Cara Cetak Kartu NUPTK

Cara Cetak Kartu NUPTK – NUPTK adalah kependekan dari Nomor Unik Pendidik dan Tingkat Pendidikan yang merupakan Nomor Induk bagi seorang Pendidik dan Tenaga Kependidikan. NUPTK adalah nomor identitas yang diberikan untuk pendidik yang memiliki status pegawai negeri sipil (PNS) ataupun Non-PNS yang digunakan sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan pendataan berbagai pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.

Pada umumnya NUPTK terdiri dari 16 digit angka yang tidak akan berubah walaupun yang bersangkutan mutasi tempatk kerja. NUPTK adalah nomor identitas resmi dari pemerintahan pusat yang sifatnya nasional. NUPTK tidak boleh sembarangan untuk diberikan kepada pendidik atau tenaga pendidikan.

Hal ini dikarenakan proses penerbitan yang cukup lama dan melalui beberapa proses dengan persyaratan-persyaratan yang wajib dipenuhi terlebih dahulu oleh pendidik atau guru tersebut. Salah satunya yaitu seorang pendidik atau tenaga kependidikan yang terbilang masih aktif bekerja semala lebih dai 2 tahun masa kerja dan mempunyai SK (Surat Keputusan) tugas yang telah disahkan oleh pemerintah setempat (walikota/bupati) bagi pendidik dan tenaga kependidikan non-PNS.

NUPTK adalah salah satu nomor identitas yang biasa diisikan pada identitas pegawai apabila mengikuti kegiatan. Jarang sekali pendidik atau tenaga kependidikan yang menghafalkan 16 digit angka NUPTK sehingga ketika dibutuhkan para pegawai sibuk mencarinya bahkan biasanya akan menanyakannnya kepada bagian administrasi kantor. Oleh karena itu, pendidik atau tenaga kependidikan perlu NUPTK dalam bentuk kartu cetak untik disimpan dan digunakan jika diperlukan untuk melengkapi data identitas pegawai.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan aplikasi cetak NUPTK yang sudah siap untuk di download bagi anda yang membutuhkan. Dengan menggunakan aplikasi ini maka bapak / ibu pendidikan dan tenaga kependidikan dapat mencetak NUPTK dan tidak perlu bingung lagi apabila memerlukan 16 digit angka pada NUPTK yang bapak / ibu sulit untuk menghafalnya.

Baca juga : Contoh Proposal PTK SMA

Cara Cetak Kartu NUPTK

Berikut dibawah ini adalah link aplikasi nuptk dan langkah-langkah penggunaannya :

Langkah 1 : Download Aplikasi Cetak Kartu NUPTK Gratis pada Link berikut. Aplikasi NUPTK ini dalam bentuk RAR, maka dari itu setelah anda download silahkan extract file, caranya adalah dengan klik kanan file lalu pilih “Extract here” seperti tampilan gambar dibawah ini.

Langkah 2 : Buka aplikasi yang sudah anda extract, kemudian klik 2 kali. Apabila anda diminta login, masukkan user id gurusd.net dan password gurusd apabila sudah selesai klik tombol “login now” seperti penampilan gamba dibawah ini.

Langkah 3 : Selanjutnya pada beranda aplikasi, klik tombol “Input data NUPTK”. Kemudian dilanjutkan dengan melengkapi isian form GTK seperti nama, NUPTK, instansi, Fungsi dan NR. Setelah itu klik tombol OK seperti tampilan gambar di bawah ini

Baca juga : Contoh PTK SD Kelas 1-6

Langkah 4 : Klik tombol “Kartu NUPTK” untuk mencetak kartu, mainkan tombol naik turun pemilihan data GTK. Apabila anda sudah menemukan nama GTK yang akan dicetak, kemudain klik ikon “Printer sehingga hasil cetak kartu NUPTK seperti gambar di bawah ini

Sekian cara cetak kartu NUPTK. Semoga informasi yang dapat kami sampaikan ini tentang cetak kartu NUPTK ini bermanfaat untuk kita semua, terutama bagi anda yang sedang mencari informasi cara cetak kartu NUPTK untuk teman dekat atapun untuk keluarga anda sendiri. Terima kasih atas perhatiannya.

Leave a Comment