Aplikasi Jadwal Pelajaran Otomatis (SD, SMP, SMA)

Posted on

Pada setiap kelas akan ada menu rekap untuk mata pelajaran yang sudah dijadwalkan. Semua jadwal yang sudah selesai dibuat bisa langsung dicetak pada kertas yang kemudian diberikan pada setiap kelas. Berikut ini adalah contoh tampilan ketika Anda sudah selesai membuat jadwal pelajaran.

  1. Aplikasi Excel Otomatis

Download Aplikasi Jadwal Pelajaran otomatis



Jika jumlah kelas semakin banyak maka akan semakin sulit untuk menyusun jadwal pelajarannya.  Aplikasi jadwal pelajaran otomatis dalam format excel ini bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan Anda. Aplikasi ini juga bisa diunduh secara mudah dan gratis tanpa harus mengeluarkan biaya apapun.

Setelah berhasil mendowonload dan menginstal pada perangkat PC Anda, maka ada beberapa langkah yang penting untuk diperhatikan. Anda diharuskan untuk mengisi identitas sekolah Anda yang ada pada menu “Data Umum”. Selanjutnya klik menu “Mulai Waktu Pelajaran” kemudian isi dengan durasi pelajaran dan istirahat yang disesuaikan dengan sekolah Anda.

Selanjutnya klik tombol “Pembagian Jam” untuk mengisi nama-nama guru serta jumlah jam mengajar dikelas. Dalam hal ini Anda bisa melihat total jumlah jam mengajar dari masing-masing mata pelajaran pada menu “Jumlah Jam”.

Aplikasi ini mempunyai banyak keunggulan, yang dimana ada peringatan yang diwujudkan dalam 3 warna, warna-warna ini menunjukkan durasi jam mengajar seorang guru. Adapun warna-warna tersebut adalah warna hijau untuk menunjukkan durasi mengajar yang kurang, warna merah untuk menunjukkan jam pelajaran yang bentrok dengan kelas lain, dan juga warna kuning untuk guru jam mengajarnya terlalu lebih.

Disamping itu, aplikasi ini dapat digunakan untuk semua jenjang pendidikan mulai dari jadwal pelajaran SD, SMP, sampai SMA. Bahkan aplikasi ini juga memiliki panduan penggunaan yang sudah tercantum didalamnya. Dengan menggunakan aplikasi ini maka Anda tidak akan mengalami kebingungan ketika menyusun jadwal pelajaran.

  1. Aplikasi Jadwal Pelajaran untuk SD

Aplikasi Jadwal Pelajaran untuk SD

Jenjang Sekolah Dasar atau SD memang mempunyai jumlah guru dan kelas yang tidak terlalu banyak. Namun meski demikian tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk menggunakan aplikasi ini dalam menyusun jadwal pelajaran. Apalagi untuk Sekolah Dasar yang berbentuk lembaga yayasan. Lembagan yayasan pada umumnya mempunyai jumlah kelas dan guru yang lebih banyak daripada SD Negeri.

  1. Aplikasi Jadwal Pelajaran untuk SMP

Aplikasi Jadwal Pelajaran untuk SMP

Ketika memasuki jenjang pendidikan SMP atau Sekolah Menengah Pertama, siswa akan mengenai beberapa macam mata pelajaran secara lebih spesifik. Hal ini tentunya akan memberikan pengaruh pada jumlah pendidik atau guru yang mengajar di dalam kelas. Dengan menggunakan aplikasi ini maka jadwal pelajaran akan berjalan secara lebih efektif dan terhindar dari bentrok antar kelas.

  1. Aplikasi Jadwal Pelajaran untuk SMA

Aplikasi Jadwal Pelajaran untuk SMA

SMA atau SMK pastinya mempunyai jadwal pelajaran yang lebih banyak dan kompleks jika dibandingkan dengan jenjang sekolah lainnya.  Oleh sebab itu, penting sekali untuk menggunakan aplikasi dalam mengatur jadwal pelajaran anti bentrok dengan tujuan supaya proses belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala sama sekali. Disamping itu, aplikasi ini juga akan memudahkan para guru untuk mendapatkan jumlah jam mengajar dalam setiap minggunya.

  1. Lantiv Timetabler

Lantiv Timetabler

Leave a Reply

Your email address will not be published.