Download Bank Soal SD Kelas 2 Kurikulum 2013

Posted on

Download Bank Soal Kelas 2 SD – Kegiatan penilaian yang dilakukan pada setiap satuan pendidikan adalah suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh seorang guru dengan tujuan untuk mengukur pencapaian kompotensi siswa pada akhir pembelajaran, kegiatan asesmen yang dilaksanakan oleh seorang guru mencakup penilaian yang meliputi indikator yang mempresentasikan Kompetensi Dasar atau KD dalam setiap semester.



Hasil dari penilaian baik itu Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) nantinya akan diolah dan dianalisis untuk dapat mengetahui ketuntasan belajar siswa selama melakukan proses belajar di sekolah dasar atau madrasah. Disamping itu, hasil dari penilaian tersebut dapat digunakan untuk program remedial, pengayaan, dan juga untuk pengisian rapor hasil belajar siswa.

Kegiatan asesmen dalam perkembangan siswa bisa dilakukan dalam berbagai bentuk,  seperti misalnya dengan menggunakan kegiatan tes kemampuan peserta dengan memberikan soal baik itu dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice) atau bisa juga soal isian (essay). Namun dalam pemberian soal ini harus berdasarkan kisi-kisi yang telah dibuat sebelumnya. Selain itu, bentuk evaluasi juga bisa dilakukan dengan memberikan tugas kepada siswa seperti misalnya tugas untuk membuat beragam karya ilmiah, keterampilan, ataupun karya yang lainnya.

Saat memilih evaluasi pembelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan mata pelajaran serta target pencapaian yang sebelumnya sudah disusun oleh guru ketika memasuki awal pembelajaran dan sudah tertulis dalam perangkat pembelajaran. Adapun untuk hasil penilaian yang didapat dari pemberian tugas ataupun tes nantinya akan mempermudah guru untuk melakukan perbaikan dalam strategi pembelajaran dan pemahaman materi yang ingin diberikan kepada siswa pada bulan berikutnya.

Baca juga: Download Soal PAI Agama Islam Kelas 2 SD

Bank Soal PH, PTS dan PAT Untuk Kelas 2 SD

Ketika membuat soal yang ingin dijadikan sebagai soal untuk melaksankan kegiatan Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) maka harus dapat memenuhi kriteria dan ketentuan standar soal, yang dimana harus terintegrasi dengan pembelajaran abad 21 dan HOTS (Higher Order Thingking Skills).



Berbagai contoh Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk kelas 2 SD atau MI Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 ini berisi mengenai materi pelajaran Tematik seperti IPA, IPS, PPKn, SBdP, bahasa Indonesia dan lainnya yang telah digabungkan menjadi sebuah soal Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Soal ini cocok jika digunakan untuk kegiatan Penilaian Harian, PTS, dan PAT di sekolah dasar atau Madrasah pada Semester 1 dan 2 karena isi dan beberapa soalnya sudah mengalami beberapa kali revisi. Kumpulan soal ini hanya sekedar referensi saja, Anda bisa mengembangkannya sendiri jika nanti ada beberapa soal yang tidak sesuai dengan materi yang tengah di ajarkan.

Bank Soal SD Kelas 2 Kurikulum 2013

Sebelum membagikan file downloadnya, kami akan berikan beberapa contoh soalnya. Adapun soal ulangan kelas 2 SD ini berupa essay yang terdiri dari 20 soal setiap tema dan subtema. Namun kami juga akan memberikan contoh soal berupa pilihan ganda untuk lebih lengkapnya.Untuk lebih jelasnya langsung saja simak latihan soal kelas kurtilas yang kami maksud:

Soal Pilihan Ganda

Silahkan beri tanda silang (X) pada salah satu huruf a, b, c, dan d yang paling benar!



1. Setelah lulus dari sekolah dasar (SD) Silvi akan mendapat ……..

a. KTP

b. Akte

c. Ijazah

2. Suatu foto memiliki kegunaan untuk mengenang masa ……

a. Lalu

b. Datang

c. Sekarang

3.  Gambar berikut ini merupakan gambar ketika Mayang masih ………..

a. Sehat

b. Sekolah

c. Bayi

4. Akte kelahiran umumnya akan menceritakan tentang hari ……

a. Bahagia

b. Kelahiran

c. Kematian

5. Semua benda berharga yang dimiliki harus ……

Soal Essay

A. Soal I

Silahkan isi soal-soal berikut ini dengan jawaban yang benar!

1. Kita harus menerapkan hidup yang bersih dan sehat di ……..tempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *