Contoh Best Practice Untuk Guru

Posted on

Contoh Laporan Best Practice – Untuk semakin meningkatkan mutu dan profesionalisme seorang guru, pemerintah kini telahmembuat Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 mengenai Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan tersebut menyebutkan bahwa guru diharuskan untuk melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan, yang dimana bisa dilakukan dengan membuat publikasi ilmiah. Guru pastinya sudah mendapat cukup banyak pengalaman saat melaksanakan tugasnya. Dari berbagai pengalaman tersebut, salah satunya adalah Best Pratice atau pengalaman terbaik.



Jika pengalaman terbaik ini dipublikasikan, maka nantinya bisa menjadi pembelajaran bagi guru yang lain, sekaligus juga akan menjadi kegiatan PKB atau Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dari guru.

Baca juga: Contoh Best Practice PKP Matematika

Pengertian Best Pratice

Best pratice atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan praktik terbaik merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menjelaskan pengalaman terbaik mengenai keberhasilan seorang guru saat melaksanakan tugas profesinya. Guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah sudah pasti memiliki banyak pengalaman yang berhasil dalam menyelesaikan segala permasalah pendidikan saat menjalankan tugasnya.

Pengalaman yang dimilikinya tersebut kemudian dituangkan dalam suatu tulisan yang bisa memberikan insiprasi untuk semakin meningkatkan mutu pendidikan. Tulisan yang berhasil disusun nantinya akan menjadi sebuah laporan best practice guru dengan format yang sudah ditentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *