Cek SK Tunjangan Sertifikasi Guru 2021/2022

Posted on

Cek SK Tunjangan Sertifikasi Guru 2021/2022 – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Cara Mengecek Surat Keterangan Sertifikasi Guru 2021/ 2022. Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan langkah – langkah disertai dengan penjelasan yang dapat teman – teman lihat dengan mudah.



Baca juga: Tunjangan Profesi Guru Pendidik

Sertifikasi Guru

Sergur atau Sertifikasi Guru merupakan sebuah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi standar kelayakan atau profesionalisme dalam menjadi seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Sertifikasi guru juga menjadi salah satu bentuk upaya dari pemerintah untuk meningkatkan mutu dari tenaga pendidik atau guru yang telah diatur oleh pemerintah pusat melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Permendikbud.

Untuk mendapatkan seritifikasi guru harus melalui beberapa tahap uji kompetensi yang harus dilalui oleh para guru.

Dan setelah guru memperoleh sertifikat pendidik, maka guru tersebut sudah dinilai layak atau profesional dalam menciptakan dan melaksanakan sistem pendidikan yang lebih berkualitas untuk mencapai tujuan dari pendidikan Indonesia.

Sertifikasi guru tentunya memiliki tujuan tersendiri dalam pembuatannya.



Baca juga: Cara Cek Pengumuman Calon PPG Terbaru 2022

Tujuan Sertifikasi Guru

Tujuan dari sertifikasi guru selain dari pada untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, ada beberapa tujuan lain dari pelaksanaan sertfikasi guru, antara lain sebagai berikut:

  1. Srtifikasi guru dapat meningkatkan martabat guru sebagai pendidik di dalam dunia pendidikan
  2. Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas dan mutu dari proses kegiatan belajar mengajar
  3. Sebagai upaya mweujudkan tujuan pendidikan dengan cara menentukan kelayakan untuk guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pendidik
  4. Memberikan standar profesionalisme guru dalam pembelajaran
  5. Melindungi profesi guru atau pendidik dan tenaga kependidikan
  6. Membantu dalam melindungi lembaga penyelanggara pendidikan dengan memberikan instrumen dan rambu – rambu untuk melaksanakan seleksi untuk pelamar yang berkompeten
  7. Membangun citra yang baik praktek yang tidak berkompeten, sehingga dapat merusak citra tenaga pendidik dan kependidikan di Indonesia

Guru yang telah memiliki sertifikasi pendidik sebagai pengharagaan sudah mengikuti sertifikasi guru dan profesionalitas akan mendapat tunjangan profesi.

Tunjangan sertifikasi ditandai dengan keluarnya status SKTP atau Surat Keterangan Tujangan Profesi Guru yang menerima tujangan yang diterbitkan oleh admin simtun pusat.

Lalu bagaimana cara mengecek info SKTP atau Surat Keputusan Tunjangan Profesi guru? Mari simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Cara Cek Nomor UKG Dengan Mudah

Baca juga: Cara Membuka Info GTK Terbaru 2022

Cara Cek SK Tunjangan Sertifikasi Guru

Mungkin masih banyak teman – teman guru yang masih merasa bingung dalam cara mengecek tunjangan sertifikasi atau tunjangan profesi maka tidak keliru jika teman – teman menyimak artikel kami.

Apabila pada tahun – tahun sebelumnya dalam mengakses SKTP atau Surat Keputusan Tunjangan Profesi bisa dilihat melalui info GTK, saat ini SKTP dapat dilihat dengan menggunakan link SIM-PKB. SIM-PKB ini hanya dapat diakses oleh guru yang bersangkutan.



Guru yang belum memiliki sertifikasi juga dapat mengakses link SIM-PKB untuk mengecek keakuratan data pribadi yang berhubungan dengan kepentingan instansi sekolah masing – masing.

Sebelum masuk dalam langkah – langkah cara mengecek SKTP, ada beberapa hal yang perlu teman – teman siapkan terlebih dahulu.

  • Yang pertama, teman – teman harus menyimapkan email beserta password dari akun SIM-PKB yang telah anda miliki
  • Yang kedua, teman – teman harus menyiapkan email beserta password dari akun dapodik sekolah. Akun dapodik sekolah bisa teman – teman dapatkan dengan cara menghubungi operator di sekolah masing – masing.

Berikut kami sajikan uraian langkah – langkah dari cara mengecek SKTP atau Surat Keputusan Tunjangan Profesi Guru, antara lain sebagai brikut:

  1. Langkah pertama, silahkan teman – teman mengunjungi laman https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login . Setelah itu maka akan muncul tampilan gambar seperti di bawah ini.
  2. Langkah kedua, silahkan teman – teman mengisi form yang ada pada tampilan tersebut. Form yang perlu diisi adalah email dan password atau kata sandi dari akun SIM-PKB. Lalu klik Login.
  3. Setelah teman – teman Login, silahkan teman – teman crai fitur Layanan Info GTK lalu klik gambar fitur tersebut, atau klik pada bagian yang telah ditandai seperti tampilan gambar di bawah ini.
  4. Setelah teman – teman klik fitur Layanan Info GTK teman – teman akan menemui tampilan seperti gambar di bawah ini.
  5. Kemudian silahkan teman – teman isi dan lengkapi kolom pada akun PTK pada Dapodik dengan cara memasukkan email dan password yang teman – teman miliki pada aplikasi Dapodik. Jika sudah, silahkan tulis kode angka yang telah disediakan pada tampilan laman tersebut. Lalu klik Login. Perhatikan gambar di bawah ini.
  6. Jika pada tampilan setelahnya teman – teman mendapati kata Valid pada bagian data yang teman – teman input, itu artinya data teman – teman sudah aman dan siap untuk menerima SKTP atau tunjangan sertifikasi.
  7. Namun, apabila pada tampilan setelahnya teman – tema medapati kata Belum Valid pada bagian data yang teman – teman input, maka itu artiya data belum aman atau masih ada yang perlu diperbaiki hingga keterangan data berubah menjadi Valid.
  8. Selesai.

Mungkin banyak teman – teman guru yang meneriman tunjangan sertifikasi yang masih merasa bigung atau mengalami kesulitan dalam melakukan pengecekkan SKTP atau Surat Keputusan Tunjangan Profesi guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *