Lailahaillallah Muhammadarrasulullah Artinya Dan Tulisan Arab

Posted on

Lailahaillallah Muhammadarrasulullah Artinya Dan Tulisan Arab Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang bacaan laa ilaaha ilallah muhammadarrasulullah disertai dengan penulisan arab, latin, dan juga artinya.



Lafadz laa ilaaha ilallah pastinya sudah menjadi lafadz yang familiar di kehidupan umat muslim. Dikarenakan kita sebagai umat muslim setiap hari membaca lafadz tersebut di dalam rangkaian ibadah kita.

Seperti di dalam sholat, pada saat berdzikir, dan juga ketika melakukan wirid tahlil sebelum mengawali suatu majelis dan lain lain pasti terdapat lafadz laa ilaaha ilallah.

Baca juga: Doa Akhir Pertemuan Sebagai Penutup Acara / Majelis

Baca juga: Allahumma Firlahu Warhamhu Waafihi Wafuanhu Artinya

Dalam sebuah tausyiah Ustaz Zulfkifli Muhammad Ali (UZMA) menyampaikan hakikat dari kalimat tauhid “Laa ilaha illallah” yang di bagikan dalam laman instagram @zulkiflima dari sumber kalam.sindonews.com .



Ketika itu Wahab bin munabbin pernah ditanya perihal, “Bukankah kunci dari surga itu adalah laa ilaha illallah?”. Lalu Wahab bin Munabbin rahimahullah pun menjawab,

“Iya, memang betul. Namun, di dalam setiap kunci pasti memiliki gerigi. Apabila kamu memasukinya dengan kunci yang memiliki gerigi, maka al hasil pintu terebut akan dapat dibuka. Tapi jika tidak, tentu saja pintu tersebut juga tidak akan bisa terbuka” .

Begitulah Wahab bin Munabbin Rahimahullah mengibaratkan bahwasanya gerigi yang dimaksud itu merupakan syarat – syarat dari lafadz laa ilaha illallah. (fiqhul ad’iyyah wal adzkar i/179-180) .

Gerigi – gerigi atau syarat – syarat lafadz laa ilaha illallah antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Al – Ilmu yang artinya mengilmui maknanya dan meniadakan kejahilan atau ketidak tahuan kita terhadap lafadz tersebut
  2. Al – Yaqin yang artinya meyakini dan meniadakan segala bentuk keragu – raguan di dalam diri terhadap hakikat dari lafadz laa ilaha illallah
  3. Al – Qabulu yang artinya menerima yang meniadakan segala bentuk sikap yang menentang
  4. Al – Inqiyah yang artinya patuh yang mana menghilangkan atau meniadakan sikap meninggalkan atau tidak patuh
  5. Ash – Ashidqu yang artinya jujur dan meniadakan segala macam bentuk kebohongan atau dusta, menjaga teguh kejujuran
  6. Al – Ikhlas yang memiliki arti ikhlas dan meniadakan segala bentuk perbuatan syirik dan sombong atau riya’
  7. Al – Mahabbah yang memiliki arti cinta yang mana meniadakan segala bentuk kebencian

Baca juga: Contoh Bacaan Mad Silah Tawilah



Baca juga: Contoh Bacaan Mad Silah Qasirah, Ayat Dan Suratnya

Itulah syarat – syarat kalimat tauhid laa ilaha illalllah yang inshaallah apabila seseorang membaca atau melafadzkan laa ilaha illallah maka akan lebih bermakna dan diterima di sisi Allah Swt penguasa alam semesta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.