Penjelasan Buku / Kitab Bulughul Maram

Posted on

Penjelasan Apa itu Kitab Bulughul Maram – Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi tentang kitab bulughul marom.



Kitab Bulughul Maram merupakan sebuah kitab hadits yang di dalamnya terdiri dari hampir 1600 hadist yang mana dijadikan sebagai sumber diambilnya hukum (istinbath) dalam fikih Islam.

Baca juga: Pembahasan Materi Tahsinul Kitabah Untuk Santri

Baca juga: Arti Kata Naam Dalam Bahasa Arab

Baca juga: Contoh Mad Tamkin Dan Penjelasannya

Kitab Bulughul Maram ini disusun oleh Al – Hafizh Ibnu Hajar Al – Asqalani yakni seorang ulama besar ahlusunnah wal jamaah atau pimpinan di bidang perhaditsan atau yang disebut dengan “Sayikhul Islami fil Hadits”



Asal muasal dari kitab Bulughul Maram ini adalah beliau Al – Hafizh Ibnu Hajar Al – Asqalani yang membuat buku ini khusus untuk anak lelakinya. Namun, pada kenyataannya peminat dari kitab ini pun sangat banyak sekali. Kitab Bulughul Maram ini dianggap sangat cocok digunakan sebagai buku yang digunakan untuk menuntut ilmu para pemula yang mempelajari tentang hadits.

Kitab Bulughul Maram ini memiliki keutamaan atau keistimewaan tersendiri. Keistimewaan dari kitab Bulughul Maram ini adalah semua hadits yang ditulis di dalam kitab ini menjadi landasan dalam kajian fikih yang diterapkan dalam Madzab Syafi’i.

Dalam buku hadits ini tidak hanya menyebutkan asal muasal dari masing – masing hadits namun juga mencakup perbandingan antara beberapa riwayat dari hadits – hadits lainnya.

KItab Bulughul Maram ini apabila dibandingkan dengan kitab tentang hadits yang lain seperti yang ditulis oleh Imam Bukhari, Imam Muslim, dan para perawi hadits yang lainkitab ini jauh lebih tipis.

Namun kitab Bulughul Maram ini sangat sarat dengan memuat hadits – hadits yang dikutip dari berbagai kitab hadits.



Baca juga: Arti Kata Meja Dalam Bahasa Arab

Baca juga: Doa Pembuka Belajar Al-Quran Metode Ummi

Baca juga: Arti Jawalatun, Dan Penggunaannya Dalam Kalimat

Isi dari kitab Bulughul maram ini tidak jauh berbeda dengan kitab – kitab fikih pada umumnya. Di dalamnya membahas tentang segala hal yang ada kaitannya dengan ibadah seperti bersuci, shalat, puasa, zakat, dan lain sebagainya .

Itulah sedikit informasi tentang kitab Bulughul Maram yang dapat kami sampaikan. Semoga sedikit penjelasan dari kami dapat membantu dan bermanfaat bagi kalian yang membacanya. Aamiin yaa robbal alamiin .

Leave a Reply

Your email address will not be published.