Cara Tepat Mengisi Absensi Kehadiran Guru Secara Online

Selamat datang di website kami. Pada pembahasan sebelumnya kami telah membahas tentang sebuah Aplikasi baru yang bernama SIM Kehadiran Guru. Aplikasi tersebut digunakan untuk mengetahui kehadiran guru di sekolah. Mengisi absensi kehadiran dari guru-guru di sekolah merupakan tugas dari para operator dapodik sekolah. Nah, untuk bisa membantu anda dalam melaksanakan tugas yang baru ini kami akan memberikan panduan mengenai cara mengisi absen guru online yang benar.

Adapun link utama Aplikasi SIM Kehadiran Guru itu adalah di http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id. Akan tetapi karena banyak sekali yang mengakses alamat tersebut, ini membuat website tersebut menjadi sangat sulit untuk kita akses atau mengalami server down.

Oleh karena itu, kami menyarankan kepada anda untuk menggunakan link alternatifnya saja yaitu di alamat http://223.27.144.195:212/ yang berguna  untuk mengisi absen guru secara online.

Mengapa demikian?

Hal ini karena link alternatif tersebut tingkat pengunjungnya biasanya jauh lebih sedikit sehingga pada saat anda mengaksesnya akan lebih lancar.

Cara Mengisi Absen Guru Online yang Benar

Baiklah langsung saja, kami akan menjelaskan cara mengisi absen guru online. Adapun langkah-langkah dalam mengisi Absen Guru Online yang benar adalah sebagai berikut :

  • Pertama, bukalah web browser internet anda. Lalu masukkan salah satu diantara dua link berikut ini : http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id atau http://223.27.144.195:212/

  • Setelah halaman website tersebut terbuka, maka akan terdapat form untuk melakukan login ke dalam SIM Kehadiran Guru. Kemudian masukkan UserID dan Password seperti yang telah anda gunakan untuk Aplikasi Dapodik. Jangan lupa juga untuk masukkan kode captchanya, setelah semuanya sudah terisi dengan benar, maka lansung klik Tombol Login di bawahnya

  • Setelah anda sudah masuk ke halaman beranda aplikasi sim data kehadiran guru. Silahkan klik menu “Kehadiran” maka setelah itu akan muncul tampilan Menu Data Kehadiran Guru

  • Namun apabila daftar hadir guru masih belum tampil, maka anda bisa klik menu “Buat Daftar Hadir”. Jika menu Buat Daftar Hadir masih belum temapil juga silahkan klik tombol refresh. Sehingga akan muncul menu buat daftar hadir

  • Adapun cara untuk pengisian daftar kehadiran pada guru di dalam aplikasi SIM Kehadiran Guru tersebut adalah, silahkan anda centang pada setiap hari yang sesuai dengan tanggal kehadiran dari semua guru. Apabila ada guru yang berhalangan untuk masuk karena mengalami sakit, izin atau sedang dinas ke luar kota, silahkan anda klik pada menu Data Guru. Setelah itu pilihlah guru yang sedang mengalami sakit pada hari itu, lalu klik pada tombol “Input Surat Izin / Dinas Luar / Sakit”
  • Pada menu input Surat izin ini, anda harus isikan mengenai nomor surat izin, perihal surat tersebut, tanggal surat izin, yang harus ditandatangani oleh kepala sekolah, NIP, jabatan Guru, dan jenis izinnya. Silahkan anda pilih dan isi semua data tersebut, kemudian klik pada tombol Simpan.

Jika proses pengisian data kehadiran tersebut sudah selesai, silahkan anda klik pada tombol Simpan agar laporan data kehadiran guru sekolah tersebut berhasil di simpan ke dalam server pusat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Absen Guru Online yang benar. Semoga cara yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Comment