Cara Membuat Latar Belakang

Cara Membuat Latar Belakang Masalah – Membuat latar belakang adalah salah satu hal yang harus dikerjakan oleh para pelajar ataupun mahasiswa saat mendapatkan tugas untuk menyusun makalah, karya ilmiah, atau skripsi. Sebab, dalam mengerjakan tugas tersebut harus dicantumkan latar belakang pada bab pendahuluan.

Namun banyak sekali pelajar atau bahkan mahasiswa yang masih belum mengetahui apa itu latar belakang dan bagaimana cara membuat latar belakang. Biasanya mereka copy paste latar belakang dari google jika mendapat tugas untuk membuat makalah. Oleh karena itulah latar belakang yang mereka cantumkan dalam makalah tidak sesuai dengan isi makalah tersebut. Bahkan penulisannya pun masih banyak yang salah.

Maka dari itu, sebagai pelajar atau mahasiswa sudah seharusnya anda mengetahui bagaimana cara membuat latar belakang yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan mahasiswa atau pelajar merupakan orang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan sehingga akan sering berjumpa dengan latar belakang.

Baca juga : Contoh Latar Belakang Pendidikan

Pengertian Latar Belakang

Perlu anda ketahui bahwa setiap permasalah yang ada dalam sebuah makalah atau karya ilmiah, itulah yang dinamakan dengan latar belakang yang harus diatasi dengan cara mencari solusi permasalahan. Latar belakang adalah suatu dasar atau titik tolak yang memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai sekumpulan informasi yang sudah disusun secara terstruktur dan sistematis oleh penulis. Latar belakang ini harus saling berkesinambungan dengan masalah yang sedang dihadapi oleh penulis terhadap karya yang ditulisnya.

Maka dari itu, latar belakang yang baik dan benar adalah latar belakang yang mempunyai alasan yang menurut pikiran dan pertimbangan yang logis atau bisa juga disertakan dengan data dan fakta yang mendukung. Penulis diharuskan untuk mencantumkan referensi mengenai karya tulisnya sehingga tidak akan ada kesamaan dengan tema yang sudah digunakan oleh penulis lain.

Bagi pembaca, latar belakang akan menjadi sebuah dasar yang sangat dibutuhkan. Sebab, jika pembaca sudah membaca latar belakang sebuah karya tulis maka anda dapat mengetahui apa isi dari karya tulis tersebut. Salah satu kelebihan dicantumkannya latar belakang adalah pembaca dapat mengetahui apa yang diteliti oleh penulis tersebut.

Dalam menyusun latar belakang, penulis akan membutuhkan faktor yang mendukung yang terdapat dalam contoh latar belakang tersebut. Sebab dengan adanya faktor yang mendukung dalam latar belakang maka anda akan lebih mudah untuk mempelajari ataupun membuat latar belakang yang baik dan benar. Dalam menyusun latar belakang yang baik dan benar, ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan harus ada dalam penulisan latar belakang :

  • Dalam penulisan latar belakang harus ada kondisi baik atau ada sesuatu baik yang diharapkan entah itu dalam permasalah khusus ataupun permasalahan umum. Dimana, kondisi baik tersebut harus terlampir didalam visi dan misi yang ingin diraih.
  • Dalam penulisan latar belakang, kondisi aktual yang saat itu terjadi juga harus disertakan. Umumnya kondisi aktual tersebut akan menjelaskan kondisi yang sedang terjadi dalam suatu masyarakan dan sedang dibahas.
  • Dalam penulisan latar belakang harus bisa menemukan jalan keluar suatu masalah atau solusi dari permasalahan yang sedang diangkat.

Cara Membuat Latar Belakang

Anda juga perlu mengetahui beberapa poin penting dalam penulisan sebuah karya ilmiah. Beberapa poin yang akan kami tulis dibawah ini akan membuat anda menjadi terinspirasi sehingga anda bisa membuat latar belakang yang baik dan benar. Adapun beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam menulis latar belakang suatu karya ilmiah, makalah, laporan dan karya tulis lainnya adalah sebagai berikut :

Bertindak Sebagai Detektif

Apabila anda bertindak sebagai detektif tentunya akan memudahkan anda dalam menemukan suatu masalah atau opini yang sedang terjadi disekitar anda. Anda pun tidak perlu repot-repot menggunakan kaca detektif atau jubah pendeteksi. Yang harus anda lakukan hanyalah meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar untuk dapat menemukan sebuah isu yang sedang terjadi dan hangat diperbincangkan.

Contoh :

Jika anda sedang berjalan di area taman kampus, tempat wisata, ataupun disebuah keramaian. Tentunya anda akan melihat banyak orang melakukan kegiatan yang berbeda. Dari tempat itulah anda akan menemukan beberapa isu yang pantas untuk diangkat menjadi sebuah permasalahan.

Misalnya saja, perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan, pelayanan yang telah diberikan oleh warga sekitar, ataupun kondisi lingkungan dari tempat tersebut kurang memadai. Banyak sekali isu yang bisa anda dapatkan hanya dengan melihat lingkungan sekitar di sebuah tempat yang besar. Yang perlu diingat adalah tingkatan rasa kepekaan anda terhadap lingkungan sekitar. Dari sinilah akan sadar lingkungan dan menemukan beberapa isus yang akan dicari cara penyelesaiannya.

Mengetahui Fakta Permasalah

Selanjutnya adalah bagaimana cara memikirkan suatu fakta atau masalah yang sedang dijadikan  sebagai fokus masalah. Dengan cara menemukan sebuah permasahan yang sedang terjadi. Dengan begitu maka anda akan menuliskan dan mengurutkan fokus masalah yang sedang terjadi saat itu dan masalah yang mendatang dengan mudah.

Dengan melihat kesengajaan yang terjadi antara hal satu dengan hal yang lainnya ataupun hal yang diharapkan terhadap sebuah kenyataan yang terjadi di masa itu merupakan cara untuk dapat mengetahui suatu masalah yang diangkat. Isilah ini disebut dengan das sollen – das sein. Agar bisa menemukan suatu fakta dalam sebuah permasalah, hal yang bisa anda lakukan adalah dengan menulis poin-poin penting dalam sebuah kertas.

Menemukan Fokus Permasalahan

Menemukan fokus permasalah merupakan langkah yang harus dilakukan setelah menganalisis dan mempertimbangkan fakta yang sedang terjadi dan anda cari permasalah dan solusinya. Fakta ini harus dipertimbangkan lagi dengan baik terhadap suatu fakta dan sebuah permasalah yang  sedang ditulis.

Oleh sebab itu, langkah berikutnya adalah dengan mencari fokus suatu masalah yang sudah ditentukan berdasarkan dua pembahasan sebelumnya yakni bertindak sebagai detektif dan mengetahui fakta dari masalah tersebut. Dalam menentukan fokus permasalah ini maka anda harus dapat menganalisis fakta yang diangkat dengan unik dan menarik sehingga enak untuk dibahas. Selain itu, anda juga harus memberikan isu atau opini yang aktual atau benar-benar terjadi.

Jangan sampai membuat suatu permasalah yang tidak aktual atau fiktif. Karena perlu anda ketahui bahwa dengan adanya hal tersebut maka akan membuat anda mengalami kesulitan dalam melakukan penelitian ketahap berikutnya.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan memberikan sebuah contoh. Contoh dibawah ini mengangkat sebuah tema yang sedang gencar di masyarakat yakni “Kebijakan Asuransi BPJS Di Indonesia”

Masalah yang sedang terjadi :

  1. Sosialisasi
  2. Pelayanan
  3. Pengurusan berkas
  4. KTP ganda
  5. Ruang lingkup
  6. Jamkesmas dan Jamkesda

Contohnya, anda mendapatkan sebuah contoh permasalahan yang terjadi di masyarakat dan anda pun sudah berhasil untuk menemukan enam masalah yang berkaitan dengan asuransi BPJS. Oleh sebab itu, dari keenam permasalahan yang sudah anda temukan, maka tentukan satu permasalah dari kasus tersebut yang menurut anda paling krusial dan penting untuk dibahas.

Penjelasan Masalah

Topik yang sedang Anda angkat harus terkait dengan permasalahan yang Anda pilih dalam menjelaskan latar belakang. Dari sini bisa disimpulkan bahwa ada dua jenis penjelasan mengenai masalah yang Anda angkat.

Anda akan merasa dipermudah dalam menyusun dengan baik latar belakang dengan cara membuat sebuah kerangka penyusunan latar belakang yang sesuai dengan permasalahan yang akan anda cari solusinya.

Terdapat dua jenis penjelasan mengenai isu yang perlu Anda ketahui dalam latar belakang, yaitu penjelasan dari umum ke khusus, dan penjelasan dari khusus ke umum.

Umum –> Khusus

Pada kasus kerangka umum ke khusus dalam pembuatan kasus kerangka penjelasan latar belakang karya tulis ilmiah maupun makalah. Anda bisa memulai dengan menjelaskan sesuatu yang mengandung makna umum dahulu kemudian baru menjelaskan ke khusus.

Jadi tips dan trik menulis laporan penelitian, baik itu jurnal,makalah, laporan, skripsi, maupun tesis dan disertasi, adalah seperti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Selain itu Anda  juga dapat mencari referensi lain dari buku-buku atau dari dosen Anda di kampus.

Khusus –> Umum

Pada kasus kerangka khusus ke umum dalam pembuatan kasus kerangka penjelasan latar belakang karya tulis ilmiah maupun makalah, Anda bisa memulai dengan menjelaskan sesuatu yang mengandung makna khusus dahulu kemudian baru menjelaskan ke umum. Intinya menjelaskan hal yang bersifat umum yang dampak dan hasil terkait di masyarakat luas.

Dengan demikian, penjelasan terkait contoh latar belakang yang akan di jelaskan pada latar belakang yang perlu diketahui sebelum membuat latar belakang penelitian, makalah, karya tulis ilmiah, serta latar belakang lainnya.

Cara Membuat Latar Belakang

Langkah selanjutnya setelah menentukan suatu permasalahan yang telah Anda angkat maka masih ada lagi sesuatu yang harus Anda ketahui dan harus Anda lakukan yaitu bagaimana cara membuat latar belakang yang sesuai kaidah penulisan yang benar.

Dengan demikian, Anda tidak akan pernah merasa bingung atau pusing dalam mencari dan membuat latar belakang yang telah Anda angkat sebagai permasalahan dalam penelitian Anda.

Latar belakang yang akan dibuat sebagai penjelasan awal dalam penelitian kita memerlukan penjelasan terkait alasan logis serta esensi yang akan membuat penulis tertarik dalam mengangkatnya sebagai tema dalam penjelasan didalam makalah maupun penelitian .

Contoh Latar Belakang

Setelah mengetahui beberapa kaidah dan cara membuat latar belakang suatu masalah, maka langkah selanjutnya adalah membuat sebuah latar belakang masalah laporan, skripsi, penelitian, karya ilmiah, dan makalah.

Contoh Latar Belakang Karya Ilmiah

Latar Belakang

Darah merupakan suatu cairan yang sangat lengkap, karena penting bagi manusia yang fungsinya mengangkat oksigen keseluruh tubuh, sebagai mediator respons imun terhadap adanya suatu infeksi dan berperan dalam koagulasi (McPhee dan Ganong, 2011). Darah berasal dari kata haima, yang berasal dari akar kata hemo atau hemato.

Darah adalah sejenis jaringan ikat yang sel-selnya elemen pembentuk tertahan dan dibawa dalam matriks cairan plasma. Fungsi utama darah adalah sebagai pengatur suhu, media transportasi, pemelihara keseimbangan cairan. Tidak hanya itu darah juga berfungsi sebagai pengatur keseimbangan asam dan basa.

Sel darah yang selama hidupnya tetap berada dalam tubuh yaitu disebut sel darah merah, karena sel darah merah mampu mengangkut tanpa meninggalkan salah satu fungsinya di dalam jaringan secara efektif, sedang keberadaan sel darah merah berada dalam darah akan tetapi hanya melintas saja.

Contoh Latar Belakang Laporan PKL

Pelaksanaan praktik kerja industri (prakerin) adalah sebuah pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha atau Dunia Industri yang relevan dengan kompetensi keahlian yang dimilikinya masing masing, dalam upaya meningkatkan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk masa masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti saat ini.

Contoh Latar Belakang Penilaian

salah satu kebutuhan dasar bagi setiap orang demi meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik. Keberadaan sekolah sangat penting untuk menunjang terjadinya proses belajar mengajar antara pendidik dan peserta didik.

Meskipun kurikulum 2013 dirancang untuk membentuk peserta didik yang mandiri dalam mencari informasi, bukan berarti pendidik tidak memiliki peran apa-apa.

Sebagai mahasiswa kejuruan, tentu penting bagi observer untuk mengetahui bagaimana peran pendidik ketika berada dalam kelas. Sehingga ketika observer telah terjun ke dunia pendidikan, pendidik sudah tahu langkah apa yang harus dilakukan. Karena alasan tersebutlah maka observasi ini dilaksanakan.

Observer memilih SMAN 1 sebagai mana yang tidak sedikit. Selai itu sekolah ini juga telah cukup lama menerapkan kurikulum 2013 sehingga sangat sesuai jika dijadikan sebagai objek observasi.

Contoh Latar Belakang Skripsi

Latar Belakang

Pembangunan nasional dilaksanakan dalam rangka membangun manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya. Hal ini berarti bahwa pembangunan itu tidak hanya mengejar lahiriah seperti sandang, pangan, perumahan, kesehatan, dan sebagainya atau kepuasan batiniah saja seperti pendidikan, rasa aman, bebas mengeluarkan pendapat dan sebagainya, melainkan juga keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara keduanya.

Dalam rangka menciptakan manusia seutuhnya maka pembangunan pendidikan merupakan bidang yang penting untuk mendapatkan prioritas. hubungan dengan hal tersebut, maka pendidikan memerlukan konsep yang baku sehingga pelaksanaan sistem pendidikan dapat menciptakan manusia yang siap pakai.

Berdasarkan latar belakang  di atas, maka peneliti tertarik mengangkat permasalahan tersebut untuk dilakukan penelitian dengan judul ” Pengaruh Pengawasan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Gangga Tahun Pelajaran 2007/2008″.

Demikian artikel cara membuat latar belakang yang dapat bermanfaat bagi semuanya terutama bagi para pembaca.

Leave a Comment