Contoh Cerkak Tentang Covid-19 Bahasa Jawa

Posted on

Contoh Cerkak Tentang Covid 19 Bahasa Jawa – Pada artikel kali ini kami akan memberikan rangkaian informasi tentang contoh dari cerkak atau cerita cekak bahasa Jawa.

Bagi yang tinggal di daerah jawa pasti ada pelajaran bahasa Jawa di sekolah. Dalam pelajaran bahasa Jawa tidak jauh berbeda dengan pelajaran bahasa Indonesia.



Jika di bahasa Indonesia terdapat cerpen atau cerita pendek maka di bahasa Jawa ada cerkak yakni cerita cekak. Cekak dalam bahasa Indonesia artinya pendek.

Sama seperti bahasa Indoensia, di bahasa Jawa cerkak juga ada unsur intrinsik dan unsur ekstrinsiknya. Seperti pada cerpen, cerkak cenderung langsung pada tujuannya. Cerkak sendiri memiliki struktur yang lengkap, namun panjangnya tidak sampai seperti novel.

Dalam isi ceritanya cerkak atau cerita cekak biasanya menggambarkan kisah realita sosial yang mana terjadi dalam kehidupan sehari – hari.

Baca Juga : Arti Jawalatun, Dan Penggunaannya Dalam Kalimat

Baca Juga : Arti Tembung Saroja Dan Contohnya

Tujuan dari cerkak itu sendiri selain menghibur juga bisa untuk menyampaikan nilai – nilai alternatif atau pesan moral yang disampaikan penulis kepada pembaca.

Cerkak juga memiliki ciri – ciri tersendiri sehingga bisa dikategorikan kedalam cerkak atau cerita cekak dalam bahasa Jawa yang hampir mirip dengan cerpen bahasa Indonesia.

Karena saat ini kita berada dalam kondisi pandemi. Maka contoh cerkak kali ini bertemakan pandemi Covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published.