Cara Login Sispena Terbaru 2022

Posted on

(1) Aplikasi ini digunakan sebagai aplikasi yang membantu melakukan proses pendataan bagi sekolah ataupun madrasah yang akan diakreditasi.



(2) Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengirimkan berkas – berkas ataupun dokumen yang menjadi persyaratan/ perlu dilengkapi guna melakukan akreditasi secara online.

Dengan adanya aplikasi Sispena ini, persyaratan berupa berkas – berkas ataupun dokumen tidak perlu dikirimkan dalam bentuk print out atau secara offline. Melainkan, dapat dikirim dengan menggunakan aplikasi Sispena dengan cara menguploadnya di aplikasi Sispena.

(3) Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Aplikasi Sispena merupakan aplikasi yang digunakan untuk menilai sekolah atau madrasah yang akan diakreditasi. Seluruh instrumen yang digunakan untuk melakukan penilaian terhadap sekolah – sekolah dimuat di dalam aplikasi Sispena.

Bagi sekolah yang akan diakreditasi dapat mengakses aplikasi Sispena melalui operator atau kepala sekolah atau guru yang telah diberikan kewenangan oleh sekolah/ madrasah untuk mengoperasikan aplikasi tersebut.

Aplikasi Sispena diisi dengan cara sekolah/ madrasah menjawab pertanyaan dari instrumen penilaian yang terdapat di dalam Sispena. Lalu asesor akan mengecek serta mengoreksi hasil dari jawaban sekolah/ madrasah.

Setelah itu asesor akan menyinkronkan antara jawaban dari hasil pengisian instrumen akreditasi dengan menggunakan bukti – bukti dari berkas – berkas ataupun dokumen yang telah diupload.



(4) Melalui analisa dari hasil jawaban – jawaban yang tekah diberikan oleh sekolah/ madrasah yang akan diakreditasi, Aplikasi Sispena melakukan penilaian secara cepat dan otomatis.

Jawaban – jawaban tersebut merupakan hasil dari pengumpulan data dari pertanyaan instrumen – instrumen serta berkas – berkas atau dokumen yang telah diupload ke dalam aplikasi oleh pihak Sispena sehingga asesor tidak perlu lagi menghitung hasil akhir.

Hal ini dikarenakan semua sudah dilakukan secara otomatis.

Baca juga: Materi SPMI SMP Tahun 2018

Cara Login Aplikasi Sispena

Bagi kepala sekolah/ operator sekolah/ guru ataupun asesor mungkin masih banyak yang bingung dengan bagaimana cara Login di Aplikasi Sispena ini. Kami akan menjabarkan uraian – uraian dari langkah – langkah cara Login di Aplikasi Sispena.

Langkah – langkah Login Aplikasi Sispena adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, silahkan akses link URL: http://bansm.kemdikbud.go.id pada halaman browser komputer masing – masing.
  2. Lalu akan muncul tampilan awal dari laman Login di Aplikasi Sispena, untuk tampilan halaman bisa saja tidak sama persis.
  3. Silahkan teman – teman lengkapi form yang tertera yaitu user dan juga password. Isi bagian kolom user dengan NPSN atau Nomor Pokok sekolah Nasional.
    Lalu pada bagian password default juga diisi degan nomor NSPN yang sama. Perhatikan gambar di bawah ini:
  4. Setelah melengkapi kolom user dan juga kolom password. Sekarang silahkan tulis kode seperti yang tertera di layar masing – masing.
    Penulisan kode ini harus ditulis dengan sama persis, perhatikan besar kecilnya huruf, angka, serta spasi jika ada.
    Apabila dirasa kode tidak terlalu jelas maka coba klik pada tulisan di sini untuk mengganti kode agar mendapatkan kode yang lebih jelas dan mudah dibaca lagi.
  1. Lalu selanjutnya klik Login
  2. Apabil sudah berhasil masuk maka akan ditunjukkan laman yang berisikan form identitas sekolah yang telah terisi (sebagian besar) oleh Dapodik.
  3. Dikhususkan bagi tingkat pendidikan sekolah menengah jenjang SMK, ada form untuk program keahlian khusus. Program keahlian khusus ini dapat ditulis lebih dari 1 (satu) keahlian program.
  4. Selanjutnya silahkan isi bagian yang wajib diisi, yakni status akreditasi terakhir dari sekolah, tahun akreditasi, serta visi dan misi yang dimiliki oleh sekolah.
  5. Jika sudah melengkapi semuanya, silahkan klik Submit.
  6. Setelah mengeklik Submit, selanjutnya dipersilahkan untuk klik Menu Data Isian Akreditasi atau yang disingkat dengan DIA. Tombol DIA berada di samping sebelah kiri untuk memulai proses penginputan data.
  7. Data – data yang perlu diisi dan dilengkapi pada kolom isian akreditasi, di antaranya adalah Pernyataan Kepala Sekolah/ Madrasah, Pemutakhiran Data, Prasyarat Akreditasi, Data Isian Akreditasi, dan kartu kendali.
  8. Teman – teman telah selesai Login, sekarang teman – teman bisa mengakses susuai dengan kebutuhan masing – masing.

Baca juga: Contoh Administrasi Sekolah SD, SMP, SMA

Mekanisme Akreditasi Sekolah/ Madrasah

Dalam melakukan akreditasi pada sekolah tentunya tidak secara tiba – tiba langsung naik tingkat akreditasinya, melainkan harus melewati beberapa tahapan. Tahapan – tahapan tersebut kami uraikan sebagai berikut:



  1. Menetapkan Sasaran Sekolah/ Madrasah

Dalam hal ini BAN-S/M perlu menetapka jumlah dari satuan pendidikan yangakan diakreditasi di setiap wilayah provisnsi.

  1. Sosialisai dan Menyampaikan Perangkat Akdreditasi

Tujuan dari kegiatan sosialisasi dan menyiapkan perangkat akreditasi ini adalah untuk mempersiapkan sekolah/ madrasah dalam mengikuti akreditasi dengan cara memperlajari perangkat dari akreditasi, mempelajari tahapan serta jadwal pelaksnaan, mempelajari tugas dan tanggung jawab sekolah/ madrasah, serta mengisi instrumen dan mengisi kelengkapan data pendukung.

  1. Pengisian dan Pengiriman Instrumen Akreditasi

Pada tahap ini sekolah melakukan pengisian data secara online pada Aplikasi Sispena yang memuat instrumen akreditasi, instrumen pengumpuln data dan informasi pendukung, serta disesuaikan dengan kondisi riil di sekolah.

  1. Penetapan Kelayakan Sekolah/ Madrasah dan Penugasan Asesor

Pada tahap ini BAN-S/M melakukan pengunduhan serta evaluasi hasil isian akreditasi dari sekolah/ madrasah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjamin bahwa sekolah/ madrasah yang akan divisitisasi telah memenuhi kelayakan.

  1. Visitasi ke Sekolah/ Madrasah

Visitasi merupakan kegiatan isian instrumen akreditasi dengan verifikasi dan juga klarisikasi.

  1. Validasi Proses dan Hasil Visitasi

Pada tahap ini asesor melakukan visitasi serta memberikan laporan pada BAN S/M, yang mana hasil dari visitasi tersebut akan divalidasi. Setelah divalidasi akan menjamin proses dan hasil dari akreditasi yang dapat dipertanggung jawabkan.

  1. Verifikasi Hasil dan Penyusunan Rekomendasi

Kegiatan pada tahap in dilakukan agar hasil dari akreditasi benar – benar objektif dan sesuai dengan keadaan riil sekolah

  1. Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreitasi

Pada tahap ini hasil beserta dengan rekomendasi dari akreditasi sekolah/ madrasah ditetapkan melaui rapat pleno BAP S/M yang diresmikan dalam surat keputusan

  1. Penerbitan dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi

Pada tahapan ini dilakukan dengan tujuan sebagai bukti status dan peringkat akreditasi yang telah dicapai oleh sekolah ataupun madrasah.

  1. Sosialisasi Hasil Akreditasi

Keiatan pada tahap ini dilakukan dengan cara seminar, media massa, website, compactdisk,  serta media lainnya. Hasil akreditasi akan disosialisasikan oleh BAN S/M dan BAP S/M kepada masyarakat agar masyarakat mendpat informasi tentang status peringkat akreditasi.

Baca juga: Jurnal Kelas Harian Guru K13 SD, SMP, SMA

Leave a Reply

Your email address will not be published.