Cara Cek Pengajuan NUPTK

Posted on

Cara Cek Pengajuan NUPTK Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Cara Cek Pengajuan NUPTK.



Kami juga akan menyajikan langkah-langkah untuk melakukan cek pengajuan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) agar lebih mudah untuk dipahami.

Dalam melaksanakan program – program yang dilaksanakan dalam upaya peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan diperlukan sesuatu untuk digunakan sebagai indentitas bagi seluruh pendidik dan tenaga kepindidikan, baik itu Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun Non PNS.

Oleh karena itu dberikanlah NUPTK yang digunakan untuk keperluan identifikasi dari PTK dalam melaksanakan program – program pemerintah.

Baca juga: Verval PTK Untuk Pengajuan NUPTK

Baca juga: Cara Cetak Kartu NUPTK

Pengertian NUPTK

NUPTK memiliki kepanjangan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan merupakan Nomor Induk atau nomor Identitas resmi yang dimiliki oleh setiap pendidik atau tenaga kependidikan.

Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kepndidikan (NUPTK) adalah sebagai kode referensi yang berbentuk nomor yang unik yang dimiliki oleh pendidik dan tenaga kependidikan sebagai identitas dalam menjalankan tugas dan program pada satuan pendidikan di bawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.



NUPTK Terdiri dari 16 angka yang bersifat tetap, hal itu dikarenakan NUPTK yang dimiliki oleh seorang pendidik dan tenaga kependidikan tidak akan pernah berubah walaupun guru ataupun tenaga kependidikan yang bersangkutan telah pindah kiprah wilayah mengajar, perubahan kepegawaian, dan atau terjadi perubahan pada data lainnya, NUPTK ini tidak kan pernah berubah.

Tujuan pengelolaan NUPT ini antara lain sebagai berikut:

  1. Untuk meningkatkan tata kelola data pada Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  2. Memberikan identitas resmi kepada Pendidik dan Tenaga Kepndidikan
  3. Memetakan kondisi riil data Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Baca juga: Cara Mendapatkan Nomor UKG Bagi Guru Baru

Manfaat dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Manfaat NUPTK yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  1. Mengikuti program sertifkasi

Program sertifikasi yang kini dikenal dengan PPG atau Program Profesi Guru ini memiliki tujuan untuk meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas fungsionlanya.

  1. Mendapatakan tunjangan fungsional

Tunjangan fungsional ini sangat bermanfaat untuk menunjang kesejahteraan hidup utamanya untuk pendidik dan tenaga kependidikan yang berstatus Non Pegawai Negeri Sipil (Non – PNS)

  1. Mengikuti Uji Kompetensi Guru

Seorang pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki NUPTK maka berhak mengikuti UKG sebagai media untuk mengetahui kompetensi dari seorang guru yang kemudian dilakukan tindak lanjut untuk peningkatan mutu.



  1. Memperoleh beasiswa pendidikan

Beasiswa pendidikan ini diberikan kepada para pemegang NUPTK yang dianggap kompeten dan berprestasi sehingga layak mendapatkan beasiswa pendidikan.

Setelah mengetahui tujuan dan manfaat dari NUPTK, langkah yang harus dilakukan adalah melakukan pengajuan NUPTK. Jika sudah melakukan pengajuan NUPT, bagaimana cara kita mengetahui bahwa pengajuan NUPTK diterima atau ditolak oleh Dinas Pendidikan?

Nah, permasalahan tentang pengajuan NUPTK yang ditolak oleh Dinas Pendidikan mungkin sudah sering terjadi di kalangan operator sekolah. Hal tersebut membuat kekhawatiran apakah pengajuan NUPTK sudah diapprove atau belum atau bahkan harus mengunggah berkas kembali.

Apabila berkas yang diunggah telah dicek oleh dinas kabupaten ataupun provinsi dan telah dinyatakan valid barulah NUPTK diterbitkan setelah LPMP juga mengapprove dokumen yang diupload.

Baca juga: Cara Cek NUKS / NRKS Online

Cara Cek Pengajuan NUPTK

Dalam melakukan pengecekkan NUPTK silahkan menanyakan akun untuk login pada operator sekolah masing – masing yang bertanggung jawab atas penginputan data dan lain lain.

Berikut langkah – langkah untuk mengecek NUPTK antara lain:

  • Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah silahkan kunjungi portal resmi verval PTK untuk melakukan pengajuan NUPTK yang beralamat di vervalptk.kemdikbud.go.id . Setelah itu silahkan anda login dengan menggunakan usernam serta password yang digunakan ketika melakukan pendaftaran operator sesuai dengan username SDM data kemdikbud.

  • Langkah Kedua

Lalu silahkan anda perhatikan dashboard atau tampilan awal pada layar anda, klik bagian kolom yang bertuliskan NUPTK dan aka muncul dropown menu sub judulnya, silahkan lihat status penerima NUPTK

  • Langkah Ketiga

Jika sudah akan terlihat status penerima NUPTK dan dapat dilihat sejauh mana proses penerbitan NUPTK. Dikarenakan jika ada kegagalan maka diperlukan sedikit tindakan untuk melakukan upload dokumen ulang. Setelah itu status akan muncul seperti gambar di bawah ini.

  • Langkah Keempat

Selesai. Jangan lupa untuk melakukan cek ulang secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *