Cara Download Rapor Mutu PMP 2017

Posted on

Download Rapor Mutu PMP – Peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan sekarang ini adalah tanggung jawab dari seluruh komponen dalam satuan pendidikan. Peningkatan mutu dalam satuan pendidikan tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya budaya mutu pada seluruh komponen sekolah.



Untuk dapat meningkatkan mutu sekolah secara menyeluruh maka dibutuhkan pendekatan khusus dengan tujuan supaya semua komponen yang ada di sekolah bersama-sama memiliki budaya mutu. Sehingga dalam hal ini diperlukan program Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan di setiap sekolah di seluruh Indonesia dengan  pendekatan yang melibatkan semua komponen sekolah atau whole school approach.

Baca juga: Pedoman Penilaian Guru Kurukulum 2013

Supaya penjaminan mutu bisa berjalan dengan baik di masing-masing pengelolaan pendidikan dasar dan menengah, kini sudah dikembangkan suatu sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah pada sebuah aplikasi khusus yang digunakan untuk  pemetaan mutu pendidikan. Maka dari itu, tercipta sebuah aplikasi PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) yang teringretasi dengan dapodik.

Dengan adanya aplikasi PMP, pemerintah sangat berharap bahwa aplikasi ini bisa memfasilitasi satuan pendidikan untuk menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan sesuai dengan standar yang telah diberlakukan oleh pemerintah.

Selain itu, keberadaan aplikasi PMP juga bertujuan untuk semakin memperkuat upaya satuan pendidikan dalam memberdayakan pendidikan yang bermutu berdasarkan kebutuhan yang sesuai dengan kondisi lapangan. PMT nantinya dapat memberikan hasil output yang akan digunakan sebagai peta mutu, rekomendasi program, pendampingan dan penguatan, monitoring dan evaluasi, serta pelatihan yang berkaitan dengan peningkatan aspek mutu.

Nah, pada tanggal 20 Oktober 2017 yang lalu merupakan batas akhir pengiriman data PMP untuk tahun ajaran 2017/2018. Dengan ditutupnya pintu server maka seluruh sekolah berarti dianggap telah menyelesaikan kuesioner PMP. Dengan begitu, server akan langsung memproses semua data kuesioner PMP yang sudah masuk sehingga nantinya dapat diketahui rapor mutu PMP setiap sekolah.



Rapor mutu PMP  (Penjaminan Mutu Pendidikan) pada masing-masing sekolah dapat dilihat dengan mudah melalui website resmi PMP di http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id  yang dimana Anda harus login sebagai operator sekolah.

Sebenarnya rapor mutu PMP tidak hanya bisa dilihat saja, namun bisa dicetak atau bisa juga diunduh sebagai arsip administrasi sekolah. Sedangkan untuk download rapor mutu PMP 2017  bisa Anda dapatkan dengan mengakses melalui alamat berikut ini http://118.98.228.27/rnpk/index.php.

Penting untuk diketahui bahwa  raport mutu memang harus dicetak. Hal ini karena rapor mutu yang dicetak nantinya akan dijadikan sebagai laporan ke intansi yang terkait dan merupakan dokumen penting bagi sekolah yang bisa digunakan sebagai bahan evaluasi diri sekolah.

Dengan adanya rapor mutu sekolah maka nanti dapat mengetahui kekurangan atau kelemahan sehingga akan memudahkan sekolah untuk menentukan kebijakan pada tahun-tahun selanjutnya.

Bagi operator sekolah yang ingin mendownload ataupun mencetak rapor mutu PMP, maka blog gurupengajar.com pada kesempatan kali ini akan menjelaskan bagaimana cara mendownload dan mencetak rapor mutu sekolah melalui website PMP dikdasmen kemendikbud go id.

Cara Download Rapor Mutu PMP 2016, 2017, 2018

Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana cara download raport mutu PMP dengan mudah:



Langkah Ke 1: Silahkan Anda login terlebih dahulu pada raport mutu PMP dengan menggunakan dapodik sekolah, dalam hal ini yang berperan untuk login adalah operator sekolah. (Alamat login: http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/rnpk/index.php). Untuk user login yang digunakan harus sama dengan email dan password dapodik.

Langkah Ke 2: Pada bagian beranda rapor mutu, silahkan Anda ketikkan nama sekolah Anda pada form sekolah, cukup Anda masukkan 3 huruf saja sehingga secara otomatis akan langsung tampil nama sekolah Anda.

Langkah ke 3:  Jika Anda ingin mendownload rapor PMP tahun 2018 sekolah, silahkan Anda arahkan menuju ke laman bawah lalu pilih tahun 2018. Selanjutnya langsung saja klik tombol “Export Excel” dan tunggu hingga proses download selesai.

Langkah ke 4: Pada gambar di bawah ini merupakan contoh rapor mutu PMP sekolah yang telah berhasil di download. Ini merupakan rapor mutu tahun 2018 yang sudah memiliki tampilan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *