Cara Cek Data Lengkap Siswa Dengan Mudah

Posted on

Pemantauan dan pengecekkan ini dapat dilakukan dengan leluasa dikarenakan situs tersebut dapat diakses selama 24 jam meskipun hari libur, asalkan server atau komputer atau handphona anda terkoneksi dengan jaringan internet.



Berikut panduan untuk melakukan pengecekkan data lengkap siswa melalui NISN Kemendikbud anatara lain:

  • Langkah pertama dengan cara menggunakan web browser via smartphone atau PC dengan cara memasukkan link URL berikut: https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  • Jika sudah maka akan diarahkan pada tampilan kotak pencarian dengan cara masukkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nama ibu kandung, lalu klik tombol Cari .
  • Tunggu beberap saat hingga muncul informasi seperti Nama Lengkap, Jenis Kelamin, serta Tempat dan Tanggal Lahir.

Namun agar proses pengecekkan dapat dilakukan dengan lancar perhatikan prosesur di bawah ini:

  1. Masuk dengan Menggunakan Browser

Aplikasi browser di sini yang dapat digunakan sangat banyak antara lain, Opera Mini, Internet Explorer, Safari, Firfox, serta Google Chrome. Pilihlah salah satu untuk mengakses laman NISN.

Mengakses laman NISN ini juga bisa dilakukan menggunakan Smartphone, namun jangan lupa untuk menggunakan atau mengaktifkan mode Landscape (tidur atau datar) terlebih dahulu. Karena laman NISN akan bekerja secara optimal jika menggunakan mode Landscape seperti tu.

Saat membuka laman NISN, disarankan untuk menutup beberapa tab atau jendela browser yang lain terlebih dahulu agar pengaksesan tidak lemot atau tidak memakan waktu yang cukup lama.

  1. Melalui Mesin Pencari

Apabila sudah memilih browser yang diinginkan silahkan buka melalui mesin pencarian seperti Google, lalu masukkan kata kunci “Portal NISN Kemdikbud RI lalu tekan enter dan tunggu proses pencarian hingga beberapa saat.



  1. Masuk ke Laman NISN Kemdikbud

Atau apabila anda kesulitan dalam menggunakan mesin pencarian, karena biasanya mesin pencarian akan mengarahkan pada laman atau situs lainnya. Maka dari itu alternatif lain adalah dengan cara memasukkan link URL NISN kemendikbud melalui link https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ lalu klik enter dan tunggu proses pencarian data .

  1. Cek Data Lengkap Siswa dengan Ketentuan yanga Berlaku

Untuk mencari data siswa perhatikan hal – hal berikut:

  • Pastikan bahwa nama dari siswa sudah ditulis dengan ejaan yang benar sesuai dengan yang ada di akta lahir
  • Sesuaikan tempat dan tanggal lahir berdasarkan akta kelahiran
  • Pehatikan dengan baik tiga digit pertama pada angkat NISN sesuai dengan tahun lahir siswa/i
  • Jika terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam pengeinputan data, segera lapor ke pihak sekolh untuk melakukan perbaikan melalui vervalPD

Baca juga: Cara Cetak Kartu NISN

Itulah langkah – langkah untuk melakukan pengecekkan data lengkap siswa dengan tambahan sedikit penjelasan sebagai pelengkapnya.

Mungkin banyak yang sudah lancar dalam mengecek data lengkap siswa dengan mudah. Namun bagi kalian  yang masih merasa bingung ataupun kesulitan, saya harap penjelasan yang telah kami sampaikan bisa membantu.

Baca juga: Cara Daftar Emis Pontren Dan Cara Pengisian Data

Demikian rangkaian informasi tentang cara cek data siswa lengkap dengan mudah disertai dengan langkah – langkahnya.



Semoga artikel kami kali ini bisa mempermudah kalian dalam memahaminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *