Cara Sinkron Dapodik Terbaru 2022

Posted on

Cara Sinkron Dapodik – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Cara Sinkronisasi Dapodik Terbaru 2022.



Artikel ini juga akan menyajikan langkah – lagkah serta penjelasan tentang cara untuk menyinkronisasi Dapodik Terbaru dengan mudah yang dapat anda lihat pada artikel kami kali ini.

Baca juga: Cara Tarik Data PD Dapodik 2022

Aplikasi Dapodik

Aplikasi dapodik merupakan aplikasi yang digunakan untuk menjaring atau menyimpan data pokok pendidikan baik dari tingkat dasar hingga menengah.

Aplikasi Dapodik ini juga dapat digunakan untuk mengetahui data – data sekolah, data jumalah pesserta didik, data jumlah pendidik dan tenaga kependidikan, data sarana dan prasarana yang ada di seklah serta data – data penting lainnya yang di input di dalamnya secara online.

Dalam setiap satuan pendidikan selalu salah satu tenaga kependidikan yang ditugaskan untuk bertanggung jawab dan mengelola akun Dapodik, pengelola tersebut biasa disebut dengan operator sekolah. Operator sekolah inilah yang bertugas menginput data dan mengirim data yang telah diinput server pusat.

Apabila sudah melakukan penginputan data – data yang perlu di input di Dapodik, hal penting yang tidak dapat ditinggalkan adalah proses sinkornisasi Dapodik atau melakukan pengiriman data Dapodik ke server pusat.



Lalu bagaimana cara melakukan sinkronisasi data pada Dapodik? Untuk mengetahui cara sinkronisasi data pada Dapodik mari kita simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Cara Cetak SPTJM Dapodik Terbaru 2022

Cara Sinkronisasi Dapodik Terbaru 2022

Dalam melakukan sinkronisasi Dapodik ini terdapat perbedaan pada sinkronisasi Dapodik versi lama dan terbaru. Jika pada Dapodik versi lama melakukan sinkronisasi bisa langsung dilakukanoleh operator Dapodik dengan cara Login dengan menggunakan user atau akun operator saja.

Namun, untuk sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik versi terbaru ini operator harus melakukan Login dengan menggunakan user atau akun Kepala Sekolah. Hal ini dikarenakan, saat ini untuk melakukan proses pengiriman data maka kepala sekolah lah yang harus melakukannya dan kepala sekolah sebagai penanggung jawab harus mengetahui tentang data yang dikirim atau akan dikirim sudah benar atau belum.

Baca juga: Kode Registrasi Dapodik Paud, SD Dan SMP

Ada 2 cara untuk melakukan cek sinkronisasi Dapodik antara lain:

  • Tanpa Menggunakan Operator Dapodik Sekolah

Pada cara pertama ini dpat dilakukan jika kalian melakukan login pada aplikasi Dapodik menggunakan user atau pengguna sebagai operator sekolah tanpa perlu melakukan sistem tukar pengguna.



Berikut langkah – langkah sinkronisasi Dapodik dengan menggunakan user atau pengguna operator sekolah:

(1) Langkah pertama

Silahkan kalian Login ke dalam aplikasi Dapodik dengan menggunakan akun operator dapodik sekolah, jika sudah silahkan klik pada menu “Pengaturan” seperti gambardi bawah ini

(2) Langkah kedua

Jika sudah mengeklik menu “pengaturan” sekarang silahkan klik “Tukar Akses Pengguna”

(3) Langkah ketiga

Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Kemudian silahkan masukkan nomor kode registrasi Dapodik yang kalian miliki.

Baca juga: Cara Verifikasi Akun PTK Dapodik

(4) Langkah keempat

Selanjutnya silahkan pilih nama kepala sekolah dari masing – masing sekolah lalu kemudian klik “Tukar Pengguna”. Maka setelah itu akan diarahkan untuk melakukan Login ke dalam Aplikasi Dapodik menggunakan akun Kepala Sekolah dan setelah itu menu sinkronisasi akan terlihat.

(5) Langkah kelima

Catatan: sebelum melakukan sinkronisasi harus dipastikan untuk melakukan validasi dan usahakan agar seluruh data yang ada pada menu validasi sudah tidak ada yang invalid seluruhnya. Perhatikan gambar di bawah ini.

(6) Langkah keenam

Silahkan kalian klik menu “Sinkronisasi” dan ikuti tahapannya agar sinkronisasi dapat berjalan dengan lancar dan sukses seperti pada gambar di bawah ini.

Baca juga: Contoh SK Operator Sekolah

  • Menggunakan Operator Dapodik Sekolah

Pada cara kedua ini dapat dilakukan jika kalian melakukan login pada aplikasi Dapodik menggunakan user atau pengguna sebagai Kepala sekolah.

Berikut langkah – langkah sinkronisasi Dapodik dengan menggunakan user atau pengguna kepala sekolah:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *