Bukti Fisik Akreditasi SD / MI Lengkap

Posted on

Adapun bukti fisik yang dimaksud adalah Dokumen SisPeNa (aplikasi penilaian akreditasi berbasis web) pada tingkat Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah.



Dokumen – dokumen yang harus dipersiapakan dalam menghadapi akreditasi tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah adalah sebagai berikut:

  1. Standar Isi

Dalam standar isi terdapat poin penting di dalamnya. Poin penting tersebut berisi perihal pemeriksaan dokumen program pengembangan ekstrakurikuler, dokumen bimbingan dan konseling, menilai standar kompetensi dan kompetensi dasar (SK/KD).

Adapun penilaian yang termasuk di standar isi, adalah interaksi selama proses belajar mengajar (PBM), penilaian silabus pembelajaran, dan penilaian KKM.

  1. Standar Proses

Standar proses merupakan sekumpulan kriteria yang mengatur atau mengarahkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran pada suatu satuan pendidikan harus diselenggarakan untuk mencapai kompetensi lulusan.

  1. Standar Kompetensi Lulusan

Standar kompetensi lulusan dalam bukti fisik merupakan kriteria yang menjadi rujukan kemampuan apa saja yang harus sudah dikuasai oleh peserta didik sehingga dapat dikatakan lulus dari proses pendidikan yang telah diikuti di suatu satuan pendidikan, mencakup kriteria sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

  1. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Standar pendidikan dan tenaga kependidikan adalah kriteria yang ditetapkan dan harus dipenuhi oleh seluruh Pendidik/ Guru dan seluruh Tenaga Kependidikan meliputi Pengawas, Kepala Sekolah, Tenaga Administrasi Sekolah, Tenaga Perpustakaan Sekolah, Konselor, Penguji pada kursus dan pelatihan, Pembimbing pada kursus dan pelatihan, Pengelola pada kursus dan pelatihan.



Baca juga: Cara Login Sispena Terbaru 2022

  1. Standar Sarana dan Prasarana

Standar sarana dan prasarana merupakan salah satu dari 8 setandar yang harus ada dalam dokumen karena standar sarana dan prasarana merupakan wadah untuk berjalan atau tidaknya pembelajaran.

  1. Standar Pengelolaan

Standar pengelolaan terdiri dari 3 (tiga) bagaian, yaitu standar pengelolaan oleh satuan pendidikan, standar pengelolaan oleh pemerintah daerah, dan standar pengelolaan oleh pemerintah pusat. Dalam hal ini kita hanya mengambil standar pengelolaan oleh satuan pendidikan.

  1. Standar Pembiayaan

Standar pembiayaan dalam bukti fisik merupakan kriteria mengenai komponen dan besarnya biaya operasi satuan pendidikan yang berlaku selama satu tahun.

  1. Standar Penilaian

Standar penilaian dalam bukti fisik merupakan disini merupakan kriteria yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di Indonesia.

Dalam setiap butir dari 8 standar akreditasi di atas memiliki penjelasan dan dokumen – dokumen yang harus dipersiapkan oleh sekolah yang akan melakukan akreditasi.

Bukti fisik dari 8 butir standar akreditasi sekolah dapat teman – teman download melalui link di bawah ini:



  1. StandarIsi
  2. Standar Proses
  3. Standar Kompetensi Lulusan
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  5. Standar Sarana dan Prasarana
  6. Standar Pengelolaan
  7. Standar Pembiayaan
  8. Standar Penilaian 

Selain 8 butir standar akreditasi di atas, ada juga dokumen – dokumen pendukung lainnya yang perlu dipersiapkan antara lain yaitu surat pernyataan kepala sekolah, instrumen akreditasi tingkat Sekolah Dasar, dan dokumen lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.