Cara Login PIP SD, SMP, SMA Dan SMK

Posted on

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus diperhatikan untuk bisa mendapatkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), yaitu:



  1. Siswa bisa melakukan pendaftaran di lembaga pendidikan terdekat dengan membawa KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) milik orangtua. Atau untuk lebih mudahnya juga bisa langsung melapor ke sekolah dimana siswa tersebut sekolah.
  2. Apabila orang tua siswa tidak memiliki KKS, orang tua bisa meminta SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) yang bisa didapatkan dari RT/RW dan kelurahan. Namun sebaiknya didapat langsung dari kelurahan/desa.
  3. Sekolah akan melakukan pendataan pada siswa yang kemudian dikirimkan langsung ke Dinas Pendidikan kota setempat.
  4. Khusus untuk sekolah yang masih berada dalam naungan Kemendikbud maka diharuskan untuk memasukkan data siswa pada aplikasi Dapodik.
  5. Jika siswa sudah lolos dalam pendaftaran, maka pengambilan dana bantuan PIP bisa dilakukan secara perorangan ataupun kolektif. Pengambilan kolektif dilakukan untuk siswa yang tinggal di daerah yang sulit mengakses bank.

Kewajiban Penerima PIP

Jika sudah berhasil mendapat bantuan PIP, maka berikut ini adalah beberapa kewajiban yang penting untuk diperhatikan:

  • Menyimpan dan menjaga KIP dengan baik,
  • PIP (Program Indonesia Pintar) adalah bantuan pendidikan. Sehingga manfaatnya harus benar-benar digunakan untuk kebutuhan yang relevan,
  • Terus belajar dan bersekolah (jangan sampai putus sekolah) dengan rajin, disiplin dan tekun.

Baca juga: Cara Cek SKTP Dan Info GTK Terbaru

Cara Login PIP SD, SMP, SMA, dan SMK Terbaru

Pip.kemdikbud.go.id adalah website resmi yang bisa digunakan untuk cek status penerima dana batuan PIP tahun 2021. Jika Bapak dan Ibu ingin mengetahui bagaimana cara login PIP maka berikut ini adalah alamat yang aktif dan bisa digunakan.

Untuk bisa login ke website PIP bisa Anda lakukan dengan melalui link di bawah ini:

1. SD : User login = (Akun dapodik + NPSN), adapun Link login menuju ke alamat berikut = http://pipsd.kemdikbud.go.id/manajemen/index.php/Auth/LogSekolah

2. SMP User loginnya (NPSN + KODE REGISTRASI DAPODIK huruf kapital), adapun http://sekolah.sipintar.web.id

3. SMA user login : (Akun Dapodik + Token), untuk alamat login pip sma silahkan ke website berikut : http://pip.psma.kemdikbud.go.id



4. SMK User login (Akun Dapodik) link login pip SMK adalah alamat web berikut : http://pipsmk.ditpsmk.net/siip/pages/auth/login.php

Cara Melihat Daftar Siswa Penerima PIP

Pada tahun 2021 ini sekolah sudah bisa melihat atau melakukan pengecekan secara mandiri daftar siswa yang berhak mendapat bantuan PIP dengan melalui website resminya. Dengan demikian maka tidak perlu bingung lagi untuk menunggu informasi dari dinas pendidikan.

Pencarian dana bantuan PIP setiap tahun akan diterima pertahap oleh siswa. Jika Anda masih belum mengetahui bagaimana cara mengecek nama penerima bantuan PIP tahun 2021, berikut ini kami akan jelaskan langkah-langkahnya.

  1. Pertama Anda harus login terlebih dahulu di website PIP dengan melalui link berikut (seperti misalnya cek penerima PIP SMP) maka Anda bisa login ke link berikut: https://pip.kemdikbud.go.id/smp/sekolah/
  2. Pada form login admin PIP, silahkan Anda masukan username dengan NPSN sekolah dan juga password kode registrasi dapodik. Apabila kepala sekolah juga ingin melakukan pengecekan maka bisa langsung meminta kode tersebut ke operator sekolah. Apabila sudah di entri maka langsung saja klik tombol SIGN IN.
  3. Pada halaman berikutnya, sekolah bisa mencetak daftar nama siswa yang mendapat bantuan PIP. Adapun caranya adalah dengan memilih tahun PIP dan status pencarian, jika sudah maka klik tombol Download. Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Mengajukan Bantuan PIP Di Dapodik

1.  Masuk ke Dapodik

Pertama, silakan pihak operator sekolah (BK/TU yang ditugasi sekolah) untuk login ke aplikasi dapodik terbaru versi 2020 (versi 2021a)

2. Cari Nama Siswa



Langkahnya adalah, silakan anda klik peserta, kemudian cari nama siswa yang akan diajukan menerima PIP dan klik namanya. Kemudian, klik “ubah” untuk ubah data pengajuan atau perubahan.

3. Pengajuan PIP atau KIP

Setalah itu, maka akan diarahkan pada tampilan seperti dibawah ini.

Setalah itu, silakan gulirkan (scroll) sampai bawah sampai ketemu tampilan seperti diatas. Nantinya, anda disuruh untuk mengisi beberapa pilihan antara lain sebagai beriku.

  1. Penerima PKH/KKS (apakah siswa/keluarga penerima PHK/KKS ? jika iya maka pilih iya dan jika tidak pilih tidak sesuaikan dengan kondisi yang ada).
  2. Apakah punya KIP (apakah siswa yang bersangkutan punya KIP, jika punya klik iya dan tidak punya klik tidak).
  3. Apakah peserta diajukan layak diajukan PIP? (nah diisini lah untuk mengajukan siswa. Jika memang layak diajukan maka diajukan saja walaupun tidak memiliki KIP atau PKH/KKS tidak masalah).

Ada pertanyaan bagaimana cara mendapatkan kip tanpa KPS ?

Apabila tidak memiliki KIP/PKH/KKS, nanti akan muncul alasan layak PIP, silakan diisi dengan dari keluarga tidak mampu secara ekonomi, atau alasan lain sesuai kondisi.

Langkah terkahir adalah simpan

4. Update Data Kesejahteraan

Langkah terkahir lagi, bagi yang tadi saat mengisi langkah ketiga mempunyai KIP, PKH, atau Kartu KKS. Maka silakan di update di dengan memilih menu “Kesejateraan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *