Download Dan Cara Login Bio UN SD / MI

Posted on

Download Dan Cara Login Bio UN SD / MI – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Cara Mendownload Bio UN dan Cara Login Bio UN SD/ MI.



Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan langkah – lagkah dan penjelasan yang dapat teman – teman lihat dengan mudah.

Sebelum peserta didik melaksanakan Ujian Nasional (UN), calon peserta harus melakukan pendataan terlebih dahulu. Proses pendataan yang dilakukan oleh suatu instansi atau satuan pendidikan meliputi data dari peserta ujian nasional.

Baca juga: Download Dan Cara Login Bio UN SMP / MTS

Pengisian data atau data entry dilakukan oleh operator sekolah yang mengambil data dari Dapodik (Data Pokok Pendidikan) bagi sekolah umum, dan pengambilan data dari EMIS (Electronic Management Information System) bagi madrasah.

Dengan Ujian Nasional yang diikuti ratusan siswa di tiap sekolah tentu hal ini akan menyulitkan apabila harus mengurusi pendataan secara offline atau manual.

Oleh karena itu, dibuat lah aplikasi pendataan oleh pengembang dari Dinas Pendidikan yang bertujuan untuk mempermudah kinerja dalam pendataan biodata dari peserta ujian nasional. Aplikasi tersebut dikenal dengan nama BioUN.



Sebelum masuk lebih dalam tentang pokok pembahasan kita yakni tentang Cara Login BioUN SD/MI, ada baiknya kita pahami lebih dulu apa itu BioUN.

Baca juga: Manajemen PDUN 2022

Pengertian Bio UN

BioUN atau yang memiliki kepanjangan biodata ujian nasional ini merupakan sebuah sistem atau aplikasi berbasis web yang digunakan untuk melakukan pendataan Peserta Ujian Nasional yang lebih modern.

Aplikasi BioUN ini dikembangkan dan dikomandoi oleh tim dari Dinas Pendidikan untuk membantu pekerjaan – pekerjaan di dunia pendidikan agar lebih cepat, mudah, akuntabel, serta akurat.

Aplikasi BioUN ini ditujukan untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari sekolah tingkat dasar hingga sekolah tingkat menengah baik itu sekolah maupun madrasah yang berada di bawah naungan Kementrian Agama.

Dikarenakan BioUN digunakan untuk melakukan pendataan peserta ujian nasional yang jumlahnya sangat banyak, mungkin di antara teman – teman ada kekhawatiran apabila BioUN mengalami kelebihan kapasitas penyimpanan data atau overload.



Namun tidak perlu khawatir, Dinas Pendidikan telah merancang BioUN dengan membaginya menjadi bebarapa website yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang ada di Indonesia. Dengan begitu tidak akan membuat Aplikasi BioUN menjadi overload dan down.

Pendataan dengan menggunakan BioUN merupakan langkah terakhir dari proses atau alur pendataan peserta didik yang akan melakukan ujian nasional.

Baca juga: Langkah-Langkah Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013

Alur Pendataan Peserta Ujian Nasional

Sebelum melakukan ujian nasional dilakukan pendataan terlebih dahulu oleh operator sekolah. Dalam pendataan peserta ujian sebelum melaksanakan ujian nasional harus melalui alur pendataan yang dibagi menjadi 3 (tiga) tahap.

Ketiga tahapan itu harus dilaksanakan atau diselesaikan sebelum melaksanakan ujian nasional. 3 tahapa alur tersebut meliputi pemeriksaaan kebenaran data, pengambilan file, dan yang terakhir adalah pengunggahan file.

Alur pendataan sebelum melakukan ujian nasional kami uraikan sebagai berikut:

(1) Tahap Pertama

Pada tahap pertama dilakukan proses pemeriksaan data bagi peserta ujian nasional. Bagi Sekolah Dasar (SD) memeriksa data di Dapodik, sedangkan bagi Madrasah Ibtidaiyah (MI) memeriksa data di EMIS.

Setelah mengecek data peserta ujian nasional, dapat diketahui apabila terdapat data dari calon peserta ujian nasional yang mengalami kesalahan.

Apabila terjadi kesalahan, sebaiknya segera dilakukan perbaikan dengan menggunakan VervalPD dan dilanjut dengan sinkronisasi sebelum hari ujian nasional dilaksanakan.

(2) Tahap Kedua

Apabila data yang terdapat di Dapodik atau EMIS sudah benar maka lanjut ke tahap kedua yakni mengambil file .dz dari manajemen PDUN (Peserta Didik Ujian Nasional). Cara mengunduh file .dz dari PDUN adalah sebagai berikut:

  1. Buka link https://pd.data.kemdikbud.go.id/ lalu Login dengan menggunakan username serta password yang digunakan untuklogin di dapodik.
  2. Lalu pilih menu Calon Peserta UN > Centang semua nama > Pengaturan Nomor Kursi > Unduh File Calon Peserta UN > Unduh CPUN ke Excel > Unduh Berita Acara

(3) Tahap Ketiga

Setelah berhasil mengambil file .dz dari manajemen PDUN, dilanjut ke tahap ketiga yakni mengunggah file .dz tersebut ke dalam BioUN pada Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *