Bukti Fisik Standar Penilaian Akreditasi SMP

Posted on

Bukti Fisik Standar Penilaian Akreditasi SMP – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Bukti Fisik Akreditasi tingkat Sekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah. Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan contoh – contoh bukti fisik akreditasi SMP/ MTs yang dapat teman – teman download dengan mudah.



Salah satu upaya dunia pendidikan dalam meningkatkan serta melakukan penjaminan mutu kualitas pendidikan adalah dengan cara melakukan akreditasi.

Baca juga: Bukti Fisik Akreditasi Paud 2022 Lengkap

Akreditasi Sekolah SMP/ MTS

Akreditasi sekolah pada satuan pendidikan tingkat menengah pertama merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan dengan melaksanakan kegiatan – kegiatan penilaian mutu serta kelayakan dari suatu satuan pendidikan tingkat menengah pertama atau madrasah tsanawiyah.

Peringkat akreditasi mencakup kelayakan dari seluruh program yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. Peringkat akreditasi sendiri terdiri dari Terakreditasi A (unggul), Terakreditasi B (baik), Terakreditasi C (cukup).

Dengan adanya akreditasi sekolah ini akan menandakan bahwa instansi atau sekolah tingkat menengah pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) memiliki kualitas serta penjaminan mutu yang layak, sehingga menjadi sekolah yang didambakan oleh instansi atau satuan – satuan pendidikan lainnya.

Selain itu, akreditasi SMP juga menandakan bahwa sekolah atau SMP tersebut memiliki program – program yang bagus serta dapat mengelola sekolah dengan baik dan profesional.



Akreditasi suatu instansi atau satuan pendidikan atau sekolah ditetapkan kelayakannya berdasarkan pada standar nasional pendidikan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah yang disingkat dengan BAN-S/M

Baca juga: Bukti Fisik Akreditasi SD / MI Lengkap

Tujuan Akreditasi

Dengan diadakannya akreditasi bagi setiap satuan sekolah tentunya memiliki tujuan dan manfaat tersendiri. Berdasarkan pada Kemendikbud Nomor 087/ U/ 2022 akreditasi satuan pendidikan memiliki tujuan sebagai berikut

  • Memperolah gambaran kinerja sekolah sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu. itu artinya, akreditasi memberikan gambaran tentang taraf kinerja dalam satuan pendidikan sebagai alat pembinaan, pengembangan, serta peningkatan dan penjaminan mutu yang baik. Selain itu dapat menunjukan kualitas dari pengelolaan program yang ada di setiap satuan pendidikan atau sekolah.
  • Menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan. Itu artinya satuan pendidikan atau sekolah yang telah terakreditasi memberikan jaminan kelayakan atas pelayanan serta program – program yang diselenggarakan oleh sekolah. Selain itu pelayanan – pelayanan yang diberikan sekolah dapat dipastikan telah memenuhi standar dari persyaratan akreditasi sekolah nasional.

Baca juga: Cara Login Dan Download E-Rapor SMA

Manfaat Akreditasi

Selain memiliki tujuan, akreditasi juga memiliki manfaat dalam pelaksanaannya. Manfaat dari akreditasi dapat dirasakan tidak hanya oleh sekolah, melainkan dapat dirasakan oleh banyak pihak.

Berikut uraian manfaat dari akreditasi secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Bagi Pemerintah

    Hasil dari akreditasi satuan pendidikan akan dijadikan sebagai pemetaan terhadap tingkat pencapaian SNP, mutu pendidikan, serta menjadi pertimbangan dalam penyusunan kebijakan mutu pendidikan nasional.

  2. Bagi Siswa

    Akreditasi dapat dijadikan sebagai acuan dalam memilih dan mempertimbangkan sekolah yang akan ditempuh setelahnya.

  3. Bagi Orang Tua

    Manfaat akreditasi yang dapat dirasakan oleh orang tua atau wali murid adalah sebagai ajang informasi tentang mutu dan kualitas dari satuan pendidikan yang ditempuh oleh anak – anak mereka.

  4. Bagi Alumni Sekolah

    Sebagai lulusan sekolah dengan akreditasi yang baik tentunya akan menguntungkan alumni dalam bidang penyerapan tenaga kerja, dikarenakan dunia kerja cenderung memilih pekerja dari sekolah dengan akreditasi yang lebih tinggi.

Baca juga: Cara Login Sispena Terbaru 2022

Persyaratan Akreditasi SMP/ MTs

Sebelum mengajukan akreditasi, sekolah harus memenuhipersyaratan – persyaratan yang harus ditentukan. Beikut kami uraikan persyaratan – persyaratan yang harus dipenuhi oleh sekolah yang sedang menguslkan akreditasi, antara lain sebagai berikut:



  1. Satuan pendidikan ekolah harus memiliki surat keputusan pendirian/ surat operasional sekolah atau madrasah
  2. Satuan pendidikan atau sekolah yang akan mengajukan akreditasi harus memiliki peserta didik pada semua tingkatan kelas
  3. Satuan pendidikan atau sekolah harus memiliki sarana dan prasarana sesuai dengan standar minimal akreditasi nasional pendidikan di Indonesia
  4. Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan yang kualitas dan profesional sesuai dengan standar nasional pendidik dan tenaga kependidikan
  5. Satuan pendidikan atau sekolah yang mengajukan akreditasi telah melaksanakan kurikulum yang sedang berlaku
  6. Yang terakhir satuan pendidikan atau sekolah telah menamatkan peserta didik dari sekolah yang bersangkutan

Baca juga: Peraturan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018

Bukti Fisik Akreditasi SMP/ MTs

Setelah memenuhi persyaratan – persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya, ada bukti fisik berupa dokumen – dokumen yang harus dilengkapi guna memperlancar proses akreditasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *