Contoh Bumdes Sukses Dan Gagal

Posted on

Contoh Bumdes – Usaha BUMDes atau yang biasa disebut dengan (Badan Usaha Milik Desa) adalah jenis usaha yang dikelola dan diprioritaskan untuk perkembangan desa. Anggaran dana yang digunakan untuk usaha tersebut akan berikan langsung oleh pemerintah yang kemudian langsung diserahkan kepada masyarakat desa terkait.



BUMDes merupakan salah satu langkah pemerintah dalam mengusahakan pembagian secara merata sehingga tidak akan ada lagi kesenjangan antara perkota dan pendesaan. Dengan membangun ekonomi pedesaan yang maju maka masyarakat diharapkan juga mempunyai kemandirian dalam memajukan desanya sendiri. Dengan demikian kita tidak akan lagi mengenal istilah desa tertinggal.

Contoh Bumdes Sukses Dan Gagal

BUMDes diharapkan bisa menghadirkan industri industri kreative yang dapat memberdayakan masyarakat desa tersebut. Dan kita tidak akan lagi mengenal masyarakat di pedesaan yang terpaksa merantau ke kota untuk mencari pekerjaan.

Desa merupakan sebuah wilayah yang paling kecil dalam tatanan pemerintahan di Indonesia. Desa sendiri dikenal mempunyai peradaban yang lokal dan primitif serta sangat kental dalam nilai nilai luhur dan budaya. Dilihat dari sini maka anda sudah bisa menjadi potensi. Dimana industri kreatif BUMDes bisa di dasari dari nilai yang selalu dipertahankan pastinya hal ini sangat berbeda dengan usaha waralaba.

Penilaian kampungan akan selalu melekat bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan, dimana teknologi dan informasi sangat sulit di akses. Akan tetapi hal ini tidak akan berlaku lagi ketika program BUMDes sudah mulai masuk. Dengan prakarsa dan ide ide yang kreatif bahkan beberapa BUMDes berikut ini dapat membuktikan bahwa usaha yang dijalankan oleh orang orang desa ternyata mampu meraih kesuksesan dan memberikan keuntungan yang sangat besar.

Baca juga: Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Jenis-Jenis Bisnis BUMDES

Sebelum membahas lebih jauh, kita disini akan membahas mengenai berbagai jenis bisnis yang ada di dalam BUMDes, yaitu:



Jenis-Jenis Bisnis BUMDES

  • Social Bussiness

Social bussiness merupakan jenis BUMDes yang fokus untuk menjalankan usaha sosial yang memberikan pelayanan kepada warga dan biasa disebut sebagai pelayanan public yang pada umumnya ditujukan untuk seluruh masyarakat.

Jenis bisnis yang satu ini tidak begitu fokus untuk mencari keuntungan karena memang pada dasarnya motif mereka adalah sosial. Jadi mereka nantinya akan benar-benar melayani masyarakat sepenuhnya tanpa terkecuali. Seperti misalnya dalam lumbung pangan, bisnis listrik desa, penyulingan air bersih, dan lain sebagainya.

  • Finansial Bussiness

keuangan bumdes

Sesuai namanya, BUMDes ini fokus dalam bisnis keuangan, yaitu dengan cara memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat desa. Badan bisnis desa ini tentu berbeda dengan Bank pada umumnya, karena mereka akan memberikan bunga yang jauh lebih rendah. Hal ini karena Bank Desa ini memang memiliki tujuan utama untuk membantu serta mensejahterakan kehidupan mayarakat. Contohnya adalah unit bisnis dana bergulir, Lembaga Keungan Mikro Desa, Bank Desa, dan lain sebagainya.

  • Renting

Renting merupakan salah satu jenis bisnis desa yang fokus dalam bidang penyewaan, yakni dengan memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat desa yang membutuhkan persewaan dengan upaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.



Mungkin masalah sewa-menyewa lebih dikenal di area perkotaan, tetapi bisnis yang  satu ini ternyata sudah dijalankan sejak lama di pedesaan. Misalnya saja seperti persewaan traktor, penyewaan tanah, toko, rumah, gedung, perkakas pesta, dan lain sebagainya.

  • Brokering

Brokering dalam hal ini berarti sebagai perantara, jadi jenis BUMDes ini bisa disebut dengan lembaga perantara yang akan menjadi penghubung antara satu pihak dengan pihak lainnya dengan tujuan yang sama. Di desa yang biasa dikerjakan adalah menghubungkan antara komoditas pertanian dengan pasar. Hal ini memiliki tujuan supaya petani nantinya tidak mengalami kesulitan dalam mencari klien dan menjual hasil sawahnya.

Jenis usaha ini juga biasa disebut sebagai bisnis yang menjual pelayanan kepada warga dan beberapa usaha kecil di masyarakat. Seperti misalnya jasa pembayaran listrik, telepon, PAM, jasa untuk memperpanjang kendaraan bermotor dan lain sebagainya. Disamping itu, desa juga akan mendirikan pasar dengan tujuan untuk menampung berbagai produk dalam masyarakat untuk dijual ke pasar, seperti KUD dan lainnya.

  • Trading

Trading merupakan salah satu jenis BUMDes yang lebih memfokuskan binisnya untuk melakukan produksi dan berdagang di dalam sebuah pasar dengan skala luas untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Contohnya adalah pabrik asap cair, pabrik es, hasil peternakan, hasil pertanian, dan lain sebagainya.

  • Holding

Holding merupakan jenis badan bisnis yang biasa disebut sebagai usaha bersama. Usaha atau bisnis bersama disini berarti sebuah unit dari beberapa unit bisnis yang berada di desa, dimana setiap unit akan berdiri sendiri, namun sinerginya ditata oleh BUMDes supaya bisa tumbuh dan berkembang bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *