Bukti Fisik Akreditasi Paud 2022 Lengkap

Posted on

Bukti Fisik Akreditasi Paud 2022 Lengkap – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Bukti Fisik Akreditasi tingkat Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD. Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan contoh – contoh bukti fisik akreditasi PAUD yang dapat teman – teman download dengan mudah.



Dalam dunia pendidikan banyak sekali upaya yang dilakukan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan akreditasi suatu instansi satuan pendidikan.

Baca juga: Bukti Fisik Akreditasi SD / MI

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Paud merupakan satuan lembaga pendidikan non formal tingkat anak usia dini yang melayani anak – anak usia 0 sampai dengan 6 tahun. PAUD juga disebut sebagai suatu bentuk upaya dalam membina anak usia dini mulai dari anak lahir (usia 0) hingga anak usia 6 tahun.

Pembinaan pada anak – anak PAUD dilakukan dengan cara memberikan stimulus atau rangsangan pendidikan yang bertujuan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani anak agar anak memiliki bekal atau kesiapan ketika memasuki pendidikan yang lebih tinggi/ selanjutnya.

PAUD ini sendiri terdiri beberapa satuan tingkatan sekolah yaitu Taman Kanak – kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Satuan Paud Sejenis (SPS), Pos PAUD, dan juga Raudhatul Athfal (RA).

Tujuan dari PAUD itu sendiri adalah sebagai lembaga yang berfokus pada pengembangan potensi anak usia dini, yang mana pengembangan tersebut akan dijadikan bekal oleh anak untuk persiapan hidup dan penyesuaian diri terhadap lingkungannya.



Dalam pelaksanaanya lembaga paud tentu memerlukan kegiatan atau upaya dalam peningkatan kualitas satuan pendidikan tingkat anak usia dini, salah satunya adalah dengan meningkatkan akreditasi.

Baca juga: Bukti Fisik Standar Penilaian Akreditasi SMP

Baca juga: Cara Login Sispena Terbaru 2022

Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan pemerintah yang memuat suatu kegiatan penilaian kelayakan dari proram suatu satuan pendidikan tingkat PAUD serta PNF atau pendidikan Non Formal.

Akreditasi tentu menjadi salah satu tanda bahwa lembaga atau satuan pendidikan tingkat anak usia dini tersebut sudah memiliki mutu serta kualitas yang layak, sehingga menjadi brand yang didambakan oleh semua lembaga. Selain itu juga menjadi tanda bahwa lembaga tersebut telah dikelola dengan baik dan profesional.

Akreditasi ini dilakukan berdasarkan pada kriteria yang telah ditetapkan untuk meningkatkan mutu serta kelayakan dari suatu lembaga atau satuan pendidikan tingkat anak usia dini atau paud PNF.

Hal ini di atur pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 13/ 208 tentang BAN PAUD dan PNF)



Manfaat Akreditasi

Manfaat bagi lembaga yang melakukan akreditasi antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai wadah penyempurna dari visi, misi, tujuan, strategi, saran, serta program dari satuan Pendidikan Anak Usia Dini
  2. Untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari program – program yang dimiliki oleh satuan Pendidikan Anak Usia Dini
  3. Adanya penjaminan mutu bagi lembaga atau satuan Pendidikan Anak Usia Dini
  4. Memanfaatkan semua informasi yang diperoleh dari hasil akreditasi sekolah sebagai feedback atau umpan balik, dalam upaya memberdayakan serta mengembangkan kinerja dari program – program yang ada pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini
  5. Dapat memperoleh informasi yang lebih akurat. Hal ini dilakukan sebagai upaya masyrakat pembelajar pendidikan non formal dalam memperoleh dukungan berupa pembinaan dari pemerintah serta apresiasi dari masyarakat

Baca juga: Contoh Administrasi Sekolah SD, SMP, SMA

Syarat Umum Permohonan Akreditasi PAUD

Dalam melakukan akreditasi terdapat persyaratan yang perlu dipenuhi dalam megajukan permohonan Akreditasi PAUD. Persyaratan umum akreditasi PAUD ini bertujuan agar asesi atau lembaga yang akan diakreditasi memperhatikan hal – hal berikut ini:

  1. Rekaman dan dokumen harus akurat
  2. Rekaman dan dokumen harus mutakhir
  3. Rekaman dan dokumen harus dapat dibuktikan keabsahannya
  4. Prosedur dalam penilaian kelayakan harus dilakukan dengan baik

Keterangan: dokumen yang dimaksud di atas merupakan bentuk dokumen yang digunakan sebagai format planning atau perencanaan untuk dilaksanakan seperti halnya formulir, prosedur, panduan mutu, instruksi kerja dan foto copy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *