Cara Menarik Data Peserta Didik (PD) Baru/Mutasi Dalam Aplikasi Dapodik 2019 Secara Online

Cara Menarik Data Peserta Didik (PD) Baru/Mutasi Dalam Aplikasi Dapodik 2019 Secara Online

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara menarik atau menambah peserta didik baru ataupun siswa pindahan/mutasi ke dalam aplikasi dapodik secara online.

Sebagai seorang operator sekolah pekerjaan Dapodik sudah semestinya diselesaikan disekolah. Terlebih lagi, jika sudah memasuki tahun ajaran baru biasanya aplikasi dapodik akan merilis aplikasi terbaru yang akan digunakan di tahun ajaran baru nantinya.

Didalam aplikasi dapodik 2019 cara tarik peserta didik baru atau siswa pindahan sekarang ini dilakukan dengan cara dan penampilan yang berbeda dengan sebelumnya. Untuk bisa mengetahui cara terbaru melakukan tarik peserta didik baru dan siwa pindahan di aplikasi dapodik 2019 anda bisa mengunjungi link judul berikut ini :

→ CARA TERBARU TARIK PESERTA DIDIK DI DAPODIK 2019

Pada aplikasi dapodik versi 2019 sudah mengalami banyak perubahan, terutama cara untuk menambah peserta didik baru atau menambah siswa pindahan. Untuk bisa mengetahui cara menambah peserta didik baru dan cara menambah peserta didik pindahan di aplikasi dapodik versi 2019, anda bisa mengunjungi link judul berikut ini :

→ CARA TAMBAH PESERTA DIDIK BARU DAN SISWA PINDAHAN DI APLIKASI DAPODIK VERSI 2019

Saat akan memasuki tahun ajaran baru maka pekerjaan sebagai seorang operator dapodik tentu sangat banyak sekali seperti menaikkan kelas peserta didik dan menginput peserta didik baru serta mengatur jam pelaran sekolah yang sesuai dengan hasil rapat sekolah masing-masing. Akan tetapi, pekerjaan ini akan terasa ringan apabila kita bisa melakukannya dengan niat dan berusaha, apalagi sebagai seorang operator dapodik yang sudah berpengalaman bertahun-tahun tentu pekerjaan ini rasanya sudah diluar otak karena bisa kita ibaratkan sebagai makanan pokok sehari-sehari.

Apabila dapodik versi 2019 sudah dirilis maka tugas utama yang wajib dilakukan oleh seorang operator dapodik adalah menaikkan kelas peserta didiknya dari tingkat sebelumnya ke jenjang yang lebih tinggi.

Pada artikel sebelumnya kami telah memposting tentang cara menaikkan kelas peserta di dapodik versi 2019. Apabila anda belum sempat membacanya maka anda bisa mengunjungi link judul berikut ini :

→ CARA MENAIKKAN KELAS PESERTA DIDIK DI APLIKASI DAPODIK VERSI 2019

Meski banyak sekali operator sekolah yang sudah berpengalaman dan mahir dalam mengolah data dapodik, tetapi hal ini tidak berlaku bagi para operator yang baru saja diberikan tugas untuk menangani data dapodik si sekolahnya. Maka dari itu, kali ini saya akan membagikan cara mudah untuk menginput data peserta didik baru melalui system tarik peserta didik baru secara online ke dalam aplikasi dapodik.

Cara tersebut dapat membantu untuk memudahkan para operator dapodik karena mereka sudah tidak perlu lagi untuk menginput data peserta didik baru secara manual. Tetapi hanya cukup menarik data peserta didik baru dari sekolah asalalnya menuju sekolah baru yang akan ditempati nantinya. Apabila data siswa tersebut sudah berhasil ditarik dan masuk di sekolah baru, maka sebagai operator dapodik kita hanya tinggal melengkapi data-data penunjang yang masih belum terisi pada aplikasi dapodik.

Dengan cara ini anda bisa menarik peserta didik baru, selain itu anda juga bisa menggunakan cara ini untuk menambah siswa pindahan atau mutasi dari sekolah asalanya menuju sekolah baru. Akan tetapi, cara ini tidak bisa digunakan jika siswa tersebut sudah berhasil di mutasikan dari sekolah asalnya. Hal ini juga berlaku untuk siswa baru yang akan di tarik datanya dimana siswa tersebut harus sudah di keluarkan dari sekolah asalnya dengan cara meluluskannya.

Baiklah berikut ini kami akan memberikan cara untuk menaik data peserta didik baru maupun siswa pindahan / mutasi ke dalam aplikasi dapodik secara online.

Pertama, anda harus masuk ke beranda dapodik melalui laman ini http://dapo.dikasmen.kemdikbud.go.id/

Kemudian pilih “login” menggunakan “operator sekolah”

Setelah itu, silahkan login mengunakan username dan password dapodik sekolah anda

Apabila sudah berhasil login maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, kemudian pilih menu “Tarik Peserta Didik”

Selanjutnya akan muncul tampilan data “sekolah asal” dan “sekolah tujuan” (seperti pada gambar di bawah ini”

Pada sekolah tujuan data sekolah secara otomatis sudah terisi dan pada sekolah asal silahkan anda isi sesuai dengan sekolah asal siswa yang ingin anda tarik datanya. Sebagai penjelasan cara pengisiannya mari simak penjelasan berikut ini :

  • Jenis Pendaftaran :  Mutasi / Pindah
  • Provinsi :  Provinsi Sekolah Asal
  • Kabupaten :  Kabupaten Sekolah Asal
  • Kecamatan :  Kecamatan Sekolah Asal
  • Sekolah :  Nama Sekolah Asal

Selanjutnya pada menu peserta didik silahkan anda input salah satu data yang diperlukan untuk bisa mengetahui kebenaran datanya.

Sebagai contoh : Ketikkan nama siswa tersebut lalu klik “cari peserta didik”

Apabila nama siswa yang  anda cari sudah muncul dan sesuai, silahkan klik “tanda panah biru” pada bagian yang kami lingkari pada gambar di bawah ini.

Langkah yang terakhir pada menu konfirmasi, silahkan anda klik tulisan “konfirmasi proses mutasi”

Apabila semua tahapan tersebut sudah anda lakukan dengan benar, maka untuk dapat memastikan siswa tersebut masuk ke dalam aplikasi dapodik silahkan syncron dulu dapodik anda. Kemudian nama siswa yang ditarik tersebut secara otomatis akan masuk ke dalam aplikasi dapodik anda.

Sekian tutorial cara menarik data peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik.  Semoga informasi yang telah kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda yang sedang membutuhkannya. Terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Comment