Download Aplikasi PKG Guru

Aplikasi PKG Terbaru – Selamat datang di website kami. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang aplikasi pkg terbaru 2019-2020 yang dilengkapi dengan penilaian skor dalam format excel.

Belakangan terakhir pemerintah sangat memperhatikan masalah pendidikan di tanah air.  Hal ini dikarenakan pemerintah menginginkan pendidikan yang baik dan sesuai dengan harapan masyarakat kita. Salah satu hal yang menjadi masalah baru di dunia pendidikan adalah tentang PKG.

PKG (Penilaian kerja guru) sendiri berfungsi sebagai rekapan nilai kemampuan guru dalam dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar, pembinaan, atau bisa pula pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah atau madrasah.

Baca juga: Agenda Harian Guru

Dengan adanya cara tersebut maka di harapkan ada evaluasi terhadap kinerja para guru seberapa evisienkah mereka mengajar. Dalam pembuatan laporan penilaian kerja guru 2017 – 2019 ini ternyata sangat sulit dan tak semudah apa yang kita bayangkan. Walaupun demikian dengan perkembangan zaman saat ini, kini sudah ada sebuah Aplikasi PKG Terbaru yang bisa anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Apalagi aplikasi PKG ini bisa anda unduh dan download secara gratis disini.

Aplikasi PKG pada umumnya akan berbasis excel. Dalam penggunaannya. Kami akan memberikan ulasanya mengenai hal tersebut :

  1. Isi tanggal penilaian, periode penilaian yang perlu anda isi dengan semester berapa dan jumlah jam mengajar guru.
  2. Isi secara lengkap data guru dan data sekolah sesuai dengan format. Kemudian klik formnya maka akan muncul.
  3. Klik kom satu dan kom dua untuk dapat mengisi nilai yang sesuai dengan kompetensi yang ada.
  4. Tombol menu format 1C untuk nilai akhir, dan format ID yang berguna untuk melihat nilai angka kridit.
  5. Yang terakhir adalah tombol print yang memiliki fungsi sebagai tombol untuk mencetak hasil penilaian.
  6. Dan untuk selebihnya bisa anda pelajari sendiri.

Itulah gambaran tentang Aplikasi PKG Terbaru 2019. Disamping itu, masih ada hal-hal lain yang harus anda perhatikan dalam menggunakan aplikasi ini, yaitu :

  • File ini hanya untuk satu orang guru saja. Maka dari itu, lebih baik anda gandakan terlebih dahulu jika akan digunakan untuk beberapa guru di sekolahan anda.
  • Jangan sampai lupa untuk mengubah terlebih dahulu antara pilihan nilai tiap kompetensi.
  • Gunakan huruf V untuk pilihan skor yang tersedia.

Paduan aplikasi PKG format baru tahun 2019 – 2020

Kali ini kami akan membagikan format aplikasi penilaian kinerja guru terbaru yang bisa anda download secara gratis melalui website ini.

Pertama, download terlebih dahulu aplikasi pkg guru dengan cara klik “Comot Disini”. Jika sudah selesai buka aplikasi dengan excel.

Selanjutnya, di bawah ini merupakan link download aplikasi penilaian kinerja guru format excel terbaru revisi 2017 – 2019.

Pada tampilan aplikasi silahkan pilih Isian identitas untuk dapat mengisi data sekolah data guru. Seperti tampilan gambar di bawah ini.

Pada kompetensi yang dinilai, silahkan pilih menu kompetensi, seperti misalnya kompetensi 2 yang telah otomatis terisi. Klik cetak untuk mencetak atau klik format 1A dan silahkan isi data data rekap hasil penilaian kinerja guru serta nilai kompetensi seperti tampilan dibawah ini.

Kemudian buka format f3 yang berisi format refleksi guru yang telah diisi oleh guru bersama dengan koordinator PKB.

Selanjutnya buka format f4 yaitu Deskripsi Diri sehubungan dengan Kegiatan PKB (Pengembangan Diri). Bisa lihat contoh format berikut ini.

Setelah itu buka format F1A yang isinya laporan dan evaluasi penilaiaan kinerja guru mata pelajaran seperti tampilan gambar dibawah.

Mengenai contoh cover dan laporan penilaian kinerja guru (PKG) terbaru 2019 bisa anda download didala aplikasi.

Berikut ini kami akan memberikan cara penilaian kinerja guru kelas dan guru mata pelajaran terbaru tahun 2019/2020.

Kompetensi 1 : Mengenal karakterisitik peserta didik

Pernyataan

Seorang guru akan mencatat dan menggunakan informasi tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses pembelajaran. Karakteristik ini berkaitan dengan aspek fisik intelektual, sosial, emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya.

Cara Penilaian : Pengamatan dan Pemantauan

Sebelum pengamatan :

  1. Mintalah daftar nama peserta didik
  • Pilihlah 4 (empat) nama peserta didik secara acak. Kemudian tanyakan bagaimana kemampuan belajar dari keempat peserta didik tersebut. Minta juga bukti hasil ulangan terakhir keempat peserta didik tersebut.
  • Pilihlah 4 (empat) nama peserta didik lain yang berbeda. Tanyakan bagaiamana karakteristik dari keempat peserta didik tersebut apakah aktif, pendiam, pemalu, ceria atau sebagainya.
  1. Mintalah guru untuk memilih satu nama peserta didik dengan karakteristik yang tertentu (misalnya aspek intelektual). Kemudian tanyakan bagiamana cara untuk dapat mengembangkan potensinya tersebut.
  2. Mintalah guru untuk memilih satu nama peserta didik yang memiliki kekurangan tertentu (misalnya aspek sosial). Tanyakan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk membantu peserta didik tersebut dalam mengatasi kelemahannya.
  3. Tanyakan kepada guru, apakah di kelas ada peserta didik yang memiliki kelainan fisik tertentu. Apabila ada, bagaimana cara untuk dapat memastikan bahwa peserta didik tersebut bisa belajar dengan baik.
  4. Tanyakan kepada guru, apakah belakangan ini ada kejadian luar biasa dalam keluarga peserta didik (kelahiran, kematian, sedang mengalami sakit, dan sebagainya). Tanyakan apakah kejadian tersbeut berdampak terhadap pembelajaran peserta didik yang bersangkutan, dan bagaimana cara untuk mengatasinya.
  5. Tanyakan kepada guru, apakah ada peserta didik di kelas yang sering menganggu peserta didik yang lainnya. Jika ada, bagaimana upaya untuk dapat mencegah supaya perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik yang lainnya.
  6. Mintalah guru untuk untuk menjelaskan karakteristik umum kelas yang selalu diajarnya (kelas yang rata-rata mempunyai peserta didik yang cerdas, kreatif, rata-rata baik dalam mata pelajaran tertentu, dan sebagaianya).

Selama pengamatan :

  1. Lakukan pengamatan apakah guru mengatur posisi tempat duduk peserta didik yang sesuai dengan kegiatan atau aktivitas pembelajaran yang dilakukan.
  2. Lakukan pengamatan apakah guru hanya diam di depan kelas atau berkeliling untuk mensupervisi semua peserta didik.
  3. Lakukan pengamatan apakah selama proses pembelajaran guru melakukan pengecekan secara rutin dengan bertanya kepada peserta didik mengenai keterbacaan media belajar yang digunakan (termasuk penjelasan yang ditulis pada papan tulis).
  4. Lakukan pengamatan apakah selama proses pembelajaran melakukan pengecekan secara rutin bahwa semua peserta didik aktif dalam melaksanakan tugas-tugas yang telah diberikan oleh guru.
  5. Lakukan pengamatan apakah ada peserta didik yang melakukan kegiatan lain di luar kegiatan yang semestinya dilakukan dan bagaimana guru mengambil sikap terhadap peserta didik yang demikian.

Baca juga: Cara Login SIM PKB

Setelah pengamatan :

  1. Tanyakan kepada guru apakah ada alasan tersendiri dari penempatan peserta didik (posisi tempat duduk) dai dalam kelas (karena pendengaan atau penglihatan yang tidak begitu jelas, karena membutuhkan konsentrasi, dan sebagainya).
  2. Mintalah guru untuk menjelaskan persepsinya mengenai hasil pembelajaran peserta didik (apakah sukses, apakah ada anak yang tidak ikut berpartisipasi, dan sebagainya).

Pemantauan :

Periksa pada awal dan pertengahan semester apakah guru membuat catatan tentang kemajuan dan perkembangan peserta didik.

Silahkan unduh instrumen penilaian kinerja guru diatas untuk dapat memudahkan anda dalam merekap nilai PKG. Dengan menggunakan aplikasi PKG 2019 ini anda bisa bekerja lebih efisien dan bahka bisa menggunakan waktu anda untuk hal-hal lain yang lebih bermanfaat.

Disamping itu, apabila anda semakin memutakhirkan teknologi yang terdapat di lingkungan sekolah berarti anda juga ikut secara aktif untuk bisa menciptakan lingkungan pendidikan yang baik dan banyak di harapan orang.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan tentang Aplikasi PKG Terbaru 2019-2020. Semoga apa yang telah kami paparkan di website gurupengajar.com ini bermanfaat untuk kita semua terutama bagi anda yang sedang membutuhkannya. Terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Comment