Cara Login Sispena Terbaru 2022

Posted on

Cara Login Sispena Terbaru – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Cara Untuk Login di SISPENA atau Sistem Penilaian Akreditasi yang terbaru.



Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan langkah – langkah disertai dengan penjelasan yang dapat teman – teman lihat dengan mudah.

Dalam dunia pendidikan, penilaian sangat diperlukan dalam mengetahui keberhasilan dari proses pembelajaran. Seiring berkembangnya jaman di era digital ini, dapat mengubah hal yang yang dikerjakan secara manual mampu dikerjakan dengan cara digital (lebih mudah, cepat, dan efisien).

Salah satunya adalah dalam dunia pendidikan ini. Kini dalam melakukan penilaian akreditasi sekolah atau madrasah dapat dilakukan menggunakan aplikasi yang dapat diakses secara online.

Aplikasi tersebut disebut dengan Sispena. Hal ini tentunya menjadi hal baik bagi perkembangan dunia pendidikan. Sebelum itu, mari kita simak penjelasan tentang sispena terlebih dahulu.

Baca juga: Bukti Fisik Standar Penilaian Akreditasi SMP

Sispena Sekolah/ Madrasah

Sispena merupakan kepanjangan dari Sistem Penilaian Akreditasi, yang mana sistem ini mejadi informasi penilaian akreditasi yang berbasis website. Aplikasi Sispena dibuat serta dikelola oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah atau disingkat dengan BAN S/M.



Aplikasi Sispena dapat diakses menggunakan komputer atau laptop dan juga bisa diakses menggunakan Hand Phone/ Smart Phone serta tablet.

Aplikasi juga dapat diakses kapan saja dan dimana saja selama komputer/ laptop atau Smart Phone yang digunakan terhubung dengan jaringan internet.

Dengan adanya aplikasi sispena ini sangat memudahkan bagi pihak sekolah atau madrasah serta asesor saat melaksanakan tugasnya dalam proses akreditasi.

Kinerja proses akreditasi akan jauh lebih cepat karena prosesnya tidak lagi dilakukan secara manual melainkan dilakukan secara online.

Baca juga: Bukti Fisik Akreditasi Paud 2022 Lengkap

Baca juga: Bukti Fisik Akreditasi SD / MI Lengkap

Level User Aplikasi Sispena

Dalam aplikasi Sispena ini terdapat berbagai macam jenis user yang dapat mengakses aplikasi Sispena. Berbagai user tersebut dibedakan menjadi 4 (emapat) level yaitu level sekolah, level asesor, level BAP, dan yang terakhir level admin. Uraian dari 4 level di atas adalah sebagai berikut:

  1. Level Sekolah

User level sekolah ini digunakan oleh operator/ administrator yang mewakili masing – masing satuan pendidikan (sekolah/ madrasah).



Pada level ini terjadi penginputan data dari pihak sekolah ataupun madrasah . Pada level sekolah ini juga melakukan simulasi penilaian evaluasi dan lain sebagainya.

  1. Level Asesor

Level asesor merupakan akun yang dimiliki oleh seorang asesor. Akun ini digunakan untuk mengetahui suatu instansi atau satuan pendidikan (sekolah/ madrasah) mana saja yang telah melaksanakan pengisian kelengkapan data di aplikasi Sispena yang menggunakan user sekolah.

  1. Level BAP

Level BAP atau Berita Acara Pemeriksaan ini merupakan akun/ hak akses yang dimiliki oleh admin BAP

  1. Level Admin

Level admin merupakan level paling tinggi pada akun atau hak akses di situs Sispena. Pada level admin, seorang admin dapat mengakses seluruh isi/ konten website termasuk juga melakukan contro web dan maintance web pada situs Sispena.

Baca juga: Cara Login Dan Download E-Rapor SMA

Manfaat Sispena

Dengan dibuatnya Aplikasi Sispena tentu memiliki tujuan yang menghadirkan manfaat tersendiri dalam pembuatannya. Untuk lebih jelasnya manfaat dari Sispena, akan kami jabarkan melalui uraian – uraian adalah sebagai berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published.