Allahu Yarham Meaning dan Artinya Lengkap

Posted on

Allahu Yarham Arab Artinya – Pada artikel kali ini akan memberikan rangkaian informasi yang akan membahas tentang salah satu ucapan dalam bahasa Arab yakni Allahumma yarham. Kami juga akan menyebutkan bagaimana cara penulisannya dalam tulisan Arab, tulisan latin, serta arti dari ucapan allahumma yarham itu sendiri.



Pada setiap bahasa, ada ucapan – ucapan yang memang sudah ada dari zaman dahulu untuk menunjukkan atau mengungkapkan sesuatu. Misalkan di bahasa Jawa ada ucapan “Allah mberkahi”, ucapan itu memang terlihat singkat.

Namun, makna dari ucapan “Allah mberkahi” itu cukup dalam, yang mana artinya adalah terselp ucapan do’a “Semoga Allah selalu memberkahi segala hal yang kamu lakukan”.

Nah, begitu juga dalam bahasa Arab, kata ucapan “Allahu yarham” merupakan salah satu bentuk kita menghormati seseorang atau lawan bicara kita sekaligus sebagai doa yang kita berikan untuk orang tersebut.

Allahu Yarhamu adalah kalimat arab yang belum sempurna. Ia terbentuk dari dua kata; Allahu (isim) dan Yarhamu (kata kerja transitif). Artinya; “(semoga) Allah menyayangi”

Baca Juga : Doa Orang Tua : Robbi Firli Waliwalidayya Warhamhuma



Baca Juga : Arti Innalhamdalillah Nahmaduhu Dan Tulisan Arab

Bagaimana penulisan kata Allahu yarham yang benar dalam bahasa Arab, tulisan latin serta artinya?

Mari kita simak penjelasan lebih lengkapnya melalui materi berikut ini.

Tulisan Allahu Yarham (Arab, Latin, Arti)

Berikut kami berikan informasi tentang penulisan kata ucapan “Allahu Yarham” dalam tulisan Arab, tulisan latin, dan artinya antara lain sebagai berikut:

Maka tulisan Allahu yarham adalah sebagai berikut;

اَللّٰهُ يَرْحَمُ



Adapun cara penulisan jawi alias teks arab gundul jawi sebagaimana berikut ini yaitu;

الله يرحم

Jika ditulis dalam tulisan latin maka akan dapat ditulis sebagai berikut:

Allahu yarhamu

Kata Allahu yarham sebenarnya berasal dari kata Allahu Yarhamu yang artinya adalah “Semoga Allah Merahmati”.

Baca Juga : Lailahaillallah Muhammadarrasulullah Artinya Dan Tulisan Arab

Baca Juga : Allahumma Firlahu Warhamhu Waafihi Wafuanhu Artinya

Ucapan ini biasanya digunakan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal. Namun, karena artinya baik bisa juga untuk mendoakan orang yang masih hidup sebagai bentuk menghormati dan doa.

Kalimat ini terbentuk dari dua kata; Allahu (isim) dan Yarhamu (kata kerja transitif). Artinya; “(semoga) Allah menyayangi”.

Untuk melengkapinya, maka dengan meletakkan nama orang yang meninggal dunia setelahnya dalam rangka mendoakan si mayit.

Nah, itulah arti kata dari ucapan اَللّٰهُ يَرْحَمُAllahu Yarhamu” yang memiliki arti Allah merahmatimu atau Allah merahmatimu.

Hukum Penggunaan Allahu Yarham

Kata almarhum jika diniatkan sebagai bentuk doa kepada orang yang meninggal doa maka hukumnya boleh. Asalkan yang disebut itu adalah orang islam, terlebih bila semasa hidupnya dia dikenal sebagai orang yang shalih apalagi ulama.

Adapun bila kata almarhum itu digunakan kepada orang kafir maka hukumnya haram, sebagaimana hukum haramnya mendoakan orang kafir yang telah meninggal dunia.

مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَى مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُمْ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ

“Dan tidaklah layak bagi Nabi dan dan orang-orang beriman memohon ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, sekalipun mereka itu orang-orang itu kerabatnya, setelah jelas bagi mereka bahwa orang-orang musyrik itu penghuni neraka jahanam” (Qs. At-Taubah 113)

Wallahu a’lam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel kami kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.