yang sudah dijadwalkan. Semua jadwal yang sudah selesai dibuat bisa langsung dicetak pada kertas yang kemudian diberikan pada setiap kelas. Berikut ini adalah contoh tampilan ketika Anda sudah selesai membuat jadwal pelajaran.

  1. Aplikasi Excel Otomatis

Download Aplikasi Jadwal Pelajaran otomatis

Jika jumlah kelas semakin banyak maka akan semakin sulit untuk menyusun jadwal pelajarannya.  Aplikasi jadwal pelajaran otomatis dalam format excel ini bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan Anda. Aplikasi ini juga bisa diunduh secara mudah dan gratis tanpa harus mengeluarkan biaya apapun.

Setelah berhasil mendowonload dan menginstal pada perangkat PC Anda, maka ada beberapa langkah yang penting untuk diperhatikan. Anda diharuskan untuk mengisi identitas sekolah Anda yang ada pada menu “Data Umum”. Selanjutnya klik menu “Mulai Waktu Pelajaran” kemudian isi dengan durasi pelajaran dan istirahat yang disesuaikan dengan sekolah Anda.

Selanjutnya klik tombol “Pembagian Jam” untuk mengisi nama-nama guru serta jumlah jam mengajar dikelas. Dalam hal ini Anda bisa melihat total jumlah jam mengajar dari masing-masing mata pelajaran pada menu “Jumlah Jam”.

Aplikasi ini mempunyai banyak keunggulan, yang dimana ada peringatan yang diwujudkan dalam 3 warna, warna-warna ini menunjukkan durasi jam mengajar seorang guru. Adapun warna-warna tersebut adalah warna hijau untuk menunjukkan durasi mengajar yang kurang, warna merah untuk menunjukkan jam pelajaran yang bentrok dengan kelas lain, dan juga warna kuning untuk guru jam mengajarnya terlalu lebih.

Disamping itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk semua jenjang pendidikan mulai dari jadwal pelajaran SD, SMP, sampai SMA. Bahkan aplikasi ini juga memiliki panduan penggunaan yang sudah tercantum didalamnya. Dengan menggunakan aplikasi ini maka Anda tidak akan mengalami kebingungan ketika menyusun jadwal pelajaran.

  1. Aplikasi Jadwal Pelajaran untuk SD

Aplikasi Jadwal Pelajaran untuk SD

Jenjang Sekolah Dasar atau SD memang mempunyai jumlah guru dan kelas yang tidak terlalu banyak. Namun meski demikian tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menggunakan aplikasi ini dalam menyusun jadwal pelajaran. Apalagi untuk Sekolah Dasar yang berbentuk lembaga yayasan. Lembagan yayasan pada umumnya mempunyai jumlah kelas dan guru yang lebih banyak daripada SD Negeri.

  1. Aplikasi Jadwal Pelajaran untuk SMP

Aplikasi Jadwal Pelajaran untuk SMP

Ketika memasuki jenjang pendidikan SMP atau Sekolah Menengah Pertama, siswa akan mengenai beberapa macam mata pelajaran secara lebih spesifik. Hal ini tentunya akan memberikan pengaruh pada jumlah pendidik atau guru yang mengajar di dalam kelas. Dengan menggunakan aplikasi ini maka jadwal pelajaran akan berjalan secara lebih efektif dan terhindar dari bentrok antar kelas.

  1. Aplikasi Jadwal Pelajaran untuk SMA

Aplikasi Jadwal Pelajaran untuk SMA

SMA atau SMK pastinya mempunyai jadwal pelajaran yang lebih banyak dan kompleks jika dibandingkan dengan jenjang sekolah lainnya.  Oleh sebab itu, penting sekali untuk menggunakan aplikasi dalam mengatur jadwal pelajaran anti bentrok dengan tujuan supaya proses belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala sama sekali. Disamping itu, aplikasi ini juga akan memudahkan para guru untuk mendapatkan jumlah jam mengajar dalam setiap minggunya.

  1. Lantiv Timetabler

Lantiv Timetabler

Lantiv Timetabler merupakan sebuah aplikasi gratis (open source) yang bisa digunakan untuk membantu pengguna dalam menyusun jadwal pelajaran secara otomatis. Aplikasi ini dapat digunakan untuk seluruh jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, hingga tingkat  perguruan tinggi (Universitas).

Kelebihan dari aplikasi Lantiv Timetabler adalah memiliki tampilan yang sangat menarik dapat dapat dikerjakan secara kolaboratif. Hal ini berarti Anda bisa membuat jadwal pelajaran secara bersamaan dengan teman kerja Anda. Dengan adanya sistem kolaboratif sudah pasti akan memudahkan Anda saat membuat jadwal. Halini karenta tugas dapat dibagi menjadi beberapa user atau guru yang sedang bertugas. Dengan demikian maka waktu yang diperlukan juga akan lebih singkat.

  1. Asc Timetables

Asc Timetables

Asc Timetables merupakan aplikasi jadwal pelajaran yang sudah sangat populer, karena sudah digunakan oleh lebih dari 150 ribu pengguna. Keunggulan dari software ini adalah memiliki fitur yang sederhana dan sangat mudah untuk dipahami. Meskipun Anda masih tergolong pemula, Anda bisa menggunakan software ini dengan sangat mudah. Asc Timetables dapat digunakan untuk membuat jadwal pelajaran mulai dari yang jumlahnya sangat sedikit hingga kompleks.

  1. Aplikasi Jadwal Pelajaran Berbayar

Aplikasi Jadwal Pelajaran Berbayar

Apabila Anda sedang membutuhkan aplikasi jadwal pelajaran secara lebih detail, maka sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi berbayar. Aplikasi ini hanya digunakan khusus untuk jenjang pendidikan SMA atau SMK. Adapun fitur-fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi berbayar ini adalah berbasis website yang dapat diakses dengan mudah melalui perangkat komputer ataupun smartphone.

Bahkan tampilannya juga mobile friendly, dimana tampilan web bisa menyesuaikan dengan bentuk layar smartphone yang Anda gunakan supaya mudah untuk dibaca. Dengan menggunakan sistem online yang berbasis web maka peserta didik tidak perlu lagi mencatat. Hal ini karena aplikasi yang satu ini dapat diakses dengan mudah melalui internet kapan saja dan di mana saja.

Bagi pendidik atau guru pengajar yang memiliki tugas dalam membuat jadwal dan input data pelajaran maka akan sangat mudah, sebab menggunakan software Microsoft Excel. Untuk jadwal atau data yang sudah diinput nantinya bisa langsung dibackup dengan menggunakan Microsoft Excel. Dalam hal ini untuk input data biasanya berupa jurusan, kelas, nama guru, jadwal pelajaran, dan juga nama pelajaran.

Aplikasi berbayar yang satu ini sudah pasti lebih canggih, modern, efektif, dan efisien jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini juga akan meminimalisasi kesalahan atau bentrok jadwal. Hal ini karena semua data akan langsung terintegrasi secara otomatis oleh sistem.

Link Download :

Jadwal Pelajaran Otomatis ASC TIMETABLES : Download Disini

Aplikasi Jadwal Pelajaran Versi Simple Di Excel : Download Disini

Jadwal Pelajaran Otomatis SD MI : Download Disini

Jadwal Pelajaran Otomatis SMP MTs : Download Disini

Jadwal Pelajaran SMA/MA/SMK : Download Disini

Jadwal Pelajaran Otomatis MS Excel : Download Disini

Jadwal Pelajaran Anti Bentrok : Download Disini

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan kali ini mengenai beberapa aplikasi jadwal pelajaran otomatis (SD, SMP, SMA). Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *