Cara Cek Virtual Account PIP SD

Posted on

Cara Cek Virtual Account PIP SD – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Cara untuk mengecek Virtual Account PIP SD.



Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan penjelasan tentang langkah – langkah Cara untuk mengecek Virtual Account Program Indonesia Pintar untuk satuan pendidikan tingkat sekolah dasar.

Baca juga: Cara Login PIP SD, SMP, SMA Dan SMK

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah dengan cara memberikan dan bantuan kepada setiap satuan pendidikan di berbagai jenjang.

Dana bantuan yang diberikan biasanya ditujukan kepada peserta didik yang memiliki keluarga dengan tingkat ekonomi yang kurang mampu. Selain itu juga biasanya ditujukkan untuk peserta didik yang sudah tidak memiliki orang ayah (yatim) atau tidak memiliki ibu (piatu), atauh bahkan yatim piatu.

Salah satu betuk dan bantuan tersebut adalah PIP. Apakah yang dimaksud denga Dana bantuan PIP? Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Cek Virtual Account PIP SMP SMA SMK

Dana Bantuan PIP SD

Dana bantuan PIP atau yang memiliki kepanjangan Program ndonesia Pintar merupakan salah satu program pemerintah yang diberikan kepada kepada para peserta didik di sekolah, yang mana memiliki sasaran utama untuk peserta didika yang memiliki latar belakang ekonomi keluarga yang kurang mampu.



Program Indonesia Pintar ini juga merupakan salah bentuk bantuan dana sebagai bentuk Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Bantuan yang diterima untuk peserta didik SD/ MI mendapatkan Rp 450.000,-/ tahun.

Untuk mengecek nama – nama dari peserta didik yang namanya terdaftar pada list siswa yang mendapatkan dana bantuan Program Indonesia Pintar adalah dengan cara Cek di Virtual Account Program Indonesia Pintar (PIP) Sekolah Dasar (SD).

Setiap satuan pendidikan juga dapat dengan mudah mengecek status dari pencarian dana bantuan Program Indonesia Pintar yang sudah masuk pada rekening masing – masing dengan membuka website pip.kemdikbud.go.id .

Bagi peserta didik yang mendapatkan bantuan akan menerima SK penerima PIP pada website tersebut. Beberapa data yang di tampilkan dalam laman tersebut atara lain Nama Siswa, Cek BRI, Nominal Uang yang Diterima, Tahap, serta Nomor Virtual Account.

Baca juga: Cara Mengatasi NISN Ganda Peserta Didik

Kriteria yang Mendapat Dana Bantuan PIP

Bagi peserta didik yang yang namanya belum ada di list nama siswa yang mendapat dana bantuan Program Indonesia Pintar, peserta didik bisa diusulkan melalui aplikasi Dapodik dengan ketentuan peserta didik pemegang Kartu KIP, KIS, KSS, PKH.



Apabila ada peserta didik yang dirasa kurang mampu namun tidak memiliki kartu – kartu tersebut, maka peserta didik tetap dapat diusulkan namun dengan beberapa kriteria.

Kriteria ketentuan peserta didik yang bisa diusulkan meski tidak memliki kartu – kartu tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Miskin
  2. Rentan Miskin
  3. Yatim
  4. Piatu
  5. Yatim Piatu
  6. Orang tuanya terkena PHK
  7. Mengalami dampak bencana alam

Jadi peserta didik yang memiliki kriteria seperti di atas dapat diusulkan oleh sekolah melalui website Dapodik untuk menerima dana bantuan dari Program Indonesia Pintar.

Baca juga: Mencari NISN Berdasarkan Nama Siswa

Syarat – syarat Pencairan Dana PIP

Setelah nama – nama peserta didik sudah terdaftar ke dalam list nama – nama siswa yang mendapatkan dana bantuan Indonesia Pintar, maka dana bantuan sudah dapat dicairkan. Dalam proses pencairan dana bantuan Program Indonesia Pintar ini memiliki syarat – syarat tertentu.

Berikut kami syarat – syarat penciran dana bantuan Program Indonesia Pintar antara lain sebagai berikut:

  1. Harus memiliki Surat Keterangan dari Kepala Sekolah
  2. Foto copy raport pada bagian biodata
  3. Foto copy KTP bagi pengambil ( bapak atau ibu)
  4. Foto copy kartu KIP, KIS, KSS, PKH (jika ada)
  5. Setelah itu Login di Program Indonesia Pintar untuk SD melalui link : https://pip.kemdikbud.go.id/session

Baca juga: Cara Mencari NISN SD

Cara Mengecek Virtual Account PIP SD

Bagi teman – teman operator sekolah, sekarang sudah bisa melihat atau mengecek secara mandiri melalui website resminya nama – nama peserta didik yang telah diusulkan dan berhasil menerima dana bantuan PIP. Jadi ini akan memudahkan teman – teman operator, tidak perlu lagi menunggu informasi dari dinas pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *