Apa Itu Budaya : Pengertian Menurut Ahli

Posted on

Definisi Budaya – Pengertian budaya secara umum adalah suatu cara hidup yang terdapat pada suatu kelompok manusia, yang berkembang dan diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi selanjutnya.



Ada pula yang mengatakan bahwa arti budaya ialah suatu pola hidup yang tumbuh dan berkembang pada suatu kelompok manusia yang mengatur supaya masing-masing individu mengerti apa yang harus dilakukan, dan untuk mengatur perilaku manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya.

budaya

Secara bahasa, kata “budaya” berasal dari bahasa Sansekerta, yakni Buddhaya yang merupakan bentuk jamak dari kata Buddhi yang memiliki arti segala hal yang berhubungan erat dengan budi dan akal manusia. Dalam hal ini, budaya berkaitan dengan bahasa atau cara berkomunikasi, kebiasaan dalam suatu daerah atau istiadat.

Baca juga: Pengertian Kebudayaan

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

 

Supaya memudahkan anda dalam memahami arti budaya, maka kita bisa merujuk pada pendapat para ahli. Adapun pengertian budaya menurut  para ahli adalah sebagai berikut :

  1. Koentjaraningrat

Pengertian budaya menurut Koentjaraningrat adalah semua sistem ide, gagasan, rasa, tindakan, dan karya yang dihasilakn oleh manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang kemudian akan dijadikan klaim manusia dengan cara belajar.



  1. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Pengertian budaya menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi adalah semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya sendiri mencakup produk teknologi dan kebendaan lainnya, rasa mencakup jiwa manusia yang selaras dengan norma dan nilai sosial, sementara cipta mencakup kemampuan kognitif dan mental untuk dapat mengamalkan apa yang diketahuinya.

  1. Ralph Linton

Pengertian  budaya menurut Ralph Linton adalah segala ilmu pengetahuan, pola pikir, tingkah laku, ataupun sikap yang menjadi kebiasaan masyarakat dimana hal tersebut dimiliki dan diwariskan oleh para nenek moyang secara turun-temurun.

  1. Edward Burnett Tylor

Pengertian budaya menurut Edward Burnett Tylor adalah kompleksitas yang  menyeluruh dari ilmu pengetahuan, kesenian, kepercayaan, moral, hukum, adat istiadat, dan lainnya, yang diperoleh oleh individu sebagai anggota masyarakat.

  1. Levi Strauss

Pengertian budaya menurut Levi Strauss adalah suatu pencapaiaan komponen struktur sosial yang bersumber dari pikiran manusia yang dilakukan secara berulang sampai membentuk kebiasaan.

  1. Melville J. Herskovits

Pengertian budaya menurut Melville J. Herskovits adalah produk manusia sebagai bagian dari lingkungannya. Maksudnya adalah manusia akan selalu berada di dalam suatu lingkungan dan menghasilkan produk berupa budaya.

budaya adat



Baca juga: Pengertian Sejarah

Unsur-Unsur Budaya

Budaya terbentuk melalui beberapa unsur yang sangat rumit, seperti sistem agama, adat istiadat, politik, bahasa, perkakas, karya seni, dan hal-hal lainnya yang menjadi bagian dari manusia. Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya mengenai unsur-unsur budaya, yakni sebagai berikut :

  • Melville J. Herkovits & Broinslaw Malinowski

Menurut Meliville J. Herkovits & Broinslaw Malinowski, ada empat unsur budaya, yakni sebagai berikut :

  1. Sistem norma, yakni sesuatu yang memungkinkan terwujudnya tindakan kerjasama sekelompok manusia dalam upaya menguasai alam sekitarnya.
  2. Organisasi ekonomi, yakni sesuatu yang akan memungkinkan manusia untuk bertahan hidup dan mempunyai kesejahteraan.
  3. Lembaga pendidikan, yakni sesuatu yang akan memungkinkan terjadinya proses sosialisasi norma dan nilai sosial di dalam masyarakat.
  4. Organisasi kekuatan, yakni sesuatu yang akan memungkinkan terjadinya insiatif untuk mengorganisir kehidupan sosial.
  • Clyde Kluckhohn

Menurut Clyde Kluckhohn, terdapat tuju unsur yang membentuk budaya atau kebudayaan, yakni sebagai berikut :

  1. Bahasa, yakni meliputi bahasa lisan dan tulisan yang berfungsi sebagai cara berinteraksi, dan merupakan sebuah tanda adanya budaya dalam suatu peradaban.
  2. Sistem pengetahuan, yakni meliputi pengetahuan tentang berbagai hal seperti perilaku sosial, organ manusia, waktu, flora dan fauna, dan lain sebagainya.
  3. Sistem religi, yakni meliputi kepercayaan atau agama yang dianut oleh masyarakat. Contoh kegiatan unsur kebudayaan sistem regili adalah upacara atau tradisi kepercayaan tertentu.
  4. Sistem mata pencaharian manusia, yakni meliputi metode manusia untuk dapat bertahan hidup. Contoh kegiatannya adalah bercocok tanam, berdagang, bertani dan lain sebagainya.
  5. Sistem teknologi manusia, yakni meliputi peralatan produksi, alat transportasi, proses distribusi, komunikasi dan tempat-tempat untuk menyimpan benda atau manusia. Rumah, senjata, dan perkakas adalah unsur kebudayaan yang diciptakan oleh peradaban manusia.
  6. Sistem kemasyarakata, yakni meliputi sistem keluarga, kekerabatan, komunitas, organisasi, sampai negara. Sejak lahir manusia sudah menjadi bagian organisasi, yakni keluarga dan terikat dalam kegiatan keagamaan.
  7. Kesenian, yakni meliputi segala bentuk seni seperti seni musik, seni tari, seni lukis, sastra, arsitektural, dan lain sebagainya. Semua karya kreatif manusia yang mengandung seni termasuk unsur budaya.

Wujud Kebudayaan

Sesudah memahami pengertian budaya dan unsur-unsurnya, anda juga harus mengetahui apa saja wujud dari budaya tersebut dalam kehidupan budaya. Berikut ini adalah wujud budaya :

  1. Ide atau Gagasan

Ide atau gagasan terdapat dalam alam sadar atau pikiran manusia yang akan membentuk pola pikir atau cara berpikir. Atau dengan kata lain, manusia mempunyai ekspektasi terhadap semua hal yang mereka lihat dan jalani di dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Aktivitas

Aktivitas adalah suatu kegiatan atau tindakan manusia yang terbentuk dalam sistem sosial dan menyebabkan terjadinya interaksi antar individu di dalam masyarakat. Aktivitas ini akan berjalan sesuai dengan kebiasaan setiap orang.

  1. Hasil Budaya

Ini merupakan karya dari hasil aktivitas manusia, entah itu dalam bentuk fisik ataupun abstrak. Ide atau gagasan yang dinyatakan dalam aktivitas manusia akan menghasilkan sesuatu yang bisa dilihat, didokumentasikan, dan diamati secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *