Cara Membuat SK (Surat Keputusan)

Posted on

Cara Membuat SK (Surat Keputusan) – Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang pengertian Surat Keputusan atau SK, tata cara pembuatan Surat Keputusan, manfaat dari Surat Keputusan, Syarat – syarat yang ada pada Surat Keputusan, Tahapan pembuatan Surat Keputusan, dan juga Contoh dari Surat Keputusan atau SK.



Bagi sebagian orang, membuat Surat Keputusan merupakan hal yang tidak sulit. Dikarenakan kebanyakan instansi sudah memiliki template tersendiri dalam pembuatan Surat Keputusan. Pada artikel ini kami telah menyediakan  penjelasan dari Surat Keputusan disertai dengan contohnya. Sehingga teman – teman akan lebih mudah dalam memahaminya.

Baca juga: Contoh Daftar Urut Kepangkatan Guru Dan PNS

Pengertian dari Surat Keputusan atau SK   

Surat Keputusan atau SK adalah sebuah bentuk penetapan secara tertulis yang dibuat oleh badan resmi, pemerintah, perusahaan, atau pejabat negara yang diatur berdasarkan pada peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Surat Keputusan atau SK ini bersifat konkrit, individual, final yang mana surat keputusan ini dapat diartikan wujud atau bentuknya, pasti atau definitive, dan tidak diperuntukkan untuk umum.

Surat Keputusan yang bersifat final dimaksudkan bahwa surat keputusan telah menjadi keputusan akhir atau menjadi solusi dari permasalahan dengan tetap berlandaskan pada peraturan yang berlaku.



Manfaat dari Surat Keputusan atau SK

Dalam pembuatan surat keputusan atau sk itu sendiri, terdapat beberapa manfaat atau kegunaan yang didapat dari surat keputusan yang dibuat secara resmi tersebut.

Beberapa manfaat dari surat keputusan adalah sebagai berikut:

  • Mendapat suatu keputusan yang bersifat final atau penetapan secara kongkrit sebagai bentuk dari solusi suatu permasalahan.
  • Mendapatkan penetapan secara resmi dari badan resmi, pemerintah, perusahaan, atau pejabat negara yang terkait.
  • Memberikan kepastian hukum perundang – undangan
  • Memberikan aspek kegalitas yang terjamin karena surat keputusan disusun secara tertulis, distempel/ ditanda tangani.

Baca juga: Format Laporan BOS Terbaru 2021-2022

Cara Membuat Surat Keputusan atau SK

Dalam membuat Surat Keputusan harus memperhatikan syarat – syarat di bawah ini

Syarat- syarat Surat Keputusan atau SK

Dalam pembuatan Surat keputusan atau SK secara resmi, tentunya tidak bisa asal – asalan. Komponen – komponen penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan surat keputusan atau SK adalah:

  1. Konsiderans

Konsiderans ini merupakan bagian dari surat keputusan yang berisi tentang pertimbangan – pertimbangan dalam pembuatan surat keputusan atau SK.



Selain itu, konsideran juga memuat landasan  hukum yang digunakan dalam pembuatan surat dan menunjukkan bagian – bagian yang harus ditulis dalam surat.

Untuk Konsiderans sendiri biasanya ditandai dengan kalimat “Menimbang.., Mengingat.., Membaca.., Mendengar.., Memperhatikan..”

  1. Desideratum

Desideratum merupakan bagian dari surat keputusan yang berisikan tentang apa saja tujuan – tujuan (untuk apa) yang harus ditulis dalam surat keputusan. Desideratum biasanya ditandai dengan kalimat “Memutuskan.., Menetapkan..”

  1. Diktum

Diktum merupakan bagian dari surat keputusan atau SK yang memuat isi dari butir – butir keputusan atau ketetapan. Diktum biasanya ditandai dengan kata – kata seperti “PERTAMA dan seterusnya”, “DIKTUM KESATU dan seterusnya”, “Pasal 1 dan seterusnya”.

Lalu dilanjut dengan bagian penutup, pada bagian penutup ini memuat tempat penetapan dan  serta tanda tangan yang menetapkan.

Seluruh persysaratan di atas harus ada dalam pembuatan surat Keputusan atau SK, karena kelengkapan dari persyaratan yang ada dalam Surat Keputusan akan mempengaruhi proses dari Surat Keputusan itu sendiri.

Tahapan Pembuatan Surat Keputusan atau SK

Secara garis besar pembuatan Surat Keputusan atau SK memiliki 2 (dua) tahapan yaitu:

  1. Pengaturan Kertas Kerja

Dalam tahap pengaturan kerja ini meliputi pengaturan dari jenis kertas yang digunakan, margins atau jarak antara tepi kertas dengan teks, jenis dan ukuran dari huruf yang digunakan dalam pembuatan surat keputusan atau SK, serta pencantuman KOP surat.

Pemberian KOP surat akan mempermudah dalam mengetahui identitas surat itu sendiri. KOP surat memuat (nama, logo, identitas dan alamat kantor lembaga pengirim surat).

  1. Pembuatan Surat Keputusan

Pembuatan surat keputusan merupakan inti dari Surat Keputusan atau SK itu sendiri. Pada tahap ini berisikan pembuatan kosiderans, desideratum, dan juga diktum, seperti yang telah dijelaskan sebelumya.

Baca juga: Contoh SK Tim Literasi SD, SMP, SMA, SMK

Contoh Surat Keputusan atau SK

  1. Contoh Surat Keputusan Rektor Universitas Cendrawasih

  1. Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap
  2. Contoh Surat Keputusan Pemberian Sanksi

Baca juga: SK Penetapan KKM Kurikulum 2013

  1. Contoh Surat Keputusan Pengangkatan Jabatan
  1. Contoh Surat Keputusan Organisasi

Baca juga: SK Panitia PPDB SD SMP SMA Dan SMK

Demikian artikel tentang Struktur Kurikulum 2013 Sekolah Atas dan Madrasah Aliyyah. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi salah satu referensi bagi teman – teman semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *