Bukti Fisik Akreditasi Paud 2022 Lengkap

Posted on

Akreditasi ini dilakukan berdasarkan pada kriteria yang telah ditetapkan untuk meningkatkan mutu serta kelayakan dari suatu lembaga atau satuan pendidikan tingkat anak usia dini atau paud PNF.

Hal ini di atur pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 13/ 208 tentang BAN PAUD dan PNF)



Manfaat Akreditasi

Manfaat bagi lembaga yang melakukan akreditasi antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai wadah penyempurna dari visi, misi, tujuan, strategi, saran, serta program dari satuan Pendidikan Anak Usia Dini
  2. Untuk meningkatkan mutu dan kualitas dari program – program yang dimiliki oleh satuan Pendidikan Anak Usia Dini
  3. Adanya penjaminan mutu bagi lembaga atau satuan Pendidikan Anak Usia Dini
  4. Memanfaatkan semua informasi yang diperoleh dari hasil akreditasi sekolah sebagai feedback atau umpan balik, dalam upaya memberdayakan serta mengembangkan kinerja dari program – program yang ada pada satuan Pendidikan Anak Usia Dini
  5. Dapat memperoleh informasi yang lebih akurat. Hal ini dilakukan sebagai upaya masyrakat pembelajar pendidikan non formal dalam memperoleh dukungan berupa pembinaan dari pemerintah serta apresiasi dari masyarakat

Baca juga: Contoh Administrasi Sekolah SD, SMP, SMA

Syarat Umum Permohonan Akreditasi PAUD

Dalam melakukan akreditasi terdapat persyaratan yang perlu dipenuhi dalam megajukan permohonan Akreditasi PAUD. Persyaratan umum akreditasi PAUD ini bertujuan agar asesi atau lembaga yang akan diakreditasi memperhatikan hal – hal berikut ini:

  1. Rekaman dan dokumen harus akurat
  2. Rekaman dan dokumen harus mutakhir
  3. Rekaman dan dokumen harus dapat dibuktikan keabsahannya
  4. Prosedur dalam penilaian kelayakan harus dilakukan dengan baik

Keterangan: dokumen yang dimaksud di atas merupakan bentuk dokumen yang digunakan sebagai format planning atau perencanaan untuk dilaksanakan seperti halnya formulir, prosedur, panduan mutu, instruksi kerja dan foto copy.

Sedangkan rekaman yang dimaksud di atas merupakan bentuk dari resume atau catatan hasil pengisian kelengkapan dari dokumen, seperti hasil formulir yang telah diisi serta instruksi kerja dengan dokumen foto copy yang telah terisi.

Syarat – syarat umum yang harus dipenuhi dalam permohonan akreditasi tersebut kami uraikan sebagai berikut:

  1. Mengajukan permohonan akreditasi kepada BAN PAUD PNF melalui BAP PAUD dan PNF pada masing – masing wilayah tingkat provinsi.
  2. Mempunyai izin penyelenggaraan atau izin operasional pendidikan non formal (PAUD – LKP – PKMB) dari Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota, UPT Perjanjian, atau Lembaga Pemerintah lainnya yang berwenang.
  3. Akte pendirian dari Notaris atau Surat Keputusan (SK) Pimpinan Instansi/ Lembaga/ Institusi yang berwenang di atasnya.
  4. Program yang diajukan akreditasinya telah terlaksana atau berjalan minimal 2 tahun.
  5. Diprioritaskan bagi Lembaga yang memilikiNPSN atau Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional.
  6. Menggunakan sarana dan prasarana yang disertai dengan dokumen yang akurat (sah), (Sertifikat Kepemilikan Tanah dan Bangunan, Surat Perjanjian Sewa, Surat Perjanjian Pemanfaatan Prasarana)

Baca juga: Download RPP Adiwiyata SD, SMP, SMA Dan SMK

Syarat Khusus Permohonan Akreditasi PAUD

Selain persyaratan umum yang harus dilengkapi sebelum mengajukan permohonan akreditasi PAUD. Ada juga persyaratan – persyaratan khusus yang harus dipenuhi dalam Permohonan Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Berikut kami uraikan persyaratan – persyaratan khusus permohonan akreditasi PAUD sebagai berikut:

  1. Peserta didik di dalam lembaga atau satuan pendidikan tingkat anak usia dini atau PNF harus mencapai minimalnya 20 anak pada tahun ajaran terakhir. Hal ini berlaku untuk semua jenjang program sperti TK, KB, TPA, SPS, serta Prioritas TK/ RA/ BA/ dan KB.
  2. Pendidik pada lembaga atau satuan pendidikan tingkat anak usia dini atau PNF harus minimal memiliki ijazah S1 untuk TK/ RA/ BA dan minimal SLTA untuk KB, TPA, dan SPS.
  3. Yang terakhir, memiliki minimal 1 (satu) pendidik di dalam lembaga atau satuan pendidikan anak usia dini yang memiliki sertifikat Diklat Dasar PAUD atau berijazah D-IV atau S1 dalam bidang PAUD dan Kependidikan lain atau Psikologi dari prodi yang terakeditasi dengan menunjukan ijazah yang telah dilegalisir.

Baca juga: Penilaian Kinerja Guru PAUD, SD

Bukti Fisik Akreditasi PAUD

Setelah melengkapi semua persyaratan baik persyaratan umum maupun persyaratan khusus akreditasi tingkat satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), ada bukti fisik yang perlu dipersiapkan. Bukti fisik tersebut merupakan dokumen – dokumen 8 Standar Akreditasi PAUD yang harus dipersiapkan.

8 Standar Akreditasi PAUD terdiri dari Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana Prasarana, Standar pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan yang terakhir adalah Standar Penilaian Pendidikan.

8Standar Akreditasi PAUD di atas kami uraikan sebagai berikut:

  1. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak atau STPPA PAUD merupakan salah satu kriteria minimal yang dijadikan sebagai kualifikasi perkembangan anak usia dini yang mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial – emosional, dan juga seni.

Bukti fisik Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak dapat teman – teman download melalui link di bawah ini:

Download | Alternatif Download

  1. Standar Isi

Standar isi merupakan bentuk kriteria minimal dari isi materi yang memuat program pembentukan perilaku dari anak usia dini dan menjadi bentuk program pengembangan kemampuan dasar melalui pendidikan keagamaan dan pendidikan umum yang dilaksanakan secara terpadu.

Bukti fisik Standar Isi dapat teman – teman download melalui link di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published.