Aplikasi Kartu Pelajar Sederhana

Kartu Pelajar Sederhana – Pada umumnya identitas akan berisi sejumlah informasi tentang seseorang. Indentitas sendiri tertulis dalam sebuah kartu yang dicetak pada media kertas atau plastik.  Kartu identitas sangatlah penting bagi setiap orang karena digunakan sebagai kartu tanda pengenal.

Kartu identitas juga biasa dijadikan sebagai salah syarat administrasi keikutsertaan dalam suatu kegiatan. Selain itu, kartu identitas juga dapat digunakan sebagai promosi seseorang sesuai dengan keahlian yang telah dimilikinya atau hanya sekedar untuk trend bertukar kartu identitas dengan kenalan baru.

Kartu identitas sangatlah beragam, tetapi yang wajib dimiliki oleh setiap orang adalah KTP untuk warga negara yang sudah berumur 17 tahun keatas, SIM (surat izin mengemudi) untuk warga negara yang sudah bisa berkendara, kartu pelajar untuk warga negara yang masih aktif belajar di sekolah baik itu di sekolah, menengah dan bahkan perguruan tinggi. Berikui ini adalah fungsi kartu pelajar bagi seorang siswa/pelajar/peserta didik.

  • Sebagai kartu identitas sebagai seorang pelajar yang masih aktif belajar di sekolah
  • Biasanya digunakan menjadi salah satu syarat untuk mengikuti suatu kegiatan baik itu dalam ruang lingkup sekolah atau luar sekolah
  • Apabila terjadi sesuatu pada siswa di luar sekolah misalnya saja kecelakaan, tawuran, atau bermasalah maka biasanya yang akan dicari terlebih dahulu adalah kartu pelajar, dan menghubungi pihak sekolah yang berkaitan

Aplikasi Pendidikan Lainnya

  • Aplikasi Jadwal Pelajaran Excel Untuk SD, SMP, SMA dan SMK
  • Aplikasi Absensi Guru Untuk SD, SMP, SMA, dan SMK
  • Aplikasi Hitung Usia Siswa Otomatias
  • Aplikasi Cetak NRG, NUPTK, dan NISN

Baca juga : Cara Tarik Data PD Dapodik

Pada umumnya, yang bertugas untuk membuat kartu pelajar adalah wakil kepala sekolah bagian kesiswaan yang dibantu oleh bagian administrasi sekolah. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa kita juga bisa membuatnya meskipun bukan kewajiban, hanya untuk menambah pengetahuan yang suatu saat dapat dimanfaatkan. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagia 3 aplikasi pembuat kartu pelajar yang dapat anda download sendiri secara gratis melalui tautan yang telah kami sematkan dibawah ini. Baiklah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah aplikasi kartu pelajar yang kami maksud.

  1. Aplikasi Kartu Pelaja Lengkap Dengan Barcode dan Stempel
  2. Aplikasi Cetak Kartu Pelajar 3 Warna
  3. Aplikasi Kartu Pelajar Visual Basic dan Mail Merge

1. Aplikasi Kartu Pelajar Lengkap Dengan Barcode dan Stempel

Aplikasi kartu pelajar ini sangat sederhana dan mudah untuk digunakan. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pembuat kartu pelajar berbasis Excel. Untuk lebih jelasnya, mari kita pelajari cara cetak kartu pelajar lengkap dengan barcode dan stempel ini :

  • Pertama, download terlebih dulu aplikasi kartu pelajarnya Disini
  • Buka aplikasi, kemudian akan muncul menu-menu aplikasi yang terdiri dari master data, profil, dan stempel
  • Pertama klik Master data, kemudian lengkapi dengan data siswa sekolah anda, supaya lebih valid datanya disesuaikan dengan aplikasi dapodik

  • Apabila data siswa sudah lengkap, lanjut ke menu profil. Nah, disana silahkan anda sesuaikan dengan identitas sekolah anda seperti tampilan gambar berikut ini

  • Selanjutnya dilakukan dengan Edit Stempel, silahkan ganti dengan nama sekolah anda dan apabila sudah selesai silahkan langsung klik tombol cetak kartu
  1. Aplikasi Katu Pelajar Desain Keren 3 Warna

Aplikasi yang satu ini juga sangat mudah dalam menceta kartu pelajar. Disamping itu, desainnya juga sangat keren, apabila berminat langsung saja ikuti petunjuk dibawah ini.

  • Pertama download aplikasi kartu pelajar gratis Disini
  • Kemudian klik tombol “profil” ganti dengan nama sekolah dan juga kepala sekolah anda

  • Selanjutnya klik menu edit data. Nah silahkan edit data siswanya, kemudian potonya. Caranya adalah klik tombol edit foto kemudian pilih change picture, jika ukuran foto sudah pas, klik tombol kembali

  • Setelah itu klik tombol “edit stempel”, ganti nama sekolah, kecamatan dan kabupaten

  • Gambar diatas hanyalah sebuah contoh, silahkan upload gambar yang sesuai dengan pas poto terbaru siswa ukuran 3 x 4. Nah, apabila semuanya sudah selesai selanjutnya klik tombol cetak kartu sehingga hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

  1. Aplikasi Cetak Kartu Pelajar Visual Basic dan Mail Merge

Nah aplikasi ini  sebenarnya sangat lengkap, tetapi penggunaannya tidak sederhana, file dan ukuran aplikasinya 36 mb. Apabila anda berminat untuk mengunduh dan mempelajari penggunaanya silahkan langsung kunjungi Link ini.

Selain bisa melalui aplikasi, membuat kartu pelajar bisa juga dengan Program Mail Merge. Dalam postingan ini kami sudah menyediakan sebuah file yang berisi database untuk mencetak kartu pelajar yang dapat anda gunakan. Apabila anda berminat silahkan download Disini.

Baca juga : Contoh Surat Keterangan Siswa Aktif

Semoga dengan adanya share tentang aplikasi kartu pelajar ini, pembuatan kartu pelajar yang sebumnya sangat ribet, membingungkan bahkan harus diketik satu per satu siswa, dengan mengggunakan aplikasi ini tentu akan lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Informasi ini juga boleh anda bagikan kepada rekan-rekan yang lain untuk saling membantu atau untuk saling menambah pengetehuan supaya bermanfaat dan juga menjadi berkah untuk kita semua.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang aplikasi untuk membuat kartu pelajar desain keren. Anda bisa pilih sendiri aplikasi mana yang menurut anda lebih mudah digunakan. Semoga informasi yang telah kami sampaikan ini bermanfaat untuk anda mencetak kartu pelajaran di tahun ini. Terima kasih atas perhatiannya. Sampai jumpa di postingan yang selanjutnya.

Leave a Comment