Pengertian Murajaah Secara Bahasa Dan Metodenya

Posted on

Pengertian Murajaah Secara Bahasa Dan Metodenya Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang pengertian murojaah secara bahasa dan metodenya.

Istilah murojaah tentu sangat tidak asing lagi bagi umat Islam, khusunya bagi penghafal kitab suci Al Qur’an atau tahfidz Qur’an. Biasanya para penghafal Al Qur’an menjaga hafalan bacaan mereka dengan cara melakukan murojaah.



Namun sebelum masuk lebih dalam mengenai murojaah, alangkah baiknya apabila kita ketahui terlebih dahulu asal muasal dari istilah murojaah.

Baca juga: Bacaan Sholawat Allahumma Sholli Sholatan Yang Benar

Definisi Murojaah

Secara bahasa murojaah berasal dari bahasa arab yakni kata roja’a yarji’u  رَجَعَ – يَرْجِعُ yang berarti kembali. Sedangkan secara istilah murojaah diartikan dengan mengulang kembali atau mengingat kembali sesuatu yang sebelumnya telah dihafalkan.

Murojaah juga bisa disebut dengan metode pengulangan secara berkala. Misalkan, ada beberapa materi dari mata pelajaran di sekolah yang dihafalkan. Setelah kita menghafalkan materi pun kita tetap harus melakukan pengulangan atau murojaah agar sesuatu yang kita hafalkan tetap terjaga di dalam ingatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *