Cara Cek Pengumuman Calon PPG Terbaru 2022

Posted on

Cara Cek Pengumuman Calon PPG Terbaru 2022 Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Cara Mengecek Pengeuman Calon PPG Terbaru 2022. Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan langkah – lagkah dan penjelasan yang dapat teman – teman lihat dengan mudah.



Bagi teman – teman yang berminat berkiprah atau mengabdikan diri dalam dunia pendidikan pasti teman – teman akan memilih kuliah dengan mengambil jurusan pendidikan.

Namun ternyata kuliah jurusan pendidikan saja tidak cukup. Hal ini dikarenakan teman – teman perlu mengikuti salah satu program pemerintah yang harus ditempuh setelah menyelesaikan program sarjana.

Baca juga: Cara Cek Sergur Kemdikbud Terbaru

Baca juga: Cara Cek Nomor UKG Dengan Mudah

Apa itu PPG

PPG atau kepanjangan dari Pendidikan Profesi Guru merupakan salah satu upaya atau program yang diadakan oleh pemerintah guna mempersiapkan tenaga – tenaga pendidik atau guru profesional agar lebih siap dalam mewujudkan tujuan dari pendidikan nasional.

Guru profesional di sini maksudanya adalah seorang guru yang mampu menunjukkan kemamouannya dalam melaksanakan tugasny sebagai seorang pendidik atau pengajar.

Kemampuan dari guru profesional ini dapat dilihat dari penguasaannya pada kompetensi akademik serta kompetensi substansi atau bidang studi yang sedang diampu.



PPG ini dapat diikuti bagi teman – teman yang telah lulus sarjana S1 baik pendidikan maupun non pendidikan yang memiliki minat pada dunia pendidikan.

Setelah melaksanakan pendidikan profesi keguruan ini teman – teman akan mendapatkan sertifikat tertulis sesuai dengan keahlian pendidikan yang teman – teman pilih.

Dalam mengikuti PPG, teman – teman perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu. Setelah mendaftarkan diri pada instansi perguruan tinggi yang dipilih, akan diadakan tes. Hasil tes ini lah yang akan menentukan teman – teman dinyatakan lulus atau tidak.

Baca juga: Cara Login SIM PKB Guru

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah teman – teman lulus dalam seleksi PPG atau tidak?

Simak penjelasan di bawah ini.

Cara Cek Pengumuman Calon PPG Terbaru 2022

Setelah melakukan tes, teman – teman harus mengecek apakah termasuk dalam daftar nama yang lulus seleksi PPG atau tidak. Berikut kami sajikan uraian dari langkah – langkah mengecek pengumuman calon PPG, antara lain:



(1) Mencari Nomor UKG

Hal pertama yang harus dilakukan adalah login di Aplikais SIM-PKB. Namun, login pada aplikasi SIM-PKB membutuhkan Nomor UKG atau nomor Uji Kompetensi Guru. Dalam mencari informasi perihal nomor UKG harus memperhatikan syarat – syarat berikut:

  • Memastikan bahwa teman – teman terdaftar aktif dalam Dapodik atau Data Pokok Pendidik Sekolah dan harus dipastikan bahwa data sudah sinkron dengan Dapodik Pusat.
  • Apabila Dapodik sekolah belum disinkronkan dengan dapodik Pusat, teman – teman harus menghubungi operator Dapodik Sekolah yang bersangkutan. Setelah Dapodik sekolah sinkron dengan data pada Dapodik Pusat, tunggu dengan estimasi 2 x 24 jam untuk medapatkan SIM-PKB
  • Cari dan aktivasi akun SIM-PKB teman – teaman melalui laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id/ . Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
  • Setelah itu silahkan teman – teman isi form yang harus dilengkapi. Form yang harus dilengkapi memuat nama, provinsi, dan kota asal. Kemudian silahkan klik tombol Cari GTK seperti gambar di bawah ini.
  • Lalu scroll ke bagian bawah laman untuk melihat pencarian, silahkan lihat nomor UKG teman – teman pada gambar di bawah ini.

Baca juga: Cek SK Tunjangan Sertifikasi Guru 2021/2022

(2) Panduan Registrasi Akun SIM-PKB

Langkah selanjutnya setelah teman – teman menemukan nomor UKG, langkah selanjutnya adalah registrasi akun SIM-PKB. Akun SIM-PKB ini digunakan untuk dapat masuk dan mengikuti Program Banpem S1.

Leave a Reply

Your email address will not be published.