Contoh Karya Inobel SD PDF-DOC

Posted on

Inovasi Pembelajaran Guru SD PDF-DOC – Guru yang merupakan seorang pendidik dan pengajar yang memiliki tugas utama untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.



Supaya guru sekolah dasar (SD) mampu menjalankan tugasnya secara maksimal, maka guru sekolah terutama di sekolah dasar harus melaksanakan penemuan pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional.

Ada banyak sekali upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. Salah satunya adalah melalui lomba penemuan belajar atau inobel bagi guru di sekolah dasar. Lomba ini sudah menjadi ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru SD, baik itu dalam hal pendekatan, model, metode, strategi, ataupun strategi pembelajaran untuk menangani berbagai masalah pembelajaran.

Sebuah inovasi yang bisa membantu mengatasi permasalahan dalam pembelajaran diharapkan mampu untuk meningkatkan mutu proses dan hasil berguru penerima didik. Dengan diadakannya lomba ini, berbagai karya inovasi pembelajaran yang terpilih nantinya bisa dijadikan sebagai rujukan bagi guru Sekolah Dasar untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Baca juga: Tunjangan Profesi Guru

Pengertian Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru SD

Sebelum membahas lebih jauh, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian loma inovasi pembelajaran (inobel) guru SD:



  1. Inovasi

Inovasi merupakan penemuan hal-hal yang baru atau pembaharuan, atau penemuan baru yang berbeda dengan yang sudah ada atau bisa juga yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat).

  1. Pembelajaran

Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi yang dilakukan oleh peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar di lingkungan belajar.

  1. Inovasi Pembelajaran

Inovasi pembelajaran adalah suatu upaya pembaharuan yang dilakukan terhadap berbagai macam komponen yang dibutuhkan untuk menyampaikan materi pelajaran dan dapat mengatasi masalah dalam pembelajaran, serta memberikan dampak yang positif dan manfaat secara berkelanjutan.

  1. Lomba Inovasi Pembelajaran

Lomba penemuan pembelajaran atau inobel guru SD merupakan kegiatan khusus bagi guru SD untuk melakukan kompetisi pada tingkat nasional dalam menyusun karya inovatif yang dapat mengatasi masalah dalam proses pembelajaran untuk semakin meningkatkan kualitas proses dan hasil berguru penerima didik.

Persyaratan Peserta Lomba Inobel Guru SD

 



Berikut ini adalah berbagai persyaratan yang wajib dipenuhi oleh peserta lomba inovasi pembelajaran (Inobel) guru SD:

  • Peserta harus memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
  • Peserta harus melampirkan pindaian (scan) surat rekomendasi yang digunakan untuk mengikuti perlombaan dari atasan pribadi dan tembusan yang kemudian disampaikan secara langsung kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota;
  • Memiliki kualifikasi akademik minimal Sarjana (S-1) atau Diploma 4 (D-IV) dengan mencantumkan pindaian fotokopi ijazah yang sebelumnya sudah dilegalisasi oleh atasan;
  • Melakukan pengisian data secara online (daring);
  • Melampirkan surat keterangan sehat yang didapat dari dokter;
  • Melampirkan surat pernyataan keaslian karya, dalam hal ini karya yang dilampirkan tidak boleh diikutsertakan dalam lomba sejenis tingkat nasional dan internasional yang diadakan oleh Kemendikbud dan instansi yang lainnya pada tahun 2020; (lihat pada lampiran 3)
  • Melampirkan pindaian belum pernah menjadi juara I, juara II, dan juara III pada perlombaan dalam tingkat nasional yang diadakan oleh Kemendikbud ataupun instansi yang lainnya pada tahun 2020; (lihat pada lampiran 3)
  • Melampirkan surat pernyataan yang membuktikan bahwa karya penemuan pembelajaran tersebut sudah didiseminasikan pada teman sejawat dan sudah diketahui oleh kepala sekolah; (lihat pada lampiran 3)
  • Melampirkan surat keterangan tidak sedang kiprah berguru yang diberikan dana oleh Pemerintah; (lihat pada lampiran 3)
  • Melampirkan surat keterangan yang membuktikan bahwa guru tidak sedang mengajar di luar negeri; (lihat pada lampiran 3)
  • Melampirkan surat keterangan yang membuktikan guru tidak sedang menjabat sebagai kepala sekolah atau dalam waktu dekat diusulkan menjadi kepala sekolah; (lihat pada lampiran 3)
  • Melampirkan surat keterangan yang tidak diusulkan pada jabatan fungsional tertentu yang lainnya. (lihat pada lampiran 3)

Persyaratan Karya dalam Lomba Inobel Guru SD

Adapun berbagai persyaratan karya dalam lomba inovasi pembelajaran (Inobel) guru SD adalah sebagai berikut:

  1. Bersifat individual.
  2. Karya adalah hasil penemuan asli dan merupakan karya maksimal 3 tahun terakhir.
  3. Naskah masih belum dimuat sama sekali dalam publikasi ilmiah.
  4. Naskah yang digunakan bukan merupakan skripsi, tesis, atau disertasi.
  5. Karya yang digunakan telah diimplementasikan dalam pembelajaran.
  6. Tidak pernah diikutsertakan atau sedang diikutsertakan dalam lomba yang sejenis baik itu secara nasional ataupun internasional.
  7. Sudah disahkan langsung oleh atasan pribadi berupa lembar pengesahan.
  8. Karya penemuan dalam bentuk media atau alat peraga pembelajaran, lebih diutamakan jika memanfaatkan bahan atau alat yang mudah untuk didapatkan, efisien, dan pastinya ramah lingkungan.
  9. Mudah untuk diaplikasikan, didesminasikan, dan direplikasi.
  10. Tidak mengandung unsur pornografi, dan tidak bertentangan dengan unsur suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Sebagai catatan: Untuk poin no 3, 4, 5 dan 6 dibentuk dalam sebuah surat pernyataan bermaterai RP.6000 yang harus ditandatangani langsung oleh penerima dan atasan pribadi (pada lampiran ke 3).

Persyaratan Naskah Lomba Inobel Guru SD

Sedangkan persyaratan naskah lomba inobel guru SD adalah sebagai berikut ini:

  • Naskah harus diketik dengan menggunakan teknik dan sitematika penulisan yang benar, dimana hal ini sudah tertulis dalam Pedoman Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD tingkat nasional maksimal 40 halaman menggunakan spasi 1,5 dengan font Times New Roman berukuran 12.
  • Karya inovasi pembelajaran yang dikirim dalam bentuk naskah atau dokumin tertulis berupa softcopy menggunakan format Microsoft Wor 2003 atau 2007 dan juga PDF. Untuk mengunggahnya harus secara online melalui alamat http://kesharlindungdikdas.id.
  • Untuk daerah-daerah yang mengalami kesulitan untuk mengakses internet diperbolehkan untuk mengirimkan naskah dan persyaratan berupa softcopy, menggunakan flashdisk, via pos menu alamat : Subdit Kesharlindung Direktorat Pembinaan Guru Dikdas, Gedung D Lt. 15, Kompleks Kemendikbud, Senayan JL. Jenderal Sudirman, Jakarta 10270.

Sistematika Penulisan Naskah dalam Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru SD Tahun 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *