Download Dan Cara Login Bio UN SMP / MTS

Posted on

Download Dan Cara Login Bio UN SMP / MTS – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Cara Mendownload Bio UN dan Cara Login Bio UN SMP/ MTs.



Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan langkah – lagkah dan penjelasancara mendownload dan login di BioUN SMP/ MTs yang dapat teman – teman lihat dengan mudah.

Sebelum peserta didik melaksanakan Ujian Nasional (UN), calon peserta ujian harus melakukan pendataan terlebih dahulu. Dalam melakukan proses pendataan pada suatu instansi atau satuan pendidikan yakni meliputi biodata atau data diri dari peserta ujian nasional.

Baca juga: Cara Login PDUN SMK Terbaru

Data peserta didik diambil dari Data Pokok Peserta Didik (Dapodik) bagi sekolah umum, dan dari EMIS atau Electric Management Information System bagi madrasah.

Setelah data peserta ujian nasional diambil, lalu diinputkan ke dalam Aplikasi pendataan ujian nasional yaitu BioUN.

Dengan dibuatnya aplikasi BioUN ini sangat membantu dalam melakukan pendataan pada setiap jenjang pendidikan.



Sebelum masuk lebih dalam tentang pokok pembahasan kita yakni tentang Cara Login BioUN SMP/ MTs, ada baiknya kita pahami lebih dulu apa itu BioUN.

Baca juga: Download Dapodik Helper Terbaru

BioUN SMP/MTs

BioUN atau yang memiliki kepanjangan biodata ujian nasional ini merupakan sebuah sistem atau aplikasi berbasis web yang digunakan untuk melakukan pendataan Peserta Ujian Nasional yang lebih modern.

Jadi BioUN SMP/ MTS adalah aplikasi atau sistem berbasis web yang digunakan untuk melakukan pendataan peserta ujian nasional pada tingkat Sekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah.

Aplikasi BioUN ini dikembangkan dan dikomandoi oleh tim dari Dinas Pendidikan untuk membantu pekerjaan – pekerjaan di dunia pendidikan agar lebih cepat, mudah, akuntabel, serta akurat.

Pembuatan Aplikasi BioUN ini ditujukan untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari sekolah tingkat dasar hingga sekolah tingkat menengah baik itu sekolah maupun madrasah yang berada di bawah naungan Kementrian Agama.

Setiap sekolah memiliki administrator atau operator yang diberikan tanggung jawab untuk mengakses Aplikasi BioUN di tingkat SMP dan MTs.



Setiap operator akan memiliki username beserta password yang digunakan untuk login ke dalam sistem dan penginputan data di aplikasi BioUN. Operator diberikan hak untuk megganti username  dan juga password untuk login dan menginput data peserta ujian nasional.

Penggantian username dan juga password ini bertujuan untuk menjaga keamanan agar tidak disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk merasakan manfaat dari BioUN maka teman – teman harus mendownload dahulu Aplikasi BioUN untuk Sekolah tingkat Menengah Pertama/ MAdrasah Tsanawiyah.

Baca juga: Download Dan Cara Login Bio UN SD / MI

Cara Download dan Login di BioUN

Sebelum menjalankan Aplikasi BioUN, teman – teman harus mndownload dan login terlebih dahulu. Berikut kami sajikan langkah – langkah download dan login di BioUN untuk SMP dan juga MTs, di antaranya sebagai berikut:

  1. Langkah Pertama, akses terlebih dahulu Aplikasi BioUN untuk SMP/ MTs melalui link di bawah ini: https://biounsmp.kemdikbud.go.id/ Lalu tunggu beberapa saat sampai browser menampilkan halaman Login.
  2. Langkah kedua, akan muncul laman utama untuk Login dengan memasukkan username.
    Pada halaman tersebut juga akan diperlihatkan laman yang berisi form yang harus dilengkapi yang memuat user atau nama pengguna, kata sandi, dan kode keamanan.
    User dan  kata sandi biasanya diperoleh dari KKDatadik Disdik provinsi atau Kab/ Kota setempat.
    Keterangan: P = Kode jenjang SMP/ MTsJMB = Kode Provinsi (Jambi)XX = KOde ProvinsiXX = Kode Kabupaten/ Kota
  1. Lalu masukkan user serta kata sandi tersebut. Masukkan Kode keamanan yang berisi kode dan huruf yang harus ditulis sama dengan yang ada ditampilan layar masing – masing.
  2. Terakhir klik Menu Masuk atau Login.
  3. Jika sudah berhasil Login, silahkan lengkapi data – data yang berkaitan dengan profil masing –masing, termasuk mengganti kata sandi atau password default yang diberikan.
  4. Tunggu hingga browser menampilkan tampilan laman utama
  5. Anda telah login di BioUN SMP/ MTs, silahka mengakses fitur – fitur yang ada di BioUN SMP/MTs sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

Sebagai tambahan informasi untuk keterangan yang ada di Langkah Kedua, terdapat fitur – fitur atau keterangan yangbelum diuraikan. Untuk lebih jelasnya mari simak uraian menu – menu berikut.

Baca juga: Download Dan Cara Login Bio UN SMK / SMA

Menu – menu yang ada di BioUN

Pada langkah – langkah yang telah diuraikan di atas (pada Langkah ke 2) di sebutkan keterangan atau  atau menu – menu yang dapat diakses dan memiliki fungsi tersendiri. Kami akan memberikan informasi tambahan tentang menu – menu yang ada di dalam BioUN SMP/ MTs.

Leave a Reply

Your email address will not be published.