Bukti Fisik Standar Penilaian Akreditasi SMP

Posted on

Berikut uraian manfaat dari akreditasi secara umum adalah sebagai berikut:



  1. Bagi Pemerintah

    Hasil dari akreditasi satuan pendidikan akan dijadikan sebagai pemetaan terhadap tingkat pencapaian SNP, mutu pendidikan, serta menjadi pertimbangan dalam penyusunan kebijakan mutu pendidikan nasional.

  2. Bagi Siswa

    Akreditasi dapat dijadikan sebagai acuan dalam memilih dan mempertimbangkan sekolah yang akan ditempuh setelahnya.

  3. Bagi Orang Tua

    Manfaat akreditasi yang dapat dirasakan oleh orang tua atau wali murid adalah sebagai ajang informasi tentang mutu dan kualitas dari satuan pendidikan yang ditempuh oleh anak – anak mereka.

  4. Bagi Alumni Sekolah

    Sebagai lulusan sekolah dengan akreditasi yang baik tentunya akan menguntungkan alumni dalam bidang penyerapan tenaga kerja, dikarenakan dunia kerja cenderung memilih pekerja dari sekolah dengan akreditasi yang lebih tinggi.

Baca juga: Cara Login Sispena Terbaru 2022

Persyaratan Akreditasi SMP/ MTs

Sebelum mengajukan akreditasi, sekolah harus memenuhipersyaratan – persyaratan yang harus ditentukan. Beikut kami uraikan persyaratan – persyaratan yang harus dipenuhi oleh sekolah yang sedang menguslkan akreditasi, antara lain sebagai berikut:

  1. Satuan pendidikan ekolah harus memiliki surat keputusan pendirian/ surat operasional sekolah atau madrasah
  2. Satuan pendidikan atau sekolah yang akan mengajukan akreditasi harus memiliki peserta didik pada semua tingkatan kelas
  3. Satuan pendidikan atau sekolah harus memiliki sarana dan prasarana sesuai dengan standar minimal akreditasi nasional pendidikan di Indonesia
  4. Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan yang kualitas dan profesional sesuai dengan standar nasional pendidik dan tenaga kependidikan
  5. Satuan pendidikan atau sekolah yang mengajukan akreditasi telah melaksanakan kurikulum yang sedang berlaku
  6. Yang terakhir satuan pendidikan atau sekolah telah menamatkan peserta didik dari sekolah yang bersangkutan

Baca juga: Peraturan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018

Bukti Fisik Akreditasi SMP/ MTs

Setelah memenuhi persyaratan – persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya, ada bukti fisik berupa dokumen – dokumen yang harus dilengkapi guna memperlancar proses akreditasi.

Bukti fisik itu sendiri berupa 8 standar akreditasi yang meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi kelulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan atau disingkat dengan PTK, standar sarana danprasarana atau SARPAS, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian.

Berikut kami uraikan 8 standar akreditasi nasional antaralain sebagai berikut:

  1. Standar Isi

Dalam standar isi terdapat poin penting di dalamnya. Poin penting tersebut berisi perihal pemeriksaan dokumen program pengembangan ekstrakurikuler, dokumen bimbingan dan konseling, menilai standar kompetensi dan kompetensi dasar (SK/KD). Adapun penilaian yang termasuk di standar isi, adalah interaksi selama proses belajar mengajar (PBM), penilaian silabus pembelajaran, dan penilaian KKM.

  1. Standar Proses

Standar proses merupakan sekumpulan kriteria yang mengatur atau mengarahkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran pada suatu satuan pendidikan harus diselenggarakan untuk mencapai kompetensi lulusan.



  1. Standar Kompetensi Lulusan

Standar kompetensi lulusan dalam bukti fisik merupakan kriteria yang menjadi rujukan kemampuan apa saja yang harus sudah dikuasai oleh peserta didik sehingga dapat dikatakan lulus dari proses pendidikan yang telah diikuti di suatu satuan pendidikan, mencakup kriteria sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

  1. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Standar pendidikan dan tenaga kependidikan adalah kriteria yang ditetapkan dan harus dipenuhi oleh seluruh Pendidik/ Guru dan seluruh Tenaga Kependidikan meliputi Pengawas, Kepala Sekolah, Tenaga Administrasi Sekolah, Tenaga Perpustakaan Sekolah, Konselor, Penguji pada kursus dan pelatihan, Pembimbing pada kursus dan pelatihan, Pengelola pada kursus dan pelatihan.

  1. Standar Sarana dan Prasarana

Standar sarana dan prasarana merupakan salah satu dari 8 setandar yang harus ada dalam dokumen karena standar sarana dan prasarana merupakan wadah untuk berjalan atau tidaknya pembelajaran.

  1. Standar Pengelolaan

Standar pengelolaan terdiri dari 3 (tiga) bagaian, yaitu standar pengelolaan oleh satuan pendidikan, standar pengelolaan oleh pemerintah daerah, dan standar pengelolaan oleh pemerintah pusat. Dalam hal ini kita hanya mengambil standar pengelolaan oleh satuan pendidikan.

  1. Standar Pembiayaan

Standar pembiayaan dalam bukti fisik merupakan kriteria mengenai komponen dan besarnya biaya operasi satuan pendidikan yang berlaku selama satu tahun.

  1. Standar Penilaian

Standar penilaian dalam bukti fisik merupakan disini merupakan kriteria yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di Indonesia.



Leave a Reply

Your email address will not be published.