Cara Mengatasi Kelangkaan Barang

Posted on

Kelangkaan Barang – Saat ini kelangkaan akan suatu barang sudah banyak dirasakan oleh masyarakat seperti kelangkaan BBM, gas, dan lainnya. Kelangkaan ini dapat terjadi karena manusia telah mengambil sumber daya alam yang ada di bumi ini untuk diperjualbelikan. Sehingga hal ini membuat sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui menjadi semakin sedikit dan bahkan  bisa sampai habis sampai akhirnya timbulah kelangkaan di masyarakat.



Cara Mengatasi Kelangkaan Barang

Perlu diketahui bahwa kelangkaan sumber daya alam ini tidak begitu saja. Ada banyak sekali penyebab yang menimbulkan kelangkaan. Walaupun demikian, kelangkaan merupakan suatu hal yang tak dapat dipungkiri karena memang semua manusia mempunyai kebutuhan mendasar terhadap sumber daya alam. Meski menjadi suatu hal yang tak dapat dipungkiri, ternyata kelangkaan masih dapat diatasi. Adapun beberapa penyebab dan cara mengatasi sumber daya alam adalah sebagai berikut.

Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Alam

Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Alam

  • Perbedaan letak geografis

Sumber daya alam yang ada di bumi ini tersebar secara luas tetapi tidak merata. Seperti misalnya, ada tempat yang memiliki banyak minyak dan ada juga tempat yang tidak mempunyai sama sekali, ada daerah yang subur dan ada pula yang tidak subur. Perbedaan letak geografis inilah yang menjadi penyebab kelangkaan terhadap sumber daya alam tertentu. Agar bisa mendapatkan sumber daya alam yang tidak ada di daerahnya, masyarakat terpaksa harus berkorban besar.  Contohnya adalah masyarakat di pegunungan  kapur terpaksa harus membeli air ataupun menempuh perjalanan puluhan kilo hanya untuk mendapatkan air bersih.

  • Pertumbuhan penduduk yang pesat

Salah satu faktor utama yang menjadi penyebab terjadinya kelangkaan sumber daya alam ialah jumlah penduduk.  Jika pertumbuhan penduduk dua kali jauh lebih cepat maka kebutuhan akan sumber daya alam juga akan semakin meningkat. Tetapi pada kenyataanya sumber daya yang tersedia sangat terbatas untuk memenuhi kebutuhan penduduk yang tidak terbatas.

  • Kemampuan Produksi Yang Terbatas

Cara Mengatasi Kelangkaan



 

Kegiatan produksi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menambah atau menciptakan nilai guna suatu barang. Keterbatasan produksi akan suatu barang menjadi penyebab kelangkaan terhadap suatu barang. Perkembangan teknologi merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi produksi. Sehingga untuk negara-negara maju dengan perkembangan teknologi pesat akan mengolah sumber daya alam dengan lebih cepat juga.

  • Bencana alam

Bencana alam merupakan salah satu faktor kelangkaan sumber daya alam yang terjadi diluar kekuatan manusia. Terjadinya bencana alam biasanya akan menyebabkan kelangkaan untuk suatu barang dan jasa tertentu. Seperti terjadinya bencana alam banjir yang dapat merusak tambak udang atau ikan sehingga pasokan akan ikan dan udang dipasar menjadi berkurang dan langka.

  • Perang dan Penyakit

Perang yang telah terjadi tentu bisa menimbulkan suatu kerusakan dan merampas segala sesuatu yang dimliki oleh sebuah negara. Demikian pula dengan penyakit yang bisa membuat SDM mengalami gangguan saat menjalankan aktivitasnya. Sehingga dua hal ini nantinya bisa menyebabkan terjadinya kelangkaan di kemudian hari.

  • Sumber Daya Alam (SDA) yang terbatas

Sumber daya yang tersedia di alam umumnya dibedakan menjadi dua macam, yaitu SDA yang bisa diperbaharuhi dan SDA yang tidak bisa diperbaharui. Adapun contoh dari SDA yang bisa diperbaharui adalah air, tanah, dan lain sebagainya. Sedangkan SDA yang tidak bisa diperbaharui adalah emas, batu bara, dan lain sebagainya.

Apabila SDA dimanfaatkan secara terus menerus dan tidak dikelola dengan baik maka sudah pasti akan menyebabkan terjadinya krisis. Dengan demikian maka alat pemuas kebutuhan akan menjadi berkurang dan tidak mampu lagi untuk mencukupi kebutuhan manusia yang tanpa batas. Atau secara singkatnya bisa menyebabkan terjadinya kelangkaan.



  • Sifat Serakah Manusia

Pada dasarnya manusia memiliki sifat yang tidak pernah merasa puas ataupun cukup.  Sekarang ini manusia banyak yang rela untuk membeli apapun tanpa memanajemennya, tanpa membuat skala prioritas. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus hanya untuk menuruti hawa nafsu dalam membeli sesuatu, secara perlahan SDA, bahan baku akan semakin berkurang dan pada akhirnya habis. Inilah yang membuat terjadinya kelangkaan.

  • Sumber Daya Manusia (Tenaga Ahli) yang Berkurang

Sumber daya manusia atau (SDM) juga biasa disebut sebagai tenaga ahli. Tenaga ahli ini bisa menentukan kelangsungan hidup perekonomian pada suatu negara. Dengan adanya SDM yang berkualitas maka sudah pasti akan terhindar dari kelangkaan, demikian pula sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *