Ciri Ciri Demokrasi Terpimpin Adalah

Posted on

Ciri Demokrasi Terpimpin – Demokrasi terpimpin merupakan jenis pemerintahan yang pernah dilaksanakan di Indonesia, ini adalah salah satu demokrasi yang pernah di hadirkan di tanah air dengan ciri-ciri demokrasi terpimpin yang dimana akan dilaksanakan ketika genting dan darurat sehingga akan sangat dibutuhan peranan dari Presiden.



Diantara jenis-jenis demokrasi, demokrasi terpimpin inilah yang sangat fenomenal dan  mendapatkan banyak penyimpangan.

 

Ciri Ciri Demokrasi Terpimpin Adalah

Pengertian demokrasi terpimpin adalah suatu sistem pemerintahan yang pernah dilaksanakan dan masalah paling berat adalah kurangnya peranan dari rakyat ataupun wakil rakyat terhadap keputusan atas persoalan yang di dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Sistem pemerintahan yang dipakai pada demokrasi terpimpin yaitu sistem presidensil atau sistem yang menyatakan atas kepemimpinan di kuasai oleh presiden sedangkan untuk bawahan berupa rakyat adalah atribut negara yang merupakan anak buah.

Demokrasi terpimpin merupakan salah satu manajemen pemerintahan di Indonesia yang mempunyai landasan otrokasi. Dimana kepemimpinan dari demokrasi terpimpin semestinya mengikuti dasar dari pancasila dan lebih mementingkan sistem mufakat ataupun sistem gotong-royong pada pengembangannya.



Hanya saja dalam menjalankan sistem ini sedikit melenceng dari panduan tersebut sehingga akan memberikan beberapa dampak. Adapun konsep dasar dari demokrasi terpimpin ini sudah dikenalkan pertama kali oleh presiden pertama Indonesia yakni Ir. Soekarno.

demokrasi terpimpin

Perkenalan akan sistem demokrasi tersebut sudah diperkenalkan sejak berlangsungnya sidang konstituante pada tanggal 6 November 1956. Pada akhirnya hal ini memicu sebuah keputusan yang melahirkan dektit presiden yang di sahkan pada tanggal 5 Juli 1959 yang isinya :

  • Tidak berlakunya UUD yang dibentuk pada tahun 1950
  • Konstituante sudah dibubarkan
  • UUD 1945 kembali diberlakukan
  • Terbentuknya DPAS dan MPRS

Sementara 2 hal mendasar yang menjadi landasan dari pemerintahan presidensil pada saat pemerintahan demokrasi terpimpin adalah :

  1. Presiden memiliki kedudukan penting dalam sebuah negara yakni sebagai kepala pemerintahan dan sebagai kepala negara
  2. Presiden akan dibantu oleh para mentri yang akan memanggung pekerjaan mereka dan membantu pekerjaan presiden

Perubahan yang mendasar dan nampak akan terjadi di bidang politik pada saat diberlakukannya sistem demokrasi terpimpin saat itu. Dimana adanya suatu simbolisasi yang sangat kuat akan mutlaknya kekuasaan eksekutif.

Baca juga: Pengertian Demokrasi

Ciri-ciri Demokrasi Terpimpin

Adapun ciri-ciri demokrasi terpimpin adalah sebagai berikut :



  1. Kekuasaan Presiden Mendominasi

Kekuasaan Presiden Mendominasi

Salah satu faktor dari banyaknya penyimpangan demokrasi terpimpin adalah karena asas presidensil yang dianut oleh sistem demokrasi, dimana asas ini pada akhirnya menempatkan kedudukan presiden di atas kekuasaan segalanya di Pemerintah negara Indonesia. Dengan diterapkan sistem demokrasi terpimpin  telah membuat presiden pada saat itu yaitu Ir. Soekarno menjadi orang yang mempunyai kekuasaan tertinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.